Welcome, 6th semester

by - 7:52 AM



Aaah, beginilah rasa lega yang luar biasa … walhamdulillah ya Rabb … Semester 5 itu bener-bener horror dan menegangkan ! Setidaknya ada dua matkul yang bikin saya dag-dig-dug ga karuan. Pasalnya, dua matkul ini selain dosennya -agak- rese … matkul-nya pun yaah … luar biasa !

Kenangan sama Statistika
Saya ngerasa berat banget ngejalanin kuliah pas matkul itu. Pertama, Statistika Sosial I. Dari dulu –sejak kenal sama Aljabar sejak SMP tepatnya- saya mulai ga suka sama angka-angka [terkecuali jika itu berhubungan dengan duit, Hehe]. Yuup, saya pikir masuk jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik ga akan ketemu sama itung-itungan, dkk. Dan ternyata …. -taaaadaaaa- saya ketemu sama Statistika di semester 5 !


Statistika adalah sejenis itung-itungan data untuk penelitian skripsi kelak. Eittss, ga sampe sana …. data-data yang bejubel itu nantinya dimasukin ke rumus-rumus super panjang dengan langkah-langkah yang bikin puyeeng !. Saya lebay ya? Haha, whatever deh …. yang pasti itulah yang saya rasakan waktu ketemu Statistik. Saya mempertaruhkan segenap jiwa-raga buat belajar matkul ini apalagi pas mendekati ujian. Yaaa Tuhaan …. kepala saya sampe ngebul belajar Statistik. Kadang kalo ga bisa-bisa banget –saking frustasinya- saya nangis deh. Untung belajarnya sendirian jadi ga masalah. Saya motivasi diri saya terus, sampe saya kembali kuat dan tersenyum mantengin soal-soal Statistik. Hahaha.

Waktu ngisi soal-soal Statistik pas UAS, perasaan saya sih saya bisa ngerjainnya … Bahkan ngikutin step by step dari yang ada di buku Statistik. Apalagi sebelumnya saya juga belajar buat ujian, dan sempet dapet sedikit P3K --Hehe- dari seorang dosen pend. matematika yang sekarang ini lagi S2 di UPI –loooh?! Lain kali saya certain tentang beliau deeh. Haha- tentang statistik, meskipun sebenernya saya ga ngerti-ngerti banget dengan penjelasan beliau ini. Tapi lumayan ada penerangan sih. Thanks pa doseen :).

Singkat cerita, selesai UAS Statistik itu saya ga ambil pusing. Bahkan udah lupa aja, dan saya juga ga buka-buka buku Statistik lagi. Artinya, saya cukup pasrah untuk Statistik ini. Sambil tetep ngarep nilai saya ga busuk-busuk amet.

Jreeng … Jreeng ! Tibalah saat Kartu Hasil Semester (KHS) dibagikan –semacam rapotnya anakanak kuliahan-. KHS belum keluar sih, tapi beberapa matkul udah keluar nilainya. Dengan segenap perjuangan untuk liat nilai di komputer SIMDAK [soalnya website SIMDAK ini ga bisa diakses via online,  ribet yaah kampus guee. Dan harus berdesak-desakan dengan ratusan mahasiswa se-fakultas, hufttt pokonyaa]. Begitu saya masukin username dan password-nya …. -taaaadaaaa-, nilai saya keluar … ada 9 matkul yang udah  keluar. 8 dari 9 matkul itu nilainya A, sisanya … D !! –WHAAT THE …?!!!- Dan nilai D itu adalah matkul STATISTIKA SOSIAL I !

Saya langsung lunglai keluar dari SIMDAK. Temen-temen saya pada nanya tentang nilai dan mereka ikut prihatin sama saya. Hahaha. Aseli saat itu juga saya serasa kaya ngambang, dan tersesat di sebuah labirin.
 
“Jangan nangis … Jangan nangis”

“Udah ga apa-apa tenangin dulu”

Beberapa dari temen saya nguatin saya, saat itu saya emang kepengen nangis sih. Tapi air mata saya ga bisa keluar. Udah kering kali ya? Haha. Entahlah, saat itu saya nyantei aja meskipun muka saya stress berat ! Saya dan beberapa temen yang senasib langsung ngehubungin dosen bersangkutan buat minta perbaikan. Aaah, whatever  deh … yang kepikir saat itu adalah kuliah saya akan nambah lama gara-gara ga bisa ngambil matkul Statistika Sosial II di semester 6 (soalnya matkul Statistik ini bersyarat, klo statistik I ga lulus yaah … ga bisa ngambil statistik II). Tapi untungnya, kata dosen tersebut yang nilai D masih bisa ngambil statistik II. –Haaah, legaaa ….-

Kisah dibalik Jurnalisme Sastra
Ceritanya, sejak tahu nilai Statistik saya jeblok saya jadi galau-galau ga jelas gitu. Ogah-ogahan banget ngerjain tugas-tugas organisasi padahal seminggu lagi mau ada acara Up-Grading dan Rapat Kerja. Terlebih lagi … saya kena sindrom yang ga jelas banget cuma gara-gara satu orang asing. Aah, nanti saya cerita deh … pokonya sosok ini bikin saya ga bisa tidur nyenyak dan menumbuhkan imajinasi liar saya. Ouch deh, tau kan …? PHI !

Oke, balik lagi  … Satu matkul yang bikin saya horror adalah Jurnalisme Sastra. Matkul ini tugasnya luar biasa bejubel dan dosennya juga luar biasa selektif. Diakhir perkulihan kami mesti buat karya Jurnalisme Sastra minimal 10 halaman dengan berbagai ketentuan. Objeknya boleh apapun. Jurnalisme Sastra itu mirip-mirip Feature tapi Jurnalisme Sastra bukan Feature.

Saya sempet kelimpungan nyari-nyari objek buat tulisan Jurnalisme Sastra saya. Sampai akhirnya saya nemu satu orang yang bisa dijadiin objek tulisan saya : An !. An punya kehidupan yang unik dan berbeda dari remaja pada umumnya, terlebih lagi saya sedikit-banyak tahu tentang kehidupannya dari mulai bukan apa-apa sampai menjadi apa-apa. Singkatnya, An adalah mantan saya.

Tantangan luar biasa buat saya nulis tentang An. Padahal saya dan An udah lama putus, tapi sempet deket lagi awal tahun 2012 dan -untungnya- saya sempet wawancara dia tentang kehidupannya serta minta izin buat nulis tentang kehidupannya. Beberapa bulan deket dengan An, saya semakin tahu tentang kehidupannya pasca putus dengan dia. Oke, dan saya sempet dibikin galau lagi karena nulis tentang dia. But, be a   professional journalist saya abaikan rasa-rasa galau yang ganggu itu dan tetep maju untuk nulis tentang An.

Baiklah, yang pasti gara-gara nulis tentang kehidupan uniknya saya dapet A untuk Jurnalisme Sastra. Dan … hanya tiga orang di kelas saya yang dapet nilai A, selebihnya dapet B dan C. Aaaaaaa, senangnya luar biasa. Saya sangat berterimakasih sama An. Tanpa kisahnya saya belum tentu dapet nilai bagus. Thanks a lot untuk An yang dimana pun dia berada.

Saya sempet ngirim message lewat fb-nya tentang nilai saya ini. Dia pun membalas dengan seperlunya, tanpa banyak basa-basi. Diakhir pesannya dia cuma bilang jangan lupa makan yang teratur, ya .. Dan saya hanya menanggapi dengan ucapan terimakasih. Hehe. Dan tidak ada lagi pesan-pesan lain setelahnya. Tenang .. tenang … saya ga galau kok, ga mellow juga … Saya hanya bisa mendoakan dia dari sini. Semoga An selalu diliputi kebahagiaan dan segera mendapatkan pendamping hidup –secara, An kan udah kerja dan jadi pejabat, Hihi-. Amiin.

Akhirnya …
Ternyata nilai statistik saya adalah B. Haha. Pa Dul –dosen yang nge-input nilai nilai di jurusan saya- kayanya salah input nilai statistik saya. Aaaaaaa, pas tau itu saya langsung peluk Feny di ruangan jurusan saking senengnya. Dan yaaah … saya cukup puas dengan semester 5, setelah ini kembali berjuang menyambut semester 6 …. Yaaayaaaiii, welcome 6th semester …

Saya banyak berharap, diakhir semester-semester ini punya kenangan manis yang bisa dijadikan oleh-oleh buat anak-cucu saya … Yaa … misalnya pertukaran pelajar ke luar negeri … dapet beasiswa ke luar negeri …. atau …. status jomblo saya berubah, Hahaha.

Yaiiyaai …. !

*sweethome, 260113

You May Also Like

0 komentar

©