#Nyekripsi : Komprehensif, Tahfidz dan Munaqosah

by - 12:33 PM


 
Jreeng! Jreng! SRIPSI yang sudah siap di pajang di Pespus Kampus
Skripsi adalah bagian utama dari penyelesaian studi sebagai Sarjana. Yap, selain skripsi masih  ada teman-teman lainnya yang menjadi persyaratan dari terlaksananya ujian skripsi. Bisa saya bilang perjalanannya engga gampang, dan itu sangat terasa. Nah, berikut ini perjalanan saya dalam menempuh ujian-ujian persyaratan untuk ujian Munaqosyah (Skripsi) : 

1.      Mei (minggu pertama-ketiga) : Selain kocar-kacir dengan bimbingan dan revisian, saya juga ngebut buat belajar dan ngapalin materi-materi untuk ujian Komprehensif (saya singkat jadi Kompre). Ujian Kompre ini adalah salah satu dari beberapa syarat mengikuti ujian skripsi. Jangan tanya materinya berapa banyak. Sangaaaat banyak! Gimana engga bikin stres coba?!

Selfie After Komprehensif

2.      Mei (minggu keempat) : Pelaksanaan ujian Kompre. Ujian Kompre di kampus saya terdiri tiga materi utama : Dirasah Islamiyah (mata kuliah yang berkaitan dengan studi keislaman), Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Jurnalistik. Dan semua materinya adalah perkuliahan sejak semester 1 sampai 8. Hebaatkan?! Yang bikin ngerri adalah dosen pengujinya pada killer : Wakil Dekan II, dan  Guru Besar Ilkom. Fuiih, dengan usaha yang maksimal saya dapet nilai A untuk semua materi ujian Kompre. Alhamdulillah, ya Rabb. 

Saya dan teman teman seangkatan, pasca ujian Kompre
 3.      Juni : Di bulan ini saya sampai sakit dan bolak-balik dokter nyampe empat kali sepertinya efek stres. Haha. Bulan Juni saya habiskan dengan berbagai persiapan untuk mengikuti ujian Tahfidz (menghafal juz 30) dan persiapan materi untuk sidang skripsi. Yap, ujian tahfidz adalah salah satu syarat yang harus dilewati untuk mengikuti ujian skripsi. Seminggu setelah pelaksanaan ujian Tahfidz barulah sidang Munaqosah (Skripsi). Yeaah, Alhamdulillah saya lulus dengan nilai B dan yudicium cumlaude.

Begitulah segelintir perjalanan saya menuju gelar sarjana, saya rasa prosesnya kurang-lebih sama seperti kebanyakan orang. Hanya saja yang membedakannya tekad dan target masing-masing dari kita. Saya punya keyakinan, kalau kita punya target dan tujuan yang jelas, segala sesuatu yang sedang kita jalani pasti selesai dengan baik.

Ayooook, untuk teman-teman yang masih menyelesaikan atau hendak memasuki fase skripsian atau yang masih belum tergugah untuk menyelesaikan, saya doakan semoga perjalanan kalian pun dipermudah dan diperlancar. Se-killer apapun dosennya pasti akan luluh juga ketika kita bersungguh-sungguh. Yakin dan pantang mundur!
 
Alhamdulillah, IPK saya yang urutan kedua. Hihi
*Kosan, Agustus 2014

You May Also Like

0 komentar

©