[BLOG TOUR | BOOK REVIEW] Truly Yours by Fathnisa Hasnah

by - 8:33 PM


Penulis : Fathnisa Hasnah
Penyunting : Prisca Primasari
Profreader : Christian Simamora
Penata Letak : Gita Mariana
Desain Sampul : Levina Lesmana
Penerbit : Roro Raya Sejahtera
ISBN : 9786026113849
Tahun Terbit : Agustus 2017
Tebal Halaman : 256
Genre : Novel
Harga : Rp 69.000 (twigora.com)

Blurb

Dekat di mata, jauh di hati.
Ini cinta yang terlalu lama disimpan sendiri.

Namanya Aleva. Nggak suka dandan dan nggak bisa masak juga. Jutek dan hobi menonton film thriller—tapi anehnya, selalu parno kalau ditinggal sendirian terlalu lama di apartemennya. Daripada perasaannya terus-terusan nggak tenang, jemarinya langsung mencari nomor satu orang spesifik di handphone. Yang selalu siap sedia untuk dijadikan tempat bersandar. Yang keberadaannya senyaman selimut hangat. Orang itu... Reggy Rahadian.   

Namanya Reggy. Selama enam tahun, Reggy selalu jadi pendengar yang baik untuk semua curhatan dan keluh kesah Alev. Selama enam tahun itu juga Reggy menyimpan rahasia klise: dia jatuh cinta diam-diam pada adik sahabatnya.

Kau tak bisa menyangkal, ada kenikmatan tersendiri mencintai seseorang yang belum tentu akan balas mencintaimu. Mungkin kau pernah melakukan sesuatu supaya dia menyadari perasaanmu—mungkin juga tidak. Tak ada bedanya juga. Toh di dalam mimpi-mimpimu dia sudah jadi milikmu. 

Itu sebabnya kau selalu betah berada di sisinya. Menjaganya, jadi sandaran baginya... hingga suatu saat kau tak bisa menyangkal jeritan hatimu sendiri. 

Ternyata, bermimpi saja tak akan pernah cukup...

Review

Kamu pernah punya pengalaman jatuh cinta dengan sahabat sendiri? Terus bingung gitu mau bilang khawatir merusak persahabatan, nggak bilang juga perasaanmu makin nggak keruan. Iya, kan? Nah, itulah yang dialami oleh Reggy yang udah memendam perasaan cintanya kepada Aleva---sahabatnya sendiri.

Ceritanya klise, ya? Eiitss, jangan salah... the main conflict  dalam novel Truly Yours ini bukan cuma  kisah cinta Reggy-Aleva aja, tapi konflik keluarga Aleva yang bener-bener dalem membuat novel ini nge-obok-obok perasaan saya sebagai pembacanya. Komplit sih kalau menurut saya, senengnya ada, tersipunya ada, sedihnya ada, sebelnya ada, dan harunya juga ada.

Aleva dan Diaz---kakak kandungnya tinggal di sebuah apartemen semenjak keluarga mereka nggak utuh lagi. Memori masa kecil yang indah di rumahnya bikin mereka tambah sakit sehingga keduanya memilih untuk menjauh dari memori itu. Apalagi sejak perceraian itu, Ayahnya semakin banyak mengambil pekerjaan di luar kota dan hanya sesekali pulang ke rumah.

Perceraian kedua orangtuanya bener-bener bikin luka mendalam buat Aleva dan Diaz. Apalagi semenjak Ibunya memilih untuk menikah lagi dengan pria lain---yang jadi selingkuhannya. Emosi banget, kan?! Kebencian Aleva dan Diaz kepada Ibunya bener-bener udah menjelma jadi murka. Kehidupan Aleva dan Diaz nggak lagi sama seperti anak-anak seusia mereka pada umumnya. 

Novel ini menggunakan POV orang pertama dan ganti-gantian antara POV-nya Aleva dan Reggy. Kita nggak akan pusing bedain ini yang lagi nyerita siapa karena ada ciri lainnya, yaitu ada perbedaan font saat berganti POV. Hm, saya sempet dibikin sebel banget sama Aleva. Sifat Aleva yang kekanak-kanakan bikin saya pengen noyor berkali-kali, deh. Hahaha. Saya pun dibikin kagum sama sikapnya Diaz yang bener-bener ngelindungin dan sayang banget sama adiknya. Hwaah, jadi pengen punya kakak cowok kayak Diaz! 

Tentu aja, manusia tersabar dan terlogis di novel ini adalah Reggy.  Reggy---meskipun miris yaa karena memendam cinta segitu lamanya ke Aleva, punya sikap yang bener-bener dewasa dalam memahami situasi sulit yang menimpa keluarga Aleva. Dia nggak cuma melihat permasalahan dari satu sisi aja, tapi mempertimbangkan dari berbagai sisi. Cowok idaman banget, kan?! 

Satu karakter lagi yang bikin novel ini makin hidup adalah kehadiran sosok Mami---Ibunya Reggy yang baik hati, hangat, dan kocak juga. Ah, Mami tuh Ibu idaman banget apalagi buat Aleva yang kehilangan kasih sayang Ibunya sejak lama. Aleva merasa kehangatan Mami layaknya ibu kandung yang selalu dia rindukan.

Karakter-karakter yang hadir dalam novel Truly Yours ini sangat berkesan buat saya. Perkembangan tokoh utamanya---Aleva sangat terasa dan konflik yang dihadirkan memang cukup menguras emosi jiwa apalagi dengan kelakuan Ibunya Aleva. Beuh, tarik napas berkali-kali deh!

Covernya juga kece menurut saya dan sempat mengira kalau novel ini berkisah tentang musik atau anak band gitu. Adanya gambar gitar di covernya mengalihkan persepsi saya sepertinya, wkwk. Ada sih, tentang musiknya tapi dikiiit banget karena yang lebih di-explore adalah konflik keluarga Aleva.

Sayangnya, ada beberapa typo dan penempatan kata yang kurang pas dalam novel ini. Typo-nya dikit banget sih, dari dua ratusan halaman saya hanya nemuin tiga kalimat yang agak janggal, seperti ini misalnya :

"Iya juga, ya, Rhey. Mami mah cuma berharap aja, semoga Kakak teh kamu bisa cepet-cepet gentle ngakuin perasaannya ke Alev. Amin." (Hal. 37)

Mungkin maksud kalimat yang bergaris bawah itu lebih tepatnya sepert ini :

"semoga Kakak kamu teh bisa cepet-cepet...."

Ada lagi kalimat yang entah terputus atau gimana, seperti ini :

"Alev buru-buru menarik diri dari. Wajahnya mulai merah." (Hal. 92)

Terakhir, sepertinya ini typo juga ada kesalahan penulisan yang harusnya ditulis napas tetapi di kalimat ini yang tertulisnya nafas, seperti ini :

"Perlahan, gue bisa merasakan embusan nafas Alev tepat di depan hidung gue." (Hal. 122)

Tapi kesalahan-kesalahan kecil ini memang nggak begitu fatal sampai mengganggu alur cerita, ya. Overall, saya cukup puas dengan cerita yang disajikan dalam novel ini mulai dari karakter yang berkesan, alur dan konflik yang turun-naik, sampai cover yang kece. Saking asyiknya baca, nggak sampai satu hari novel ini berhasil saya eksekusi! Terus, akhirnya gimana? Happy ending? Ataau... sad ending? Ah, you should read this recommended novel! 

Quotes

"Sini. Butuh pundak gue, kan?" (Hal. 5)

"Reggy berhak buat punya ruang sendiri. Nggak cuma sama lo doang." (Hal. 46)

"We have our own world, Gy. Dan mungkin ini jalan buat nemuin dunia gue yang baru." (Hal. 88)

"Jodoh itu jorok." (Hal. 184)

"Jodoh itu semacam usaha ekstra keras buat mertahanin orang yang lo sayang jadi pendamping hidup lo." (Hal. 184)

"Kadang logika nggak berfungsi segitu hebatnya juga." (Hal. 186)

"Gusti Allah tahu yang terbaik, Lev. Sok keluarin tangisannya. Jangan ditahan. Tapi jangan suka ngeluh ya, Sayang." (Hal. 188)

"Persepsi jalan terbaik itu relatif." (Hal. 199)

"Pertanyaan 'kenapa' itu pertanyaan yang banyak orang benci. Termasuk gue. Nggak bisa dijelasin dan dijabarin. Kadang lo nggak butuh pertanyaan itu tapi cuma butuh perlakuan." (Hal. 214)

"Kalau luka ya diobatin, bukan ditanya kenapa. Kalau sedih ya dihibur, bukan ditanya kenapa." (Hal. 214)

Rating

Cover : 4/5
Theme : 4.5/5
Characters : 4.5/5
Plot : 4.8/5
POV : 4/5

Rating Truly Yours : 4.7/5

Ikuti terus blog tour novel Truly Yours ini sampai tanggal 14 Maret 2018 bersama host lainnya di blog kece-kece ini, ya! Selamat menikmati dan berburu giveaway-nya! Yeaah!



***

Tantangan Host Blog Tour


Ini kali pertamanya saya jadi host blog tour di Twigora, dan tetooot ternyata host-nya dapet tantangan gokil untuk photo challenge. Baiklah, tolong jangan tertawakan foto 'agak ajaib' dari saya. Kenapa ajaib? Karena saya nggak pernah dandan beginian, sih. Tapi demi Twigora, ku relaaaaa. Hahaha.

Simak juga wawancara saya dengan Fathnisa Hasnah yang adalah Ibuk alias penulis dari novel Truly Yours di sini, ya.

Ini yang paling ditunggu-tunggu : GIVEAWAY! Yap, ada satu eksemplar buku Truly Yours yang dibagikan secara gratis dari Twigora! Tapi besok, ya... Hanya di blog dan instagram @aginpoespa. See you tomorrow, guys!

Photo Challenge. HAHA.
***

You May Also Like

3 komentar

  1. Setia amat ya Reggy bisa mencintai Alev selama 6 tahun, padahal 6 tahun bukan waktu yang sebentar lho

    ReplyDelete
  2. Aselinyaaaa, Reggy memang lelaki langka yang super setia dan sabaaar. Makasih ya, Masyithah udah mampir ke sini :D

    ReplyDelete
  3. Halo,
    Ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan, dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan mudah dimengerti, hanya suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

    ReplyDelete

©