Mau Rileks? Coba Berendam Air Panas di Cibolang, Pangalengan !

by - 4:55 PM

Aroma khas liburan memang nyaris menghilang, karena rupanya waktu demikian cepat berganti. Gimana nggak, padahal kayaknya baru kemaren liburan akhir tahun sekarang udah tahun baru lagi. Halaah, yang kerja udah harus fokus ngerja lagi dan yang sekolah udah harus rajin nyekolah lagi.

Tapi, kalau saya sharing momen liburan saya masih boleh dong? Ya, bebaaslah ! Orang ini blog saya juga, kan, hahaha. Okai, deh, semoga artikel saya bisa bermanfaat dan cukup informatif untuk yang baca. Siapa tahu bisa jadi destinasi liburan kalau akhir pekan atau kalau liburan semester depan, ya !

Lokasi Cibolang Hot Spring Water

Jadi, akhir tahun 2017 ditutup dengan berendam air panas di Cibolang, Pangalengan. Alamat lengkapnya di Desa Wanasuka, Pangalengan, Wanasuka, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378, masih bagian dari kabupaten Bandung yang jaraknya lumayan jauh kalau ditempuh dari kota Bandung. *berapa kilometer-nya bisa langsung cek  siMbah Gugel, ya

Satu hal yang paling utama saat menuju lokasi air panas ini adalah akses jalan yang masih amburadul di beberapa bagian. Saya rada aneh juga, sih, jalan yang baru diperbaiki baru sebagian saja selebihnya masih bebatuan yang cukup parah kalau nggak hati-hati. Sayang aja, sih, padahal objek wisata ini rame banget apalagi kalau musim liburan kayak kemaren-kemaren. Ah, andai pemerintah daerahnya lebih peka dengan hal ini.

Kalau dari lokasi rumah saya yang masih di daerah kabupaten Bandung, perjalanan yang ditempuh sekitar 1-1,5 jam. Kalau saya ngira-ngira sotoy, ya, mungkin butuh waktu sampai 3 jam kalau berangkat dari kota Bandung menuju kolam air panas ini. Tapi, kan, sekarang udah ada Tol Soroja, ya, mungkin bisa lebih cepet akses jalan dari kota Bandung menuju kabupaten Bandung ini. Biaya masuknya Rp 20.000/orang, tiket pakir beda lagi. Roda dua Rp 5.000/motor, dan roda empat Rp 10.000/mobil.

Berendam Air Panas di Kolam VIP Bikin Rileks dan Fresh

Ini kali kedua saya berkunjung ke Kolam Air Panas Cibolang di tahun dan bulan yang sama. Sebelumnya dateng ke sini bareng rombongan organisasi, dan kedua kalinya bareng keluarga. Begitu sampai di lokasi Cibolang, kita akan disajikan fasilitas kolam umum yang sudah termasuk ke tiket masuk, dan beberapa kolam khusus yang pake tiket lagi alias bayar lagi.

Kali kedua ini kebetulan saya dan keluarga memilih untuk berendam di kolam VIP dengan tiket Rp 32.000/orang. Tapi kalau sudah punya tiket ini, kita bisa masuk ke berbagai kolam khusus yang ada di Cibolang. Kalau nggak salah ada tiga lokasi kolam khusus yang membutuhkan tiket lanjutan ini. *btw, saya nggak sempet nanyain, boleh atau nggak, ya, masuk ke kamar rendam khusus kalau sudah punya tiket kolam VIP

Kolam VIP untuk dewasa
Biar nggak bingung, saya ulas dari kolam VIP dulu, ya. Lokasi kolam VIP punya tiga kolam yang luas dengan keadaan bersiiiihhh. Yap, di kolam VIP kebersihannya terjaga banget. Satu kolam dewasa yang hanya setinggi pinggang orang dewasa dan dua kolam untuk anak-anak, saya nggak nyobain nyemplung ke sini, sih, tapi kalau saya lihat, sih, seukuran setengah betis orang dewasa kayaknya atau agak tinggian lagi, ya? Saya nggak tahu pasti, tapi asal bukan anak bayi aja yang nyemplung ke sini pasti tenggelem laah :p.

Buat saya yang penyuka air panas, kadar kepanasan di kolam dewasa ini nikmat banget ! Awalnya, sih, terasa panas banget, ya, tapi lama kelamaan makin nikmat dan nyaman serasa dipijit dan digaruk-garuk. Sedangkan kalau di kolam VIP untuk anak-anak, kadar panasnya lebih rendah dari kolam dewasa. Kayaknya kalau buat anak-anak ngepas, sih, nggak terlalu panas dan nggak terlalu dingin.

Kolam VIP untuk anak-anak, karena kedalamannya lebih rendah dari kolam dewasa
Sedangkan, kalau saya nyobain berendam di kolam umum, kadar panasnya udah berkurang. Entah karena agak jauh dari sumber air panas yang utama, entah gimana. Macem panas enggak, dingin pun tak ingin *Halaah, merusak peribahasa, hahaha. Ada sekitar tiga kolam umum di Cibolang ini, ukuran kolamnya luas-luas (lebih luas dari kolam VIP) yang siap menampung puluhan orang. Sayangnya, kolam ini akan berubah warna kalau makin sore apalagi kalau musim liburan kayak kemaren, hahaha.

Nah, kalau di kolam VIP mah selalu bersih, ya, karena jarang-jarang ada yang berendam di kolam ini. Meskipun nggak private banget tapi lumayan nyaman kalau berendam dengan sedikit manusia di kolamnya, hahaha. Sangat direkomendasikan datang ke kolam air panas ini pagi-pagi banget, karena udaranya masih dingin-dingin seger, kolam pun masih bersih banget. Jadi, pas banget buat berendam sambil merilekskan badan dan otot yang pegal-pegal.

Sebelum nyebur seluruh badan, pemanasan dulu dengan nyeburin kaki :p
Nilai plus lainnya adalah kamar mandi di kolam VIP luas dan bersih, kemudian ada shower sebagai fasilitas tambahannya yang membedakan dengan kamar mandi untuk umum. Tentunya, nggak usah bayar lagi yaa kalau mau ke kamar mandi di kolam VIP ini. Biaya kamar mandi sudah include dengan tiket masuk yang 32 rebu itu.

Oh iya, buat yang dateng dari kota nun jauh di sana... Bisa nge-camp di sekitaran lokasi kolam air panas ini karena saya masih belum nemu penginapan apalagi hotel yang ada di sekitaran Cibolang. Tapi nggak tahu kalau Homestay-nya warga, ya... Ada atau engga. Penjual makanan dan jajanan pun tersedia di sini, tinggal pilih aja.

Fasilitas Lain di Cibolang Hot Spring Water

Okai, selain kolam VIP ada juga kolam khusus yang di atasnya ada Ember Tumpah dan perosotan dengan ukuran kolam yang lumayan luas. Kalau mau masuk ke sini bayar lagi, saya nggak sempet nengok tiket masuknya, mungkin sekitar Rp 10.000-15.000/orang. Tapi di kolam ini nggak ada kamar mandi khusus, artinya kamar mandi gabung dengan kamar mandi umum.

Selanjutnya, ada kolam rendam private beserta kolam air panasnya yang nggak begitu luas. Kolam rendam yang privat ini cukup untuk dua orang. Jadi, kita kayak masuk ke kamar mandi tapi agak luas gitu dan ada bathtub-nya. Biaya masuknya Rp 15.000/orang.

Ini salah satu kolam umum di Cibolang,
yang ada embernya di atas dan perosotan itu kolam yang bayar lagi
Jangan lupa untuk nyicipin sensasi geli-geli maknyus dari gigitan ikan Garra Rufa. Meskipun banyak perdebatan tentang terapi ikan ini, tapi saya cukup penasaran jadi nyobainlah. Setelahnya, kulit kok terasa lebih halus, ya? Ini beneran atau perasaan saya aja, nggak tahu juga. Kalau mau nyobain terapi ikan ini, tiketnya Rp 15.000/orang. Durasi terapinya 10-15 menit, maksimal 25 menit.

Ada juga sensasi naik Flying Fox, dari anak-anak sampai orang dewasa bisa cobain kegiatan outdoor ini. Saya nggak sempat ngecek harganya mungkin sekitar Rp 10.000-15.000/orang. Ada juga spot foto dengan tulisan LOVE yang bisa buat swafoto sambil menikmati udara sejuk Pangalengan. *tapi saya nggak sempet swafoto di spot LOVE karena terlalu nyaman berendam di kolam VIP, wkwk

Atention : Ini bukan kolam berendam, ya. Ini kolam ikan.
Yang banyak orang-orang, itu lapangan luas yang ada di Cibolang.
Bisa buat acara kantor, komunitas, atau acara yang pesertanya banyakan.

Kekurangan Objek Wisata Cibolang Hot Spring Water di Pangalengan

Uraian di atas lebih banyak menyinggung yang bagus-bagusnya, ya. Nah, biar imbang saya pun mau mengutarakan beberapa kekurangan dari objek wisata yang dikelola oleh Perhutani dan masyarakat sekitar. 
  1. Akses jalan menuju lokasi Cibolang Hot Spring Water, masih jelek dan penuh bebatuan. Untuk lokasi pariwisata sepotensial Cibolang ini, sayang banget kalau akses jalannya tidak diperbaiki. Akses jalan yang masih jelek aja udah banyak pengunjung, apalagi kalau jalannya udah bagus, kan? Wuah, bisa makin membludak !
  2. Walau nggak tahu pasti ini namanya apa, tapi diindikasikan sebagai pungli yang mengatasnamakan untuk Kas RW setempat begitu mendekati lokasi Cibolang. Rasanya janggal aja, ya, ngapain juga RW mintain duit pengunjung yang mau ke Cibolang?! Tarifnya memang nggak banyak tapi rasanya nggak rela aja karena duitnya nggak jelas buat apa, kan. Untuk roda empat Rp 3.000/mobil, dan roda dua Rp 2.000/motor.
  3. Kebersihan yang kurang diperhatikan untuk fasilitas kolam umum dan kamar mandi umum, sehingga kurang nyaman untuk berendam di kolam umum.
  4. Kehadiran pengamen yang cukup bikin risih jika sedang berkumpul di fasilitas kolam umum. Tapi kalau di kolam VIP, aman, ya, pengamen nggak masuk ke area ini.

Wuah, udah panjang aja ini cerita saya. Yowes, deh, segitu aja dulu ulasan tentang kolam air panas Cibolang di Pangalengan, Kabupaten Bandung. Setiap objek wisata saya rasa punya kurang dan lebihnya masing-masing, tapi saya rasa liburan nggak usah terlalu musingin tentang beragam kekurangan yang ada di tempat tujuan kita. Yang terpenting gimana cara kita berbahagia dengan liburan ini, seperti yang dibilang Roy M. Goodman, "Remember that happiness is a way of travel, not a destination."

Hayu, atuh, dateng ke Pangalengan Kabupaten Bandung buat merasakan rileksnya berendam di kolam air panas. Happy Holiday ! Happy for Our Life !


Bandung, 040118
Momen liburan berlangsung pada tanggal 31 Desember 2017.

You May Also Like

0 komentar

©