Iseng-iseng Ikutan Blog Challenge Berujung Hoki (Pengalaman Ikutan Ramadan Blog Challenge 2024 dari Blogger Perempuan Network)

by - 7:55 AM


Tahun 2024 ini bener-bener jadi tahun yang seru. Seru karena sejak akhir tahun 2023 saya bertekad untuk kembali mendaftar Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) agar bisa mengikuti challenge-nya menulis selama satu tahun penuh dan di akhir tahun akan ada skripsi atau tugas akhir yang akan menentukan kelulusan challenge di KLIP.

Challenge-nya gak setiap hari banget, kok. Minimal tiap bulan bisa posting 10 tulisan (bisa di google doc, media sosial, atau blog/website) dengan jumlah kata tertentu sekitar 300-500 kata. Boleh bolos tiga bulan tapi gak boleh berturut-turut. Inti dari challenge-nya ini tuh untuk melatih konsistensi kita dalam menulis.

Singkat cerita, alhamdulillah-nya, saya masih lanjut tuh lolos tiap bulannya karena memang menargetkan setiap bulan nulis 10 tulisan agar tetap bisa bertahan di KLIP sampai akhir tahun nanti. Niatnya memang gak pengen terlalu nge-push diri saya sendiri dan jadi gak enjoy menjalani challenge-nya.

Sumber: https://www.klip.web.id/

Tiap bulannya kami peserta KLIP itu akan dibagikan rapor dan untuk 99 orang terpilih akan mendapatkan undangan untuk masuk ke WAG KLIP. Saya agak lupa sih kapan akhirnya dapet undangan masuk WAG tuh, pokoknya sebelum bulan Ramadan tiba... beberapa member di WAG tersebut saling memberikan info tentang blog challenge yang sedang berlangsung.

Sekalian ikutan challenge KLIP, sambil ikutan challenge nulis lainnya. Saat itulah momen dimana saya mendapatkan info tentang Ramadan Blog Challenge 2024 yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network (BPN). Saya langsung aja kan yaa meluncur ke instagram @bloggerperempuan untuk mencari tahu lebih detail tentang challenge ini.


Sekali Mendayung, Dua Challenge Terlampaui

Sumber: https://bloggerperempuan.com/bpn-ramadan-blog-challenge-2024/

Challenge menulisnya cukup menantang nih. Kami harus posting tulisan di blog sebanyak 15 artikel selama bulan Ramadan. Tim BPN sudah menyediakan keyword-nya dan ada satu keyword tentang skincare yang punya ketentuan tertentu saat menulisnya. Pemilihan keyword-nya bebas gak perlu berurutan gitu, pokoknya masih di posting dalam waktu yang ditentukan.

Berhubung saya udah lama banget gak ikutan lomba-lomba blog gini, akhirnya saya cobalah untuk ikutan dengan niatan biar ada bahan tulisan agar bisa konsisten setoran di KLIP. Dalam proses menulisnya, saya pun memilih keyword dari yang paling menyenangkan atau mudah bagi saya. Saya pun nulisnya gak selalu setiap hari berurutan, kadang dua hari sekali baru posting.

Paling penting lagi, setelah selesai menulis sempatkan waktu untuk share tulisannya ke website Blogger Perempuan dan media sosial pribadi. Setiap mengikuti blog challenge pastikan untuk membaca dengan detail setiap ketentuannya agar tidak salah paham.

Kabar baiknya, event tahunan ini hampir selalu ada tiap tahunnya. Pantengin aja instagram dan website-nya BPN, ya. 


Ikutan Challenge Tanpa Ekspektasi Apapun

Sumber: instagram @bloggerperempuan


Challenge dari BPN selalu berhadiah, baik dalam bentuk uang maupun produk. Termasuk untuk Ramadan Blog Challenge 2024 ini, hadiahnya adalah:


Seluruh peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan akan mendapatkan merchandise eksklusif BPN, 50 peserta pertama akan mendapat produk dari partner, dan 5 peserta beruntung yang akan mendapatkan THR berupa uang tunai sebesar @250k.


Menarik banget, kan? Pada awalnya saya bener-bener gak melihat hadiahnya, sih. Beneran cuma pengen coba ikutan biar gak kebingungan saat nulis buat KLIP, wkwk. Setelah masa challenge berakhir, baru di sekitar bulan Mei pertengahan atau akhir, salah seorang dari member KLIP mention saya di WAG dan mengabari kalo saya dan mbak Reyne menjadi salah satu dari lima peserta yang menang.

Alhamdulilah, seneng banget sih... ini achievement yang gak terduga buat saya. Yang namanya ikutan lomba terus menang, rasanya tuuuh... seneng banget, ya, bersyukur. Jadilah, saya dapet THR sebesar Rp300.000 (entah kenapa jadi dapet 300k, alhamdulillah) yang ditransfer via Gopay seminggu setelah pengumuman pemenang.

Hadiah lainnya dari BPN yang baru nyampe hari Sabtu ke rumah

Sedangkan, merchandise-nya baru sampai Sabtu sore kemaren di rumah saya. Saya dapet satu jilbab pink dengan motif bunga-bunga yang cute banget dan satu face cream Advance Acne dari Theraskin. Untuk face creamnya, sepertinya akan cocok di wajah suami karena skin type dia memang kulit berminyak. Sementara kalo kulit saya tuh tipikal yang normal to dry.

Begitulah, cerita di balik keikutsertaan saya dalam challenge ini... semoga bisa menambah semangat menulis dan coba-coba lagi ikutan challenge blog lainnya.

Kalau ada yang pengen mampir baca-baca tulisan saya, bisa langsung aja mampir ke sini: 

 https://bloggerperempuan.com/author/aginpoespa/


You May Also Like

0 komentar

©