#Nyekripsi : Untold Story Of SKRIPSI

by - 12:28 PM


 
Pengumuman Penguji SUPS
Sepanjang bulan Mei-Juni 2014 ini saya dipusingkan dengan berbagai macam ujian sebagai syarat menjadi sarjana #ciee. Iya, tahun ini saya harus lulus. Tugas akhir berwujud skripsi, Alhamdulillah selesai diwaktu yang tepat. Yap, akhir Mei itu saya telah menyelesaikan skripsi dibawah dosen pembimbing Pak Yusuf Rahmat Allolagi, MM dan Pak Dono Darsono, S.S, M.Ag.

Sejak pengajuan proposal sampai selesainya bab terakhir menghabiskan waktu selama lima bulan. Saya rasa, saya bisa mengerjakan lebih cepat lagi sebenarnya. Tapi karena terhambat oleh Kuliah Kerja-nyata Mahasiswa (KKM) dari kampus, akhirnya saya harus vacum ngerjain skripsi selama sebulan lamanya. Kalau di total-total sih, saya ngerjain skripsi selama tiga bulanan.
 
Proposal yang udah di-Acc
Seperti inilah perjalanan skripsi saya :
1.      Januari (minggu terakhir) : Saya ikut ujian SUPS/UP (Seminar Usulan Proposal Skripsi), seharunya UP ini bisa lebih cepat lagi, tapi karena nilai mata kuliah Medote Penelitian Jurnalistik sebagai syarat mengikuti UP belum keluar, alhasil UP saya dan beberapa teman seangkatan harus diundur ke akhir bulan.

2.      Februari (minggu pertama) : SK (Surat Keputusan) yang berisi dosen pembimbing skripsi keluar lebih cepat. Alhamdulillah, proses pengerjaan skripsi saya sangat dipermudah. Sejak minggu pertama saya mulai bimbingan ke dospem 2 yang kebetulannya adalah penguji saat UP. Jadi minggu selanjutnya saya bisa lanjut ke BAB 2. Sedangkan dospem 1 minta saya untuk bimbingan terlebih dahulu dengan dospem 2, setelah rampung sampai BAB 4 dengan dospem 2 baru saya bimbingan dengan beliau.

3.      Februari (minggu kedua-keempat) : Saya bener-bener ngebut ngerjain revisian BAB, ngerjain BAB 2 dan angket penelitian. Engga ketinggalan juga dengan bimbingan tiap minggu ke dospem 2, sampai Bapaknya bilang “Ada apa lagi?”. Tapi untungnya beliau engga keberatan direcokin saya sama setiap minggu-nya. Hasilnya BAB 1, BAB 2 dan angket selesai di bulan Februari.

4.      April (minggu pertama) : Menginjak bulan ini saya mulai ngebut lagi, setelah liburan di tempat KKM selama bulan Maret. Minggu pertama saya mulai dengan melakukan penelitian kepada subjek penelitian saya, dengan cara membagikan angket.

5.      April (minggu kedua) : Memasuki fase stres dengan menghitung validitas dan reliabilitas data.

6.      April (minggu ketiga-keempat) : Makin stres setelah membuat tabulasi, cooding sheet dan menghitung korelasi beserta regresinya. Alhamdulillah, dengan perjuangan tanpa kenal lelah BAB 3 selesai dengan tepat waktu. Selama bulan April saya jadi penghuni kamar yang keluar kalau makan dan ke toilet aja. Haha. Saya juga sekalian ngerjain BAB 4 yang isinya paling gampang sedunia. Yap, bab kesimpulan dan saran.

7.      Mei (minggu pertama-kedua)  : Saya mulai bimbingan sama dospem 2 untuk BAB 3 dan BAB 4. Setelah seminggu mengendap di dospem 2, akhirnya saya dapet acc dan beliau nanya kapan saya mau sidang. Saya jawab dengan mantap bulan Juni. Beliau dengan berbaik hati meminta saya untuk datang lagi jelang sidang, katanya untuk memantapkan presentasi di sidang nanti.

8.      Mei (minggu ketiga-keempat) : Setelah menyerahkan hasil penelitian saya dari BAB 1-BAB 4 kepada dospem 2, giliran dospem 1 yang mengoreksi skripsi saya. Skripsi mengendap satu minggu, dengan beberapa revisi terkait teknik penulisan akhirnya skripsi saya di acc. Yap, saya dapat persetujuan beliau untuk mengikuti sidang skripsi. Yeaah!

Skripsi saya selesai sesuai target, Alhamdulillah! Satu beban mulai terangkat, saatnya saya konsentrasi untuk beberapa ujian lainnya sebagai persyaratan mengikuti ujian Munaqosyah (ujian Skripsi).

-to be continute-

*Kosan, Agustus 2014

You May Also Like

0 komentar

©