Bikin Pengalaman Makan si Toodler Beragam dengan 10 Ide Camilan Sehat dan Enak!

by - 2:32 PM



Akrab dengan kosa kata toodler? Yap, toodler adalah anak-anak yang berada dalam fase pertumbuhan saat ia mulai dapat bergerak aktif, dapat mengikuti perintah, dan mulai berkomunikasi meskipun belum fasih. Toodler berkisar antara usia satu sampai tiga tahun. 

Berhubung lagi aktif-aktifnya, asupan gizi adalah hal penting lainnya yang harus menjadi perhatian ekstra buat Mamak-mamak. Anak-anak yang telah berusia satu tahun ke atas sudah cenderung aman untuk mengkonsumsi berbagai macam sayuran, buah-buahan, produk olahan susu, ataupun madu.

Nah, bagaimana dengan pemberian garam dan gula? Ini sudah boleh namun tetap perlu diperhatikan takarannya sebisa mungkin meminimalisir pemberian garam dan gula untuk anak-anak usia toodler. Akan lebih baik jika rasa manis atau asinnya diperoleh langsung dari sumber makanan si kecil.

Ada ragam cara mengemas dan mengkreaasikan makan sehat sehingga tetap enak dikonsumsi. Apalagi untuk anak-anak yang menolak untuk mengkonsumsi beberapa sayuran hijau seperti brokoli. Keep calm, Mamak! Kali ini saya coba menghimpun beberapa inspirasi camilan sehat dan enak untuk si toodler yang super aktif. Yuk, simaaaak !


1. Si orange wortel berpadu dalam Muffin Mini yang imut. Gemes dan enyaaak!

Carrot Muffin
Mamak tahu banget kalau wortel punya ragam manfaat, apalagi buat si kecil. Bahan-bahan untuk membuat muffin imut-imut ini cukup mudah. Mamak harus punya 400g wortel yang dimasak dan haluskan dengan blender atau food processor, 2 butir telur, 1 sendok teh kayu manis, 100g mentega cair atau minyak, 160g tepung standar (1 ¼ cangkir), dan 1,5 sdt baking powder. 

Adonan ini tanpa tambahan gula, ya... jadi aman banget kalau dikonsumsi banyak-banyak. Atau mungkin Mamaknya mau icip-icip juga don't worry, yaa... Hahaha. Oke, adonan ini menghasilkan kurang-lebih 30 muffin mini, dan asiknya lagi adonan mentah bisa bertahan sampai tiga hari di wadah kedap udara dan disimpan di lemari es. Mamak bisa lihat lebih lengkap cara pembuatannya di sini

2. Nuget Sayuran dari si hijau Brokoli dan si orange Wortel. Nggak berasa lagi makan sayuran!

Veggie Nugget
Mamak nggak asing lagi dengan makanan nugget, kan? Yap, selain bisa jadi camilan siang-siang, olahan praktis ini bisa juga jadi temen makan yang nggak kalah enak, ya. Mamak cukup sediakan 1 cangkir wortel yang sudah dipotong-potong, 3 cangkir brokoli yang sudah dipotong-potong juga, 1 siung bawang putih, 2 butir telur, ¾ cangkir keju cheddar parut, ½ sendok teh bubuk bawang merah, ½ sendok teh lada hitam, 1 sendok makan minyak kanola, dan 1¼ tepung roti. Adonan ini menghasilkan sekitar 25 nuget. Cara pembuatannya ada di sini ya, Mak.

Sekilas info tentang minyak kanola, nih, Maak... Minyak ini terbuat dari biji bunga kanola yang rendah lemak jenuh dan mengandung omega 3. Komposisi asam lemaknya mirip minyak jagung dan minyak biji bunga matahari. Kandungan asam lemak tak jenuh ini bisa membantu mengurangi kadar Kolesterol dalam tubuh. Alternatif lain, jika nggak dapet minyak kanola bisa juga diganti dengan minyak zaitun, ya.

3. Fruit Pancake tanpa ribet yang sehat dan nggak pake lama.

Fruit Pancake
Mamak sibuk banget tapi tetep pengen bikin camilan sehat buat si kecil? Mamak should try this reciepe! Resep tanpa ribet ini hanya menggunakan tiga bahan makanan aja tanpa tambahan tepung atau susu, Mak. Loh? Iya, jadi pancake ini bahan-bahanya hanya 1 buah pisang masak, 1 butir telur
dan mentega atau minyak kelapa untuk menggoreng. Simpel banget, kaan?! Mamak bisa intip resep lengkapnya di sini, ya.

Mamak cuma perlu menghancurkan pisang, dalam wadah terpisah kocok telur kemudian campurkan keduanya. Kalau nggak mau ribet bisa juga langsung campurkan pisang dan telur kemudian gunakan blender. Panaskan sedikit mentega, ambil satu sendok makan adonan, kemudian tunggu sampai agak kecokelatan, dan angkat pancake! Lengkapi penyajian pancake dengan buah-buahan seperti strawberry atau blueberry. Hmm, yummy!

4. 'Cake' dari Tuna dan Kentang? Rasanya super yummy!

Tuna and Potato Cakes
Kita sih lebih familiar kalau cake itu sejenis makanan manis, ya. Nah, tapi di resep kali ini ada cake dari bahan ikan tuna dan kentang. Mamak butuh bahan-bahan seperti 500g kentang yang sudah dikupas dan dipotong kecil-kecil, 320g tuna kaleng yang dikeringkan, 2 butir bawang merah, sedikit perasan jerus nipis, daun bawang secukupnya, segenggam kecil ketumbar, tepung roti secukupnya, dan minyak goreng. 

Lebih enak lagi kalau ikan tunanya pake ikan tuna segar, ya. Tapi kalau mamak nggak nemu bisa juga pake tuna kalengan. Sebenarnya resep ini agak mirip dengan olahan perkedel, ya. Bedanya yang di sini pake perasan jeruk nipis dan tepung roti. Oke, Mamak langsung aja pantengin resepnya di sini. Eh tapii, saya yakin, sih... Mamak udah kebayang cara masak resep ini.

5. Siang-siang nyemil yang seger dengan Watermelon Strawberry Mint Popsicles pasti asyik!

Watermelon Strawberry Mint Popsicles
Siapa yang nolak kalau dikasih cemilan merah menyala dan segar kayak gini?! Yakin, deh, anak-anak pasti kegirangan Mak dikasih pop sicles yang enak gini. Udah gitu, Mamak nggak perlu khawatir karena camilan yang satu ini sehat plus bebas dari bahan pengawet. Ayok, Mak, buatin buat anak-anak biar nggak usah jajan di luar, ya.

Mamak hanya butuh 4 cangkir semangka tanpa biji atau kurang lebih setengah ukuran melon yang sedang, 12 lembar daun mint segar, 10 butir stroberi besar (empat buahnya dibiarkan utuh karena akan diblender bersama kedua bahan sebelumnya, dan sisanya dipotong seukuran gigitan). Ketiga bahan ini diblender kemudian masukkan ke dalam cetakan dan masukkan juga potongan stroberinya. Masukkan ke dalam freezer selama tiga jam. Resep lengkapnya di sini, ya.

6. Bikin Egg Roll dengan ragam sayuran dan tambahan keju. Makan makin semangat!

Egg Roll
Satu lagi camilan simpel yang bisa juga dipakai sebagai teman makan nasi, hahaha. Kalau dari resep sih ada beberapa bahan yang kurang familiar kalau di Indonesia, ya... Tapi saya coba cari alternatifnya dengan sayuran yang sudah familiar dan bisa dijumpai. Btw, setelah browsing saya akhirnya nemu sayuran penggantinya.

Mamak butuh bahan-bahan seperti 3 butir telur, 1 sdm susu, 1 sdm capsicum cincang halus (setelah browsing ternyata capsium ini sejenis cabai tapi penampakkannya mirip paprika. Jadi saya bisa kasih saran diganti sama paprika merah aja kalau nggak nemu capsium), 1 sdm peterseli cincang (peterseli juga mirip banget sama seledri, katanya kalau peterseli ini rasanya kurang enak), 2 daun bawang cincang halus, dan 1/4 cangkir keju parut. Cara eksekusinya, langsung mampir ke sini aja, ya!

7. Smoothie buat camilan boleh juga, ya? Yuk, bikin Cherry and Beet Smoothie pasti seger banget!

Cherry and Beet Smoothie
Yummy! Bikin smoothie buat camilan pasti enak, ya. Yuk, Mamak-mamak buatin minuman sehat buat si toodler kita dengan 1 cangkir ceri beku atau fresh, 1/2 bit merah medium, kupas dan cincang, 1/4 sdt kayu manis, 1 sdt biji chia (ini opsional aja, berhubung di Indo jarang juga,ya, Mak), 1 sdm madu, 1/2 cangkir es, 1-2 cangkir susu (fresh milk, almond milk, coconut milk, atau air saja). Langsung blender aja semua bahannya dan smoothie cantik bin enak ini siap dinikmati! Atau pengen langsung lihat resep aslinya ada di sini, ya.

8. Bakso panggang yang kaya sayuran bikin nyemil makin lahap, lho!

Mini Chicken and Veggie Meatball
Wohoo, siapa yang nggak suka bakso enak plus sehat kayak ini?! Bakso ini cocok banget buat camilan anak-anak. Mamak bisa bikin bakso ini dengan 500g ayam, 1/4 cangkir saus apel atau pure apel, 1/2 cangkir wortel parut, 1/2 cangkir bayam cincang, 1/4 cangkir daun bawang cincang, 1 butir telur, 1/2 cangkir tepung roti, 1/2 sendok teh jinten, garam dan merica secukupnya.

Proses memasak bakso pada resep ini cukup unik, karena adonan bakso dipanggang dalam oven. Selain itu, bakso dari resep ini dapat menghasilkan sekitar 30-35 buah sangat tergantung dengan ukuran bakso yang kita buat, ya. Nggak perlu lama-lama, langsung aja mampir ke lapak resepnya di sini.

9. Perpaduan yogurt dan buah-buahan pasti enak banget kalau jadi camilan sambil nunggu jam makan siang atau jam makan sore.

Butterfly Frozen Yogurt Bites
Aw, apa itu? Ituu... mirip kupu-kupu, ya? Yap, bikin camilan yang satu ini bisa sambil ngajakin si kecil praktik masak karena cukup aman. Nggak pake kompor, tanpa minyak-minyakan, tanpa panggang-panggan. Sediakan 16 ons yogurt rasa vanili, 1 buah kiwi, 1/4 cangkir blueberry, 1/4 cangkir raspberry atau stroberi, 1/4 cangkir Almond.

Mamak bisa buat ini dengan bantuan cetakan muffin mini, ya. Taruh aja kertas roti untuk muffin ke cetakan kemudian masukan yogurtnya dan hias menyerupai kupu-kupu dengan buah-buahan yang ada. Setelah itu masukkan ke dalam freezer minimal selama 2 jam. Duuh, pasti yummy banget niih! Seger-seger gimana, gitu. Mau cek resep aslinya? Ke sini aja ya, Mak.

10. Bikin pasta buat anak-anak tapi pengen ada sayurannya juga? Bisa tengok resep yang ini berarti, Mak.

Cheesy Spinach Pasta
Pasta bisa juga lho dinikmati oleh si kecil. Nah, salah satunya resep Cheesy Spinach Pasta yang satu ini. Mamak sediakan bahan-bahan seperti 2 bayam besar bayam yang segar (atau bayam kecil yang biasa pun bisa, Mak), 1 cangkir pasta mini yang belum dimasak seperti Ditalini, 1/2 sdm mentega, 2 sdm susu, 2 sdm krim keju, 4 sdm keju parmesan kemudian parut.

Ditalini itu nama salah satu jenis pasta, bentuknya mirip pipa kecil. Sangat cocok buat dibikin camilan untuk anak usia satu tahun ke atas karena bentuknya yang tidak terlalu besar sehingga si kecil bisa langsung menggenggam dan memasukkannya ke dalam mulut. Pasta bayam ini bisa Mamak tengok resepnya di sini

Ingat, ya, Mak... Kreasi camilan ini khusus untuk anak-anak usia setahun ke atas karena ada beberapa resep yang menggunakan olahan susu atau madu yang memang hanya boleh diberikan saat anak menginjak satu tahun. 

Gimana, Mak? Ternyata bikin camilan sehat mudah dan menyenangkan, ya? Mamak nggak perlu lagi deh denger anak-anak yang ngeyel minta jajan. Adanya camilan sehat dan enak yang Mamak buat di rumah bikin anak-anak semakin semangat menikmati ragam sayuran dan buah yang penuh nutrisi. Selamat mencoba dan berkreasi, Mak!


Bandung, 041117
Resep ini diambil dari berbagai sumber.


You May Also Like

0 komentar

©