#GAMELEVEL11: Pentingnya Pendidikan Seksualitas dalan Mendidik Anak Review Kelompok 6 (Day 5-Bunsay Pranikah #3)

by - 9:08 PM


Malam ini mari kita me-review hasil diskusi dan presentasi dari kelompok 6 tentang Pentingnya Pendidikan Seksualitas dalan Mendidik Anak. Bagaimana hasil reviewnya?

Review Materi Kelompok 6

Anak terlahir dengan fitrah yang sudah Allah titipkan dalam dirinya. Orangtua yang memiliki peranan dalam membangkitkan fitrah sang anak sampai berkembang optimal sesuai usianya.  Lalu yang berhubungan dengan fitrah seksual pun demikian. Orangtua punya peranan penting untuk menyampaikan fitrah seksualitas.

Beda usia anak, beda pula penyampaian sex education-nya. Sejak dini, anak wajib dikenalkan dengan organ vital dan tumbuhkan rasa malu dalam dirinya agar ia mampu menjaga pandangannya. Selain orangtua yang punya peranan penting dalam proses pendidikan ini, lingkungan tempat anak tinggal pun turut menjadi perhatian yang tidak boleh diabaikan.

Memberikan pemahaman secara jelas tentang apa yang boleh atau tidak boleh dan memperkuat pendidikan spiritual adalah solusi untuk menumbuhkan kesadaran anak saat ia dihadapkan pada hal-hal yang menjurus ke arah seksual. Poin pentingnya, anak sangat butuh kehadiran dan perhatian orangtuanya dalam setiap tahap pertumbuhannya.

Insight dari Materi Kelompok 6

Selama menjalani tantangan level 11 ini saya makin banyak merenung tentang sudah sejauh mana persiapan saya untuk menjadi Ibu di masa depan? sudahkah saya paham tentang segala aspek yang dibutuhkan dalam mendidik anak? sekaligus ketakutan saya jika kelak di masa depan keluarga saya mengalami hal-hal yang kurang enak seperti anak yang terpapar porn misalnya.

Melihat fenomena yang mengerikan saat ini, rasanya ada perasaan was-was jika memiliki anak. Khawatir anak akan terjerumus ke lubang hitam yang amat pekat. Lewat tantangan ini saya seolah makin digebrak untuk benar-benar serius mempersiapkan diri menjadi seorang Ibu. Saya yakin, para galibu di Bunsay Pranikah juga sama, kan?

Bandung,  250918

You May Also Like

0 komentar

©