Deep Cleaning Mesin Cuci Dua Tabung: “Coba Inget-inget Kapan Terakhir Bebersih Mesin Cuci, Bu?”

by - 2:54 PM


Hari terakhir long weekend diisi dengan bebersih mesih cuci. Loh, mesin cuci memangnya harus dibersihin? Memang harus. 

Kebayang gak sih mesin cuci dipakai seminggu dua kali bahkan sampai lima kali dan bertahun-tahun gak pernah dibersihin. Yakin, gak ada kotoran yang nyangkut?

Idealnya, pembersihan mesin cuci dengan bukaan atas bisa dilakukan setiap enam bulan sekali agar tidak ada penumpukan kotoran, sisa deterjen, jamur, ataupun endapan mineral dari air yang digunakan. 

Kebayang gak, sih, kalau kondisi mesin cuci udah menahun dan belum pernah ‘deep cleaning’ terus kita gunakan berulang kali untuk mencuci baju? Bisa-bisa, bukannya baju jadi bersih malahan menumpuk kotoran tanpa kita sadari.


Kenapa Mesin Cuci Perlu Dibersihkan, Sih?

Dilansir laman Kompas, ada beberapa alasan kenapa kita perlu membersihkan mesin cuci, diantaranya:

1. Membersihkan Mesin Cuci Berarti Membunuh Kuman Berbahaya

Mesin cuci memang dapat membersihkan pakaian, namun tidak mensterilkannya sehingga kuman bisa masuk ke dalam mesin cuci dan menempel pada pakaian yang dicuci.

Bisa saja penyebab dari ruam, alergi, iritasi, bahkan infeksi kulit yang terjadi bersumber dari mesin cuci yang sudah lama tidak dibersihkan.

Membersihkan mesin cuci adalah cara untuk menghilangkan dan membunuh kuman berbahaya tersebut.


2. Menghilangkan Kotoran, Residu dan Bau yang Mengendap di Dalam Mesin Cuci

Mungkin kita bisa berasumsi jika mesin cuci yang kita gunakan setiap hari selalu terlihat bersih, begitupun air yang kita gunakan masih jernih sehingga mesin cuci tidak perlu dibersihkan.

Namun perlu diingat juga, kita selalu memasukan pakaian yang kotor dan penuh keringat ke dalam mesin cuci, serta deterjen yang walaupun larut dalam air, tidak menutup kemungkinan meninggalkan endapan dalam mesin cuci.

Belum lagi jamur yang bisa tumbuh subur di lingkungan yang lembap, gelap, dan hangat. Maka kita perlu ‘deep cleaning’ mesin cuci secara teratur agar pakaian yang kita sekeluarga kenakan benar-benar bersih.


3. Menjaga Mesin Cuci agar Tetap Awet selama Bertahun-tahun

Membersihkan mesin cuci secara berkala ternyata dapat memperpanjang umur mesin cucinya. Dengan membersihkan mesin cuci, tentunya kita mengurangi atau bahkan menghilangkan penumpukan kotoran di dalam mesin cuci.

Tentunya, Ibuk-ibuk pengen mesin cuci tetep awet, khaan? Apalagi kalau mesin cucinya masih terhitung baru. Makanya, yuuk, mulai rajin nge-jadwalin buat deep cleaning mesin cucinya.


Gimana Caranya Deep Cleaning Mesin Cuci?

Foto ini diambil saat deep cleaning pertama kali di bulan Agustus 2023

Jujurly, saya termasuk ibuk-ibuk mageran juga, apalagi umur mesin cuci saya baru dua tahun pemakaian. Saya pun mencuci baju dua sampai tiga kali seminggu, seringnya sih seminggu dua kali kecuali kalau mas suami gak ada jadwal ngantor mungkin bisa seminggu 4 kali. 

Mesin cuci dua tabung merek LG (hasil hadiah nikahan dari keluarga terdekat) ini tentu masih terlihat mulus dan bersih, dong. Tapi ternyata.. saat saya bersihkan… Huahahaha, kok banyak kotoran yang memunculkan dirinya dari sela-sela mesin cuci.

Emang deep cleaning mesin cuci gak ribet, ya? Jujur aja, engga. Karena sekarang kan ada deterjen khusus mesin cuci yang tinggal tuang ke mesin cuci, tunggu beberapa lama, dan jadilah mesin cuci kembali kinclong.

Mesin cuci yang sudah bersih, aslinya lebih kinclong dari foto

Saya baru dua kali deep cleaning mesin cuci pake deterjen khusus ini. Saya pake yang mereknya Allkleen Washing Machine Cleaner. Satu toples ini beratnya 500gr harganya Rp48.000-50.000 di Shopee. 

Cara membersihkannya pun cukup praktis, hanya saja kita memang harus meluangkan waktu agar proses pencuciannya tidak terburu-buru dan benar-benar bersih. 

Untuk mesin cuci top load atau bukaan atas (khususnya mesin cuci dua tabung), cara membersihkannya, yaitu:

  • Tuang Allkleen detergen pembersih mesin cuci ke dalam tabung cucian. 
  • Jalankan mesin cuci selama 10 menit, kemudian rendam tabung cucian selama 1-2 jam.
  • Lanjutkan lagi proses pencucian dengan memutar mesin cuci seperti sedang mencuci baju. Setelah itu, buang airnya (ini pasti udah kotor banget deh).
  • Ulangi proses pencucian dengan hanya air bersih saja dengan pilihan clean tub atau quick wash selama 15-30 menit untuk membersihkan sisa sisa kotoran yang tidak terbuang di pencucian pertama. Ulangi proses ini sampai air buangan sudah bersih dari sisa kotoran.

Sedangkan untuk mesin front load atau bukaan depan, cara mencucinya, yaitu:

  • Tuang Allkleen detergen pembersih mesin cuci kedalam tabung cucian.
  • Jalankan mesin cuci dengan opsi clean tub (bila ada) atau opsi cucian dengan waktu yang paling lama hingga selesai.
  • Ulangi proses pencucian dengan hanya air bersih saja dengan pilihan clean tub atau quick wash selama 15-30 menit untuk membersihkan sisa sisa kotoran yang tidak terbuang di pencucian pertama. Ulangi proses ini sampai air buangan sudah bersih dari sisa kotoran.
  • Lap karet dan kaca dengan kain.

Ini dia si 'bubuk ajaib' buat bantu bebersih mesin cuci di rumah

Pertama kali deep cleaning mesin cuci di bulan Agustus 2023 dan hasilnya cukup tercengang ternyata mesin cuci saya sekotor itu (padahal baru setahun pemakaian). 

Nah, bulan Mei 2024 ini baru tergerak lagi buat nyuci mesin cuci, hasilnya juga sama, kotoran mesin cuci memunculkan juga keberadaannya. 

Meskipun saya gak bisa memastikan 100% kotoran di mesin cuci saya udah terhempas semua (karena gak sambil bongkar-bongkar komponen mesin cucinya), setidaknya mesin cuci saya jadi lebih bersih sekarang.

Kalau Ibuk-ibuk belum pernah deep cleaning mesin cucinya, coba deh kumpulkan niat dan tekad. Yakinkan hatimu bahwa ini demi kesehatan keluarga. Selamat mencoba~

You May Also Like

0 komentar

©