[BLOG TOUR | BOOK REVIEW] Contract Partner by Mrs. Mathrange

by - 12:07 PM




        Penulis : Mrs. Mathrange
        Penyunting : Rinandi Dinanta
        Profreader : Christian Simamora
        Penata Letak : Ade Ismiati Hakimah
        Desain Sampul : Ade Ismiati Hakimah
        Penerbit : Roro Raya Sejahtera
        ISBN : 9786025129049
        Tahun Terbit : Mei 2018
        Tebal Halaman : 368
        Genre : Novel Dewasa
        Harga : Rp 89.000 (twigora.com)




Blurb

Bahagia tak pernah sederhana

MUNGKIN SUATU HARI NANTI KAU AKAN MENGERTI,
KALAU HATI TIDAK DICIPTAKAN UNTUK MENGHANCURKAN HATI ORANG LAIN

Benar-benar sulit dipercaya, seorang CEO tampan dan muda seperti Julian Reed melamar Jane Fisher, salah satu pegawai di perusahaannya. 

Sayangnya, ini sungguh berbeda dengan plot cerita romantis yang selama ini dia dengar dan baca. Malah, ketika dilamar, Jane merasa itu adalah kali pertama bosnya itu berbicara padanya.

Kejadiannya pun sangat cepat dan blak-blakan. Di ruang kerjanya, Julian menyodorkan sebuah amplop cokelat berisi dokumen ke arah Jane. Perempuan itu benar-benar terkejut ketika membaca tulisan bold di halaman pertamanya:

KONTRAK PERNIKAHAN
ANTARA JULIAN REED DAN JANE FISHER

Meskipun terasa ganjil, Jane akhirnya mengambil risiko dengan menandatanganinya.
Sesuatu yang belakangan dia sesali ketika akhirnya tahu alasan sebenarnya Julian mau menikahinya....

Review

Julian Reed, sang CEO yang popular dengan sikap super dingin dan hanya bertatap muka dengan setiap karyawannya saat ia akan memecat mereka. Nggak tanggung-tanggung, salah ngetik nama klien aja bisa jadi alasan tak terbantah bagi Tuan Reed untuk memecat karyawannya. Contohnya, Danny---rekan kerja Jane yang masih satu ruangan dengannya adalah korban kekejaman Tuan Reed.

Gaji yang tinggi. Tidak ada alasan lain bagi setiap karyawan termasuk Jane untuk tetap bertahan di perusahaan milik Tuan Reed selain alasan uang. Sekejam apa pun bos mereka, mereka lebih memilih untuk bertahan tanpa berbuat kesalahan sekecil apa pun. Di sinilah, seorang yatim-piatu seperti Jane Fisher membuat aturan bagi dirinya sendiri untuk tetap bertahan di perusahaan ini.

Pertama, bekerja dengan giat.
Kedua, jangan membuat masalah dengan siapa pun.
Ketiga--dan yang paling penting--, jauhi ruang kerja direktur utama.
(Contract Partner, Hal. 5)

Lalu, apakah Jane bisa bertahan di perusahaan tersebut? Nggak juga! Karena ternyata, Tuan Coleman---tangan kanannya Tuan Reed di perusahaan selalu mengandalkan Jane untuk mengerjakan beberapa tugas perusahaan yang teramat penting dan rahasia. Iya, sekali pun itu bukan tugas Jane. Alasannya sederhana, Jane adalah satu-satunya karyawan di perusahaan Tuan Reed yang jujur tanpa pernah membocorkan informasi apa pun mengenai perusahaan. 

Terus, udah gitu konfliknya apa, sih? Gitu doang? Muehehehehe, nggak lah. Konflik sesungguhnya baru benar-benar terjadi saat Tuan Reed alias Julian secara tiba-tiba menyerahkan sebuah amplop cokelat berisi KONTRAK PERNIKAHAN! Kamu pernah terbayang nggak sih, tiba-tiba aja bos kamu ngajakin nikah padahal ngobrol aja kagak pernah? Nah, inilah yang dialami Jane Fisher.

Tuan Reed hanya memberikan waktu satu minggu kepada Jane untuk memberikan jawabannya. Selama satu minggu itu ada banyak hal yang terjadi, mulai dari terungkapkan beberapa hal tentang masa lalu Julian Reed sampai hubungan keduanya yang mulai 'panas'. Sayangnya, sampai hari pernikahan tiba, Jane nggak benar-benar tahu seperti apa perasaan Julian Reed kepadanya. Pernikahan mereka menjadi hal yang justru membuat Jane Fisher semakin bimbang. Haruskah ia mengajukan perceraian?

Ini review saya berasa nge-spoiler, dah. Hahahaha. Maafkaaaan, saking bersemangatnya nyeritain isi buku Contract Partner, nih. Gimana kesan pertama saya saat membaca kisah Julian dan Jane ini?  

INI BUKU TERJEMAHAN DARI LUAR NEGERI, YA?

Awalnya nggak berekspektasi gimana-gimana, sih. Maksudnya, buku ini hanya menarik---pada awalnya, tepatnya saat pertama kali saya lihat postingan instagram Twigora yang lagi nyari host blog tour untuk Contract Partner. Begitu bukunya sampai, dan saya mulai baca halaman satu-dua-tiga.... saya balik lagi ke cover depan dan bergumam.... Ini yang nulis orang Indo bukan, sih? Karena penasaran sama penulisnya, saya langsung loncat ke halaman belakang untuk lihat profil penulisnya.

Jrreeeenggg! Jrreeenggg! Memang penulis Indonesia, sodarah-sodarah. Saking penasarannya, saya pun melipir dulu ke Wattpad untuk ngintip akunnya @missmathrange dan ternyata naskah Contract Partner versi Wattpad-nya masih di-publish. Honestly, saya kagum sama Mrs. Marthrange setelah tahu kalau ia seorang Arsitek dan Desainer Interior yang punya seabrek kerjaan tapi masih bisa produktif nulis di sela-sela waktu istirahatnya. Cool banget!

Alur cerita Contract Partner enak banget untuk diikuti dan yang selalu terlintas di otak saya setiap menikmati alur ceritanya adalah visualisasi bule-bule Amrik kayak di film-film drama Hollywood macem The Resident (film drama Hollywood di channel Fox Life). *Btw, saya jarang nonton film Hollywood sih, masih demennya nonton Oppa Korea, wakakaka

Satu hal lagi yang jadi perhatian saya dari novel Contract Partner adalah menyajikan adegan dewasa dengan cara elegan. Cara elegan ini maksudnya saya, penulis nggak menggunakan kata-kata yang terlampau vulgar dan adegan dewasa ini---saya yakin cuma bumbunya aja. Porsinya pas, nggak bikin enek apalagi ilfeel. Saya lebih menyarankan lagi, buku ini dibaca sama kamu yang udah nikah atau yang usianya udah cukup, ya.

Tentunya, kamu bisa ceki-ceki Wattpad-nya Mrs. Mathrange kalau penasaran banget sama kisahnya Julian&Jane. Tapi saya lebih menyarankan untuk baca versi cetaknya. Mengapa?

Layout cover dan bukunya cantik banget! Saya pribadi suka banget dengan kesan metropolitan yang ditampilkan melalui layout cover dan bukunya Contract Partner ini. Sementara kalau di Wattpad, yang layout-nya nggak kayak di buku cetak, ya, paling ada gambar-gambarnya aja. *Ya, iyalaaah gimana sih, sis, hahaha

Selanjutnya, pemilihan bahasa dan penyusunan kalimat yang rapi sampai-sampai saya merasa ini kayak novel terjemahan yang ditulis sama orang luar negeri. Bukan berarti penulis dalam negeri nggak bagus, ya, tapi saya lebih menekankan kepada rangkaian kata dan kalimat yang disusun dalam Contract Partner versi cetak ini sangat lebih baik dibandingkan dengan versi Wattpadnya. Penulisnya sukses bikin Contract Partner versi cetak jadi lebih baik.

Begitu pun dengan penggunaan tanda baca dan ejaannya, Contract Partner versi cetak sangat lebih nyaman dibaca meskipun saya masih menemukan typo dibeberapa halaman. Typo-nya nggak berat-berat dan nggak mengganggu alur cerita, sih. Contohnya typo atau kesalahan kayak gini:

"...tapi aku mencintai mereka. Mereka ada-lah rumahku." (Hal. 65)

 "Jane kembali kikuk dan segera segera menjauhkan tubunya." (Hal. 91)

"Setelah melalui bebe- rapa tes keterampilan, ia berhasil..." (Hal. 241) 

"Ia teramat kecewa dengan se-mua perkataan suaminya." (Hal. 256)

"Nafasnya masih terengah-engah." (Hal. 304)

Intinya, saya lebih suka dengan Contract Partner versi cetak ini meskipun belum sempat selesai baca Contract Partner versi Wattpad-nya, sih. Tapi udah kadung kepincut sama yang versi cetak ini.
 
Selain itu, karater Jane Fisher sebagai tokoh utama perempuan nempel banget di otak saya. Berhubung latar belakang yang diambil adalah kehidupan orang luar negeri berikut tentang budayanya mereka dalam sebuah hubungan pria dan wanita, Jane ini diceritakan punya self defense yang secara otomatis ngegampar cowok yang akan menyentuh tubuhnya.

Yep, adegan itu terjadi sesaat setelah pemberkatan dan keduanya dinyatakan sebagai suami-istri. Saat sesi ciuman, tangan Jane secara otomatis mendarat di pipi Julian---suaminya padahal saat itu ada ratusan pasang mata yang sedang menyaksikan pernikahan mereka. Ini lucu banget, sih. Hahaha.

Sejujurnya, untuk karakter Julian ini masih berasa samaaaar.... Karena sampai halaman terakhir, penulisnya malahan ngobok-ngobok hati pembaca baper kayak saya, sih. Saya sampai melipir lagi ke akun Wattpad-nya Mrs. Mathrange untuk memastikan dan mendapatkan jawaban yang bikin saya penasaran, ternyata di versi Wattpad-nya pun sama tapi saya dapet pencerahan dan nggak jadi ngedumel sama penulisnya. Kenapa?

Akhirnya, saya menemukan hal yang tadinya bikin penasaran dan nggak terjawab di novel Contract Partner versi cetak. 

Asli, deh, saya yakin kalau kamu bakalan ngomel-ngomel saat sampai di bagian akhir novel ini. Tapi saya baik hati nih, ngasih tahu kamu.... hal-hal yang masih terjadi di akhir cerita dan masih terasa samar, akan terjawab melalui akun Wattpad Mrs. Mathrange. Kamu cek aja bagian akhir dari cerita Contract Partner versi Wattpad-nya, di sana kamu akan menemukan petunjuk selanjutnya, muehehehhe.

Quotes

"Ada hal lain yang lebih penting untuk dibicarakan dibanding menebak siapa yang akan dipecat selanjutnya, yaitu bagaimana cara untuk tetap bertahan di perusahaan itu." (Hal. 5)

"Terkadang Tuhan memberi sedikit 'petunjuk' terhadap pengikutnya untuk menentukan piihan yang akan menjadi takdirnya." (Hal. 77)

"Aku hanya perlu membuatnya jatuh cinta padaku." (Hal. 216)

"Ia kembali, kembali dari wanita putus asa karena cinta, bangkit menjadi seorang wanita kuat." (Hal. 217)

Rating

Cover : 4.5/5
Theme : 4.3/5
Characters : 4.3/5
Plot : 4.5/5
POV : 4.4/5

Rating Contract Partner: 4.4/5

Ikuti terus blog tour novel Contract Partner ini sampai tanggal 27 Juli 2018 bersama host lainnya di blog kece-kece ini, ya! Selamat menikmati dan berburu giveaway-nya! Yeaah!



***

Tantangan Host Blog Tour


Kedua kalinya saya jadi host blog tour di Twigora, dan seperti biasa host-nya dapet tantangan untuk photo challenge. Baiklah, tantangannya adalah host foto bareng novel Contract Partner. Ini tadinya mau outdoor gitu fotonya, tapi kagak ada yang bisa fotoin. Alhasil, background-nya tempok ruang tamu aja, deh, wkwk. 

Tolong, fokus sama novel Contract Partner dan cincin di tangan saya aja, Hahahaha

Simak juga wawancara saya dengan Mrs. Mathrange di sini (langsung klik aja)

Ini yang paling ditunggu-tunggu : GIVEAWAY! Yap, ada satu eksemplar buku Contract Partner yang dibagikan secara gratis dari Twigora! Tapi besok, ya... Hanya di blog dan instagram @aginpoespa. See you tomorrow, guys!


Photo Challenge. Accepted.

***
 

You May Also Like

3 komentar

  1. "Kamu cek aja bagian akhir dari cerita Contract Partner versi Wattpad-nya, di sana kamu akan menemukan petunjuk selanjutnya."
    .
    .
    Padahal aku baru mulai baca yang di Wattpad, kan jadi pengen langsung ke akhir cerita aja ini jadinya 😂

    ReplyDelete



  2. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Hebat orang yang suka bedah buku. Bukan hanya isi, namun gaya bahasanya pun dicermati. Buku setebal apapun dijabanin untuk dibaca. Review buku sangat membantu mereka yang pengin memiliki buku untuk lebih tahu previewnya terlebih dahulu. Reviewer seperti admin blog ini memang esensial banget Salam kenal ya, namaku walidin dan jangan sungkan main ke blogku

    ReplyDelete

©