Kick Andy: Bertemu langsung Andy F. Noya

by - 5:56 AM


            Baiklah, di postingan Sweetnineteen In November  aku udah janji ya buat cerita pengalaman masuk studio Metro Tv dan nonton Kick Andy. Hari itu, Kamis 23 November 2011 rombongan dari kampus (jurusan aku pastinya) tepat jam 2 siang berkumpul di halaman depan kampus untuk segera bersiap menuju jakarta (pastinya ke studio Metro Tv doong). Sudah ada dua bis mendarat di parkiran. Tidak salah lagi, itu adalah bis yang akan kami tumpangi. Yaii, akhirnya kesampean juga nonton langsung Kick Andy ! Hahaa.
Hujan rintik-rintik mengiringi perjalanan menuju Metro Tv
            Perjalanan diiringi dengan air langit yang menetes perlahan. Mulanya deras namun makin mendekati Jakarta, pekatnya langit perlahan berganti dengan cerahnya sinar milik Sang Surya.  Namun rintik-rintik air langit terkadang menetes diantara cerahnya Sang Surya. Itu tidak menyulutkan semangatku untuk bertemu Andy F.Noya. Sosok wartawan yang paling aku kagumi. Pengalaman dia yang beraneka ragam telah membentuknya menjadi sosok yang mengagumkan, penuh kharisma. Jadi, kesempatan emas bisa bertemu dengan Andy F.Noya secara langsung !
            Rombongan tiba sekitar pukul 18.00, Metro Tv sudah dipedati oleh peserta Kick Andy dari berbagai daerah yang datang bergerombol. Semuanya memakai batik aneka design dan warna. Yap, rombongan dari kampus kami pun ga mau kalah. Kami turun dari bis dengan memakai batik  aneka warna. Apakah peserta Kick Andy memang selalu sebanyak ini ya? ckckck.
            Setelah check in, mengisi daftar hadir dan tanda tangan kegiatan selanjutnya sebelum masuk studio adalah berpose. Yapp, kegiatan favoritku dan kawan-kawan. Beraksi di depan kamera DSLR, hihiihii. Jepreett ... Jepreett ... Ada puluhan poto yang diambil oleh kamera-kamera yang dibawa kawan-kawanku.
Jepret bareng patungnya Andy
            Acara masih belum dimulai, jadi mari menikmati konsumsi dari Metro Tv di dampingi kopi dan teh hangat. Yummy  !! Makanannya enak ... Ada roti yang isinya sosis dengan mayonaise dan keju, crakers dengan taburan gula yang lembut, pastel dengan isi sebelah telur ayam. Aah, pokonya nikmat deh ... Atau mungkin karena lapar yaa?? Ihiihii, entahlah ... yang pasti makanan malam ini sangat ku nikmati.
            Perut sudah terisi, sehabis shalat maghrib. Langsung caw ke studio tempat tiping-nya Kick Andy. Dan wew !! Aku terlambat, semua kursi sudah penuh oleh para penonton yang jumlahnya (kira-kira lebih dari seratus penonton). Aku bersama Feny, teman sekelasku langsung berburu kursi kosong yang masih tersisa. Untunglah masih ada kursi kosong tepat dibelakang kamera sebelah kanan. Semoga saja hadirku bisa tertangkap kamera yaaa... Hahaaha.
Posisi tempat aku duduk

            Wiiih, ternyata proses tiping itu rumit juga ya. Sebelum acara dimulai, produser acara Kick Andy (yang aku ga tahu siapa namanya) memberikan beberapa pengarahan kepada para penonton, diantaranya :
1.        Penonton wajib tepuk tangan jika ada aba-aba untuk tepuk tangan.
2.        Penonton harus tertawa dengan guyonan Andy F. Noya walaupun tidak mengerti apa yang sedang dibicarakannya (*looh?! Ikuti saja).
3.        Tidak boleh mengeluarkan suara apapun, penonton harus fokus pada orang yang ada di depan stage.
4.        Jika ingin ke toilet harus di akhir segmen, ketika akan kembali ke kursi harus meminta izin kepada kameramen agar kamera diarahkan ke sisi lain ketika kita lewat.
5.        Tas disimpan di bawah kursi agar penonton terlihat rapi.
Oke, acaranya terbagi dalam enam segmen. Sepertinya tiap segmen berdurasi 10-15 menit (mungkin, aku tidak terlalu mengamati). Ada empat narasumber. Tema episode kali ini adalah Ku Tambatkan Hatiku di Indonesia, yaitu orang-orang asing yang mengabdikan diri untuk masyarakat Indonesia. Para narasumbernya :
1.        Aurélien Brulé panggilannya Chanee (baca : tsani) yang mengabdikan diri untuk melindungi Wau-wau di daerah Kalimantan. Dia berasal dari Prancis, sudah 13 tahun menetap di Indonesia. Tapi belum menjadi WNI.
2.        Karin Franken asal Belanda, ratusan kucing dan anjing yang terlantar kini memiliki rumah. Dia memungut kucing dan anjing di jalanan terutama yang terluka. Ia yang memprakasai lahirnya Jakarta Animal Aid Network (JAAN). Ia sudah lebih dari 20 tahun di Indonesia dan sudah menjadi WNI.
3.        Annette Horschmann mengabdikan diri untuk Danau Toba dengan cara membersihkan danau tersebut dari sampah yang ada disekitarnya. Ia mengajak seluruh pemuda dan warga sekitar Danau Toba untuk membersihkan sampah-sampah yang ada disana. Ia sangat fasih berbahasa batak.
4.        Andre Graff, mantan pilot balon gas udara ini adalah seorang warga Negara Perancis yang datang ke Indonesia untuk membuat sumur di desa Wora-Woru, Waikabubak, Nusa Tenggara Timur. Sumur pertama yang berhasil ia gali telah dimanfaatkan oleh 180 Kepala Keluarga di desa Waru Wora. Dari projek pertamanya tersebut ia kemudian mempunyai kelompok penggali sumur yang diberi nama “GGWW (Gorong-Gorong Waru Wora )” kelompok ini terdiri dari kelompok laki-laki penggali sumur binaannya yang berasal dari desa Waru Wora. Tahun 2006, Andre Graf mendirikan lembaga PPWW (Pilot Project Waru Wora) yang mendapat dana dari turis-turis yang datang ke NTT ataupun dari teman-teman Andre di Perancis.
Dan inilah moment yang paling ku tunggu sejak awal segmen. Dengan logat dan kata-kata khasnya, diakhir acara Andy selalu mengatakan :
             “.... Buku ini akan saya bagikan secara gratis untuk semua penonton yang ada disini ...”
Yeeyeee ... dapet buku gratis dari Andy F. Noya. Judulnya JUNGLE CHILD. Menceritakan sebuah keluarga asing yang mengabdikan dirinya di pedalaman Irian Jaya. Kerenlah pokonya. Kalian wajib baca ! :D  
JUNGLE CHILD
“Jika dibawah kursi Anda ada pita hitam seperti ini. Maka Anda berhak mendapatkan buku ini ...”
Seluruh penonton langsung meneliti bawah kursinya, berharap ada sang pita hitam menempel disana. Termasuk aku. Sungguh sangat disayangkan, ternyata pita hitam hanya terhalang satu kursi disamping kiriku. Siaal ! Padahal tadi aku duduk disitu tapi pindah ke kursi ini... Hiks. Bukan rezeki ya ... Alhasil, aku hanya pulang dengan membawa buku Jungle Child saja. Hihiihi.
            Pengalaman yang menyenangkan. Berkunjung ke studio Metro Tv dan Acara Kick Andy. Lalu kemana lagi aku akan menginjakkan kaki? Mari tunggu saja .... :D
Berfoto dengan salah satu narasumber, dengan Chanee :D
Sebelum pulang berpose dulu ahh
dengan Andre Graff

*malamamalam, 281211
Catt: sebenernya foto bareng sama Andy F. Noya ada, tapi belum sempet ku minta ke temen. Jadi segini sajalah, hihiihi

You May Also Like

0 komentar

©