#GameLevel5 : Insight dari Buku Rumah Mande #3 (Day 11-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 6:14 PM


Saya masih on the way buat nyelesein novel Rumah Mande. Ceritanya masih seru karena semakin mengungkap perjuangan keluarga Upik yang bener-bener seperti roda. Pada mulanya kehidupan keluarga mereka berjalan dengan baik dan bergelimpangan harta. Namun sejak rumah makan Padang milik Abaknya Upik terbakar, keluarga mereka nyaris terpuruk dalam kemiskinan.

Mande memiliki 4 anak, saat keadaan sulit itu hanya Uda Upik yang bernama Bintang yang berhasil menamatkan pendidikannya sampai jenjang Universitas. Sementara Uda Hilman (kakak keduanya) hanya tamatan SMA dan bekerja sebagai pelayang di restoran. Uda Rusli sedang menyelesaikan tahun terakhir di SMA. Sementara Upik belum sekolah sama sekali karena kekurangan biaya.

Kondisi Abaknya pun sudah tua renta dan mulai pikun. Sebenarnya Mande dan anak-anaknya adalah istri keempat dari Abaknya. Abaknya ditinggal mati oleh istri pertama dan kedua, sedangkan istri ketiganya ia ceraikan. Jadilah Mande Upik yang akhirnya menjadi istri terakhir Abak sampai Abak renta dan pikun.

Ceritanya cukup mengharukan dan memang hal-hal seperti ini nyata terjadi---dialami oleh orang-orang tertentu. Saya sangat bersyukur bisa melewati masa sekolah yang menyenangkan tanpa keluarga yang kesulitan secara finansial. Betapa Papa saya sangat berjuang keras untuk membiayai keluarga kami. Uhuk, kok jadi melow begini, yaa... Baiklah, semoga besok novel ini bisa saya selesaikan.


#GameLevel5 #Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP #ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Bandung, 100318

You May Also Like

0 komentar

©