#GameLevel1 : Menyampaikan Tanya dengan Benar (Day 3-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 7:05 AM

Subuhnya nggak drama-drama lagi sekarang, Sen udah bangun dan shalat subuh. Yeaii! Tapi saya tetep sih jadi semacam alarm dia tiap subuh, wkwk. Btw, kok saya care banget sama Sen? Itu sebenarnya karena ia pun care ke saya. Jadi, meskipun kami ada di kota yang berbeda, tapi komunikasi tetap lancar. 

Sayangnya, pas pagi saya coba chat Sen tadinya mau ngobrol-ngobrol santai tetiba ia bales chat saya begini dong :

Sen : Lagi bad mood
Saya : Baiklah kalau begitu, kalau kamu mau cerita aku selalu siap sedia
Saya : Kalau sudah mau cerita maksudnya... Aku selalu siap kapan pun dibutuhkan, hehehe
Sen : (kirim sticker Cony lagi sedih)

Oke, sebenernya saya masih merasa janggal dengann jawaban saya ini. Saya udah berusaha untuk menggunakan kaidah 2C sih, tapi entah kenapa rasanya kok kata-kata saya kayak masih salah. Sebenernya ini sih jadi PR banget buat saya. Setelah itu saya biarkan Sen dan tidak ada komunikasi setelah itu, kalau mood Sen lagi jelek gini biasanya saya memang membiarkan dulu, sih.

Chatting-an saya dan Sen
Beranjak siang, saya dapet masalah baru dengan kerjaan saya sebagai Editor di salah satu perusahaan penyedia konten  artikel. Sebenarnya bukan masalah baru, sih.... Soalnya saya nyadar dari beberapa hari lalu tapi saya membiarkannya karena saya pikir mungkin pihak perusahaan lagi proses ngecek kerjaan para Freelance-nya. Tapi sampai hari ini status kerjaan saya belum juga “done” !

Jadi gini, lho... Problem saya sejak dulu sampai sekarang itu selalu merasa takut untuk menyampaikan tanggapan atau pesan, saya takutnya salah ngomong dan bikin orang lain nggak enak. Nah, termasuk soal kerjaan juga. Materi dari kelas Bunsay tentang Komunikasi Produktif ini sedikit banyak mengubah cara saya untuk berkomunikasi dengan berpikir dan menyusun terlebih dahula kalimat yang akan saya sampaikan. Biasanya saya cenderung bereaksi spontan, sih.

Oke, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan konfirmasi ke si Bos saya dengan mengirim kembali form online. Jadi tuh tiap saya selesai ngedit artikel, pekerja diharuskan mengisi form online agar hasil pekerjaannya terrekap gitu. Nah, jadi saya ngirim form online lagi untuk keyword yang sama kemudian memberikan catatan seperti ini :

Mohon maaf saya kembali mengisi form ini karena baru saja saya cek ternyata artikel dari keyword 8673 udah publish namun status di lembar kerja saya belum berubah menjadi “done”. Mohon untuk di cek kembali. Terima kasih.

Sebenernya, perusahaan ini nggak formal-formal banget, sih, haha. Tapi saya tetep memilih bahasa formal untuk menyampaikan pesan ke atasan saya. Lagi-lagi, saya coba praktikkan Kaidah 2C sebagai salah satu cara menyampaikan pesan dengan memilih diksi dan melakukan klarisikasi. Yaah, sekalipun beliau ini sebenernya easy going gitu (kayaknya, sih) tapi terlihat dari cara beliau menyampaikan instruksi dan ngewawancara saya secara online beberapa bulan lalu. Tapi saya tetap memilih menyampaikan pesan secara formal.

Oh iya, sebagai tanggapan dari atasan saya ini. Beliau menuliskan balasan dari permintaan konfirmasi saya. Jawabannya saya tandain pake elips warna merah. Naah, kaan, ternyata lagi ada masalah dari pihak perusahaan dan berpengaruh pada datanya. Coba kalau saya diem aja, mana saya tahu lagi ada masalah, kan, ya? Dan entah mengapa, setelah saya menyampaikan pesan dan dapet konfirmasi dari atasan rasanya menyenangkan, ya. Lebih tepatnya lega, sihh... Alhamdulillah :)

Ini lembar kerja saya, dan yang di lingkari merah itu jawaban ari atasan saya
Kalau ada yang masih bingung tentang kerjaan saya, jadi saya ini Freelance Writer. Bos saya bisa banyak tapi saat ini saya lagi fokus di satu perusahaan. Alesannya karena saya dapet dobel job di sini, yaitu sebagai Research Content  dan Editor. Komunikasi yang terjalin antara saya dan atasan dilakukan secara online karena si perusahaan ini ada di Singapur sementara sayanya ada di Bandung perkampungan, hahaha. Gitu kurang-lebih. 

Alhamdulillah, masalah kerjaan udah kelar. Tapi problem si unyil Sen yang lagi bad mood belum bisa saya atasi, nih. Besok saya coba untuk ngobrol lagi sama dia. 


#hari3 #gamelevel1 #tantangan10 hari
#komunikasiproduktif #kuliahbunsayiip


Bandung, 021117
Untuk kenyamanan tokoh yang terlibat dalam cerita ini, nama sengaja saya samarkan. Berhubung posting di blog bersifat publik. Terima kasih.

You May Also Like

0 komentar

©