Clash of Champions by Ruang Guru : Game Show Indonesia Viral di Tahun 2024

by - 10:07 AM


Sejak sebelum game show ini tayang, nyaris beberapa kali teaser yang berisi para cast-nya muncul di For Your Page (FYP) akun TikTok saya. Awalnya gak begitu tertarik dengan yang berseliweran itu. Kayaak, ada anak-anak kuliahan terus mau ngapain, ya? Tapi gak sampai nyari tahu banyak karena... oh yaudaaah..

Beberapa hari sebelum episode pertamanya tayang di YouTube Ruang Guru, postingan tentang acara Clash of Champions (CoC) ini makin bertaburan tuh. Sambil nunggu cucian masuk mesin pengering, isenglah ceki-ceki lebih jauh tentang CoC.

Oh.. ternyata ini tuh semacam acara game show atau kompetisi antar mahasiswa berprestasi dari berbagai kampus di Indonesia dan mahasiswa Indonesia yang sedang berkuliah di berbagai kampus luar negeri ternama. Total jumlah peserta CoC ini 50 orang dengan formasi 40 orang mahasiswa dalam negeri dan 10 orang mahasiswa luar negeri.

40 mahasiswa dalam negeri dari berbagai jurusan

Saat melihat para cast-nya, saya berdecak kagum sih. Gilaaa, keren-keren amat ini dedek gemess! Karena, ya, mereka tuh gak cuma punya IPK yang nyaris sempurna aja tapi mayoritasnya punya berbagai macam prestasi dan kegiatan keren lainnya yang bikin kita geleng-geleng kepala.

Acara CoC ini diselenggarakan oleh Ruang Guru--start up yang bergerak di bidang pendidikan. Para pesertanya akan saling beradu kecepatan untuk memecahkan berbagai tantangan yang menguji kecepatan berpikir, logika, memori, dan ketahanan terhadap stres.

Banyak yang bilang, CoC ini mirip dengan game show University War dari Korea Selatan yang tayang di platform Coupang Play sejak 3 November 2023 lalu. Saya sendiri belum pernah nonton University War, ya, jadi gak tahu seberapa mirip nih Clash of Champions sama University War.

 

10 mahasiswa dari luar negeri


Cryptarithm: Istilah yang Asing dan Jadi Viral 

Memasuki episode 4, muncul permainan dengan istilah cryptarithm yang menjadi team challenge. Game yang satu ini mendadak jadi viral karena publik baru tahu ada istilah cryptarithm dan publik semakin geger dengan penyataan Sandy--salah satu peserta Coc, yang bilang kalau dia dan Axel--teammattenya sudah sangat familiar dengan cryptarithm sejak SD.

Waaaw, ini Sandy dan Axel sekolah di mana? Kok, sejak SD udah dapet pelajaran matematika yang namanya cryptarithm, wkwk. Jadi ternyata, cryptarithm adalah jenis teka-teki aritmatika, dimana angka-angka dalam suatu operasi matematika (seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian) diganti dengan huruf atau simbol tertentu. 

Axel menjawab pertanyaan Cryptarithm

Pengerjaan soal-soal cryptarithm ini membutuhkan keterampilan dalam menganalisis soal dan logika. Poin pentingnya lagi, soal-soalnya punya trik tertentu dalam pengerjaannya. Jadi, gak heran lagi lah kenapa Sandy dan Axel cuma butuh 1-3 detik aja buat mengerjakan soal-soal ini, yaa... karena mereka udah familiar dan tahu bagaimana mengerjakannya.

Salut bangeet sih sama Sandy dan Axel, bikin kita semua ketar-ketir deh, wkwk. Makanya, udah gak heran juga kalau tim-nya Sandy langsung lolos ke tantangan berikutnya dengan waktu yang singkat banget.


Maxwell dan Sandy Jadi Trending Topik Media Sosial

Kalau kita buka X atau TikTok, nama Maxwell dan Sandy sering jadi perbincangan netizen. Sandy--mahasiswa NUS ini- tentu banyak dibicarakan karena kecerdasannya dalam menyelesaikan berbagai tantangan di Coc dan ternyata dia adalah fanboy beberapa girlband Korea. 

Sandy pun gak malu-malu menunjukkan jati dirinya sebagai fanboy yang hafal berbagai gerakan koreo dari lagu-lagu para idol tersebut. Jadi fans-nya Sandy makin banyak dong, ya, apalagi dia rutin melakukan live streaming melalui akun TikTok pribadinya.

Gak kalah dari Sandy, rupanya Maxwell--mahasiswa kedokteran dari UNAIR pun gak kalah populernya. Meskipun Maxwell sudah tereliminasi di episode 3, namun aura chindo medok nan kocak ini lagi-lagi menyita perhatian netizen.

Tim Maxwell atau Sandy, nih?

Pembawaannya yang sering misuh-misuh di live streaming akun TikTok-nya, bikin orang-orang makin nge-fans sama Maxwell. Tapi, tenang aja... Rupanya di episode 5 ada Revival Challenge, kita akan melihat kembali Maxwell, Xaviera, Shakira, dan teman-teman CoC lainnya yang sudah tereliminasi di episode sebelumnya.

Sampai saat ini kita bisa menonton game show-nya masih berlangsung dan bisa kita saksikan Clash of Champions secara gratis di Aplikasi Ruang Guru setiap Jumat jam 18:30 WIB dan YouTube Ruang Guru setiap Sabtu jam 18:30 WIB. Episode terbaru tiap minggunya tayang lebih awal di aplikasi Ruang Guru.

Clash of Champions ini pilihan hiburan di akhir pekan yang bisa kita nikmati dan bahas bareng sama anak-anak. Siapa yang gak sabar nunggu episode berikutnya?

You May Also Like

0 komentar

©