Penggila Mobile Game? 7 Spesifikasi Smartphone Kelas Menengah yang Wajib Dimiliki Agar Nge-game Lancar Tanpa Hambatan

by - 11:40 PM


Mobile game atau game yang bisa dimainkan melalui smartphone semakin beragam dan menghadirkan pengalaman game yang luar biasa. Sayangnya, sensasi yang bisa dirasakan dari mobile game ini tidak ada efek apa pun jika kamu hanya menggunakan smartphone biasa tanpa ada spesifikasi tambahan yang dapat mendukung jalannya mobile game ini.

Jangan salah, kalau untuk nge-game aja udah lancar jaya, apalagi untuk aktivitas lainnya seperti bikin laporan, desain, nonton video, foto-foto, atau lainnya. Dijamin bikin kamu betah dan makin asyik berkegiatan dengan smartphone. Nah, kira-kira spesifikasi smartphone mid-range yang kayak gimana sih yang bisa mendukung aktivitas nge-game tanpa hambatan ini?

Bermain game. (sumber: https://selular.id)

1. Prosesor  atau CPU (Central  Processing Unit) canggih adalah otak utama agar game berjalan lancar tanpa hambatan, Snapdragon 632 jadi jawabannya

Qualcomm Snapdragon (sumber: androidcommunity.com)

Tahu dong kalau prosesor canggih bikin segala aplikasi termasuk nge-game lancar tanpa lag. Pertengahan tahun 2018 lalu, Qualcomm Technologies, Inc merilis Snapdragon 632 dengan kecanggihan yang layak dilirik seperti  teknologi proses FinFET, CPU Qualcomm Kryo 250 dan GPU Qualcomm Adreno 506.

Kecanggihan Snapdragon 632 ini memberikan performa smartphone mencapai 40 persen sehingga pengambilan video 4K, mainstream gaming, konektivitas LTE berkecepatan tinggi bisa dinikmati tanpa perlu khawatir lagi. 

Yang bikin menggoda, Snapdragon 632 punya keunggulan hemat daya dan tidak membuat smartphone cepat panas. Untuk smartphone kelas menengah, kemampuan Snapdragon 632 ini bekerja dengan efektif. 

2. Smartphone dengan RAM gahar jadi spesifikasi yang harus dipertimbangkan, RAM 4 GB memberikan kepuasan untuk bermain game 

RAM (sumber: ponselmu.com)

Kehadiran CPU yang canggih akan terasa mubazir jika tidak disandingkan dengan kapasitas RAM yang mumpuni. Untuk smartphone game di  kelas menengah, minimal harus memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB tanpa adanya aplikasi media sosial agar game berjalan dengan lancar.

Apalagi  jika  memilih smartphone dengan ukuran RAM 4 GB, pastinya akan memberikan ruang yang lebih leluasa saat kamu memainkan game kelas berat.  Pada intinya, semakin leluasa ukuran RAM maka semakin lancar proses nge-game tanpa adanya lag yang mengganggu mood saat bermain. 

Oh iya, sebesar apa pun RAM yang tertanam dalam smartphone kelas menengah, kamu harus tetap me-manage dengann baik dan memilih dengan cermat aplikasi mana saja yang benar-benar kamu butuhkan. Terkecuali, jika kamu memiliki smartphone lain yang khusus untuk bermedia sosial dan nge-game. Rasanya, itu akan lebih baik.

3. Pertimbangkan smartphone kelas menengah dengan resolusi dan ukuran  layar yang nyaman saat bermain game

Resolusi Terbaik (sumber: www.thefoodxplorer.com)

Untuk smartphone kelas menengah, resolusi dan ukuran layar mungkin nggak bisa muluk-muluk. Namun, pilihlah smartphone yang minimal punya resolusi 720p dan ukuran layar 5 inci. Ini ukuran minimalnya, lho. 

Tentu saja akan lebih nyaman jika kamu mendapatkan smartphone kelas menengah yang punya resolusi HD dan ukuran layar mencapai 6.3 inci. Main game kelas berat pun semakin asyik, kan? Tampilan grafis yang tersaji pasti makin keren dan puas.

4. Baterai  yang tahan lama punya andil cukup besar untuk menunjang kegaharan CPU dan RAM 

Baterai Tahan Lama (sumber: gadgetren.com)

Otak dari sebuah smartphone yang canggih akan terbuang percuma jiga kapasitas baterai yang dimilikinya tidak dapat menunjang kinerja smartphone tersebut. Bagi penggila mobile game, penting banget untuk mempertimbangkan smartphone dengan kemampuan baterai yang cukup. 

Standarnya, pilih smartphone yang minimal memiliki kapasitas 2.600 MAh. Lebih dari 2.600 MAh tentu lebih baik karena aktivitas bermain main cukup menguras daya yang dibutuhkan untuk mendukung tampilan grafis dari game yang dimainkan.

5. Smartphone yang ramping bisa jadi pertimbangan, apalagi ditunjang kualitas kamera depan-belakang yang keren

Ramping (sumber:

Semakin ramping, semakin ringan, dan nyaman sang smartphone digenggam ke mana-mana. Selain empat teratas yang sangat berkaitan dengan masalah mesin dari smartphone khusus games, smartphone yang semakin ringan tentu memudahkan kita untuk membawanya walaupun hanya di dalam saku celana.

Siapa bilang kalau gamers nggak doyan foto-foto? Ah, kulitas kamera depan dan belakang yang lebih dari standar nggak boleh dilupakan juga. Kebutuhan untuk mengabadikan momen dengan cara praktis dan cepat mungkin hanya bisa dilakukan oleh smartphone yang ada dalam genggaman. Kamera belakang 13 MP dan kamera depannya 2 MP bisa manfaatkan untuk membidik objek-objek keren melalui smartphone.

6. Desain masa kini dan pilihan warna stylish, bikin smartphone-mu makin keren, kan?

desain beragam (sumber: bgr.in)

Tampilan dan body sebuah smartphone seringkali bukan jadi pertimbangan banyak orang. Smarthphone yang tergolong ramping bisa jika memiliki ketebalan 7,7 mm dan beratnya 160 gram. Cukup ramping, bukan?

Jika dilihat secara garis besar, mungkin sebagian dari kita tidak begitu memperhatikan warna-warna yang sedang tren saat ini. Smartphone dengan warna hitam, biru, dan abu-abu selalu jadi primadona dan tentunya tidak memberikan kesan feminin untuk laki-laki. 

7. Yang pengen smartphone gahar tapi harga miring mana suaranya? Wuhuuh!

Asus ZenFone Max 2 (sumber: www.phonecurry.com/)

Nah, apalagi yang dicari para pemburu smartphone selain spesifikasi gahar namun harga tetap ramah kantong. Yap, belakang berbagai merek smartphone memang gencar menawarkan fitur gahar dengan harga miring. Sayangnya, tidak semua fitur smartphone super canggih ada dalam satu genggaman saja.

Segala hal yang rasanya nggak mungkin, akhirnya dapat terwujud! Yap, smartphone yang memiliki fitur lebih dari standar yang telah disebutkan sebelumnya bisa kamu nikmati melalui smartphone Asus ZenFone Max 2 yang saat ini dibanderol seharga Rp 1.999.999 di salah satu toko online terpercaya untuk RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

Whaaaatttt??!!! Dengan dua juta aja sudah bisa bawa pulang smartphone untuk mobile game dari Asus ini? Yap, apalagi Asus ZenFone Max 2 ini masih bersaudara dengan Asus ZenFone Max Pro yang harganya masih di angka tiga jutaan. Jadi, untuk yang gemar nge-game kelas berat di smartphone, pengen punya smartphone spesifikasi gahar, dan harga yang murah, kamu bisa cari  Asus ZenFone Max 2.

Sssssttt, teknologi CPU yang telah diperbaharui punya kelebihan nggak bikin smartphone mudah panas, guys. Jadi, tunggu apalagi? Untuk kamu yang sednag mempertimbangkan membeli smartphone baru, Asus ZenFone Max 2 bisa jadi pilihan.

Asus ZenFone Max 2

Spesifikasi Asus ZenFone Max 2

Tulisan ini dalam rangka lomba blog BOY Writing Competition yang berakhir pada tanggal 31 Januari 2019.

You May Also Like

2 komentar

  1. Layarnya beneran luas buat main game yah mbak
    Bakalan puas tuh kalau buat main game kayak PUBG, AOV atau Mobile Legend ya mbak
    Salam kenal yah mbak ^_^

    ReplyDelete
  2. Asus Zenfone ini memang memanjakan para gamers.
    dibikin betah kl ngegame pake Zenfone MAx m2
    semangat :)

    ReplyDelete

©