#BookReview : Secangkir Kopi dan Pencakar Langit by Aqessa Aninda

by - 12:47 PM




    Penulis : Aqessa Aninda
    Penyunting : Pradita Seti Rahayu
    Penerbit : PT Elex Media Komputindo
    SBN : 9786020287591
    Tahun Terbit : Cetakan ketiga, Maret 2017
    Tebal Halaman : 340
    Genre : Novel
    Harga : Rp 59.800 (bukalapak.com)







Blurb

Satrya nggak munafik, first impression seorang laki-laki terhadap perempuan pasti tampilan fisik dulu sebelum inner beauty.

Namun teori itu terbantahkan ketika Satrya tanpa sengaja meminta bantuan Athaya, seorang IT system analyst yang begitu passionate dengan profesinya, juga dijaga habis-habisan sama cowok-cowok IT yang pada sayang sama 'dedek' mereka ini.

Satrya bisa memilih cewek cantik mana saja untuk di dekati----penampilan Satrya memang mampu bikin cewek-cewek melirik sekilas kepadanya. Tapi, ia memilih Athaya. Sedangkan Athaya diam-diam sudah lama memendam rasa pada Ghilman. Masalahnya... Ghilman sudah punya pacar.

Siapakah yang akan Athaya pilih? Satrya yang menarik dan fun atau Ghilman yang baik hati serta gesture-nya bikin jantung Athaya deg-degan? Benarkah dicintai rasanya lebih menyenangkan daripada mencintai?

Review

Satrya baru saja pindah ke sebuah perusahaan manufacture auto mobile di metropolitan Jakarta. Meskipun baru lima hari bekerja di sana, ia sudah hafal kebiasaan beberapa rekan kerja cewek yang diam-diam memberikan sinyal naksir kepadanya. Ya, siapa juga yang nggak bakal naksir Satsat kalau punya wajah ganteng, lulusan luar negeri, dan asyik banget kalau udah ngobrol. Tapi Satrya bersikap biasa saja terhadap cewek-cewek yang sering curi-curi pandang ke arahnya.

Sampai akhirnya, Satrya bertemu dengan Athaya---salah satu rekan kerjanya bagian IT di pantry saat sedang sarapan. Tidak ada hal yang istimewa, sampai tetiba Satrya menyadari bahwa Athaya mirip seseorang yang dikenalnya. Satrya semakin tertarik dengan gadis supel ini.  Apalagi setelah banyak berinteraksi dengan Athaya dan mendengar celotehannya tentang musik, film, buku, atau cerita di balik dirinya memilih pekerjaan sebagai IT system analyst yang super rumit. Satrya sadar ia jatuh hati pada Athaya!

Tapi, lain lagi dengan Athaya yang sudah lama naksir Ghilman sampai-sampai jam makan siang, jam pulang kantor, dan jam shalat-nya pun, Athaya hafal banget. Sampai bela-belain nunggu Ghilman supaya satu lift atau shalat bareng dan imami oleh Ghilman. Athaya memang tergila-gila sama cowok itu.

Sayangnya, Ghilman udah punya pacar, namanya Vanda. Mereka udah lama pacaran bahkan Ghilman berencana untuk segera menikahi Vanda, apalagi ia sudah mendapatkan restu kedua orang tuanya. Tinggal selangkah lagi. Hm, Ghilman sebenarnya tahu tingkah Athaya tiap bertemu di lift atau 'kebetulan' pulang bareng, tapi ia memilih diam.

Secangkir Kopi dan Pencakar Langit (SKdPL) adalah novel pertama karya Aqessa Aninda---yang ternyata berawal dari dunia orange alias wattpad. Sebelumnya, saya pun nggak pernah nemu SKdPL dalam versi online-nya. Padahal, novel ini begitu booming saat itu sampai dibaca jutaan orang. *yaelah, gue ke mana aja, kaan :p

Membaca dari blurb-nya mungkin terkesan klise : cinta segitiga. Iya, klise banget kalau kamu cuma baca belakang bukunya doang. Tapi persepsi itu langsung terbantahkan begitu kamu masuk ke dunianya Satrya-Athaya-Ghilman! Eh, yakin? *banget!

Pemilihan POV orang ketiga terasa pas dan asyik untuk diikuti sehingga kamu bisa tahu reaksi para tokohnya. Karakter tokoh utama disampaikan dengan begitu menggoda terutama buat SatSat dan Mas Ghilman, ya, kemudian berandai... Ahh, andai saya jadi Athaya yang diperebutkan dua cowok yang suami-able gini~

Saya pribadi menikmati alur ceritanya yang bikin perasaan diobok-obok mulai dari ketawa, tersipu, bahagia, sedih, dan iba. Ah, apalagi kalau duo serigala Randhi dan Ganesh udah muncul dengan obrolan 'sampah'-nya, dijamin deh bikin ngakak guling-guling membayangkan mereka ada di depan mata. 

Istilah-istilah IT yang menjadi keahliannya Athaya---sang tokoh utama disampaikan dengan porsi yang pas dan meskipun rada njelimet buat saya yang nggak tahu dunia para IT-ers, tapi penulisnya kembali menjelaskan dengan istilah yang sederhana. Secara nggak langsung dapet ilmu baru.

SKdPL sukses bikin saya nggak bisa berenti baca. Nggak heran juga kalau novel ini nyampe cetakan ketiga! Dua kali cetak di tahun yang sama dan satu kali di tahun 2017. Terus, Athaya jadinya nikah sama siapa, nih? What?! Sampe nikah?! Pokoknya, baca aja, deh. *ogah spoiler, padahal ini udah spoiler, wkwk

Novel ini recommended banget buat kamu sebagai pelepas lelah usai bekerja, atau buat kamu yang lagi nyari buku dengan genre romance yang nggak enek dan ngebosenin. 

Quotes

"Because a funny, smart, humble, and messy guy is the new definition of coolness." (Hal. 24)

"Kalau orang bilang cinta itu bullshit, mereka pasti nggak pernah tahu rasanya ada di titik terendah kehidupan." (Hal. 236)

"Kalau boleh memilih, lebih baik dicintai daripada mencintai. Tapi kadang kita tidak bisa memilih." (Hal. 236)

"Jangan penuhi hati lo dengan marah dan dendam, Man. Nggak sehat. Ikhlasin, Man." (Hal. 238)

"Pernikahan itu bukan akhir hubungan." (Hal. 274)

"We need to stophurting each other before it goes deeper." (Hal. 276)

"Kalo kamu cinta sama aku karena bayang-bayang orang lain, aku nggak sanggup." (Hal. 276)

"Aku suka kamu yang selalu berusaha mengungkapkan apa pun dari dalam hati kamu." (Hal. 326)

Rating

Cover : 4/5
Theme : 4.5/5
Characters : 4.8/5
Plot : 4.5/5
POV : 4.8/5

Rating SKdPL : 4.52/5


You May Also Like

0 komentar

©