#BookReview : Annyoeng Korea by Elvira Fidelia

by - 12:09 PM


Penulis : Elvira Fidelia
Penyunting : Resita Wahyu Febrianti
Penata letak : Nopianto Ricaesar
Desain sampul : Jeffri Fernando
Penerbit : Gagas Media
ISBN : 9789797805197
Tahun Terbit : 2011
Tebal Halaman : 272
Genre : Non-fiksi/Lifestyle
Harga : Rp 34.850 (bukukita.com)

Blurb

Mendapat kesemptan beasiswa ke negeri Ginseng bisa dibilang seperti menerima kado istimewa. Sebuah pengalaman yang tak bakal terlupakan seumur hidup. Priceless. Tak hanya mengenyam pendidikan, terbuka pula kesempatan berjalan-jalan gratis mengenal Korea Selatan---negeri yang terkenal akan modernitas sekaligus kekentalan budayanya.

Annyeong Korea menghadirkan cerita seru seorang mahasiswa asal Indonesia selama menempuh kuliah di Seoul. Elvira Fidelia Tanjung mencoba menaklukan tiap sudut Korea di sela waktu belajarnya. Menjelajahi Nami Island, Jeju, jimjilbang (tempat sauna), wisata kuliner makanan khas Korea, shopping time, dan sebagainya. Hasilnya, tentu saja banyak cerita seru, baru, yang menarik hati kita untuk mengenal Korea lebih jauh lagi. 

Korea, saranghae ^^

Review

Pengalaman Elvira Fidelia saat diusir penjual di pasar tradisional Korea bikin saya senyum-senyum ngebayangin Ajuma yang jualan itu ngomel-ngomel gegara Elvira dkk banyak nanya tentang harga sayuran tapi nggak beli-beli.

Alhasil, si Ajuma ngusir mereka dengan bilang, "Aaaaaaiiiiiiish, ya ampuuuuuun, ini-itu, duh orang asing jangan deh, pergi sana, pergi!". Padahal saat itu Elvira dkk udah mau menyerahkan lembaran 10.000 won untuk membayar belanjaannya. Sambil cengar-cengir akhirnya Elvira dkk meninggalkan lapak si Ajuma. :D

Berawal dari keinginan untuk memperpanjang status mahasiswanya, Elvira Fidelia lulusan sarjana teknik UNISBA dengan IPK pas-pasan yang dimilikinya, akhirnya mencari peluang beasiswa dengan mengirimkan e-mail ke beberapa Profesor di berbagai kampus luar negeri untuk menyampaikan perkenalan dan bercerita sedikit tentang latar belakangnya.

Singkat cerita, Elvira akhirnya diterima di Kyung Hee University di bawah bimbingan Profesor Kim. Keseruan Elvira selama menjalani kuliah dan perjuangannya untuk mendapatkan won, mengantarkan kita mengenal lebih banyak tentang lowongan pekerjaan part time yang bisa dilakukan oleh mahasiswa Indonesia saat berada di Korea Selatan.

Selama masa liburan, Elvira melakukan pekerjaan part time. Mulai dari menjadi karyawan di KBRI, culture teacher di TK Korea, pelayan restoran India, sampai bisa jalan-jalan gratis ke Jeju dan Nami Island dengan modal jadi penari dadakan yang dikirim oleh KBRI.

Keseruan Elvira dalam menimba ilmu dan menyambangi beberapa tempat keren di Korea terangkum dalam buku Annyoeng Korea. Saya pribadi dibikin senyum-senyum sendiri saat menikmati lembar demi lembar dari buku ini. Asyik banget punya pengalaman keren seperti Elvira. Gaya bahasa yang dipilih pun sangat sederhana dan nyatai, bikin pembaca seolah bisa merasakan kegokilan kisahnya Elvira.

Buku ini cukup informatif memberikan info tentang harga barang-barang di sana, dan barang-barang secondhand seperti scooter  50 cc yang dibeli Elvira. Cover-nya juga oke menurut saya, dengan layout yang juga gemesin, serta beberapa foto yang full color. Jadi makin asyik menikmati novel ini.

Tapi sayangnya ihhh.... Nggak ada daftar isinya, dong. Menurut saya, daftar isi jadi bagian yang semestinya ada dalam buku, ya. Apalagi buku non-fiksi seperti ini. Overall, ini kisah perjalanan yang nggak ngebosenin menurut saya. Keknya, karena penulisnya juga gokil, sih. Kisah-kisahnya kocak abis!

Quotes

"Aaaaaaiiiiiiish, aigoyaaaa, igo, kego, wegugin andweee... kaaaaaaa!" (Hal. 77)
"Aaaaaaiiiiiiish, ya ampuuuuuun, ini-itu, duh orang asing jangan deh, pergi sana, pergi!"

"Pantainya terlihat cantik dan terawat. Pasir putih dan air laut dengan warna khasnya, dipinggir-pinggirnya bersusun nyiur yang melambai. Setelah diperhatikan seksama ternyata, pohon-pohon kelapa itu buatan. Dalam sejarah Korea, mereka nggak pernah punya kelapa." (Hal. 131)

"Plastic surgery atau operasi plastik bagi warga Korea bukan menjadi hal tabu atau yang harus ditutup-tutupi lagi. Para artis papan atas pun jujur mengakui operasi plastik yang mereka lakukan." (Hal. 155)

"I've told you, we can be ayone here, dancer, singer, student, or sometimes waitress." (Hal. 184)

Rating

Cover : 4/5
Theme : 4/5
Characters : 4/5
Plot : 4/5
POV : 4/5

Rating Annyoeng Korea : 4/5

You May Also Like

0 komentar

©