Barangkali Cinta?

by - 11:11 AM


Barangkali cinta
Jika ujung jemariku mengantar pesan yang menyebar ke seluruh sel kulitmu
dan  engkau memahamiku seketika
Kulitmu dan kulitku
Membalut dua tubuh yang berbeda
Namun berbagi bahasa yang serupa
[Dee-Barangkali Cinta]

Pertama baca buku MADRE karya Dewi Lestari (Dee), saya langsung buka halaman paling akhir dibuku ini. Disana tertulis prosa dengan judul Barangkali Cinta. Saya mulai tertarik untuk membaca lebih jauh. Setiap barisnya saya resapi dan nikmati, sampai pada lima baris akhir di prosa itu …

Pastilah cinta
Yang punya cukup daya, hasrat, kelihaian, kecerdasan dan kebijaksanaan
Untuk menghadirkan engkau, aku, ruang, waktu
Dan menjembatani semuanya
Demi memahami dirinya sendiri

Ya, apa yang saya alami Barangkali Cinta ... Namun saya takut mengakui Pastilah Cinta. Entah kenapa, (lagi) … mungkin saya hanya mampu melihatnya dari zona aman saya. Saya tidak ingin dipenuhi oleh harapan-harapan maupun impian semu. Cukup bagi saya terperosok amat dalam dengan hal yang bernama Cinta. Butuh waktu cukup lama untuk keluar dari lubang luka akibat hal tersebut. Dan saat ini saya telah-benar-benar-keluar dari lubang tersebut. Saya telah menghirup udara kebebasan.

Dan … Barangkali Cinta, dia hadir membuat saya kembali merasakan kegundahan. Apa yang bisa saya lakukan? Saya hanya seorang wanita …

Barangkali cinta
Jika tatap matamu membuka pintu menuju jiwa
dan aku dapati rumah yang kucari
Matamu dan mataku
 tersimpan dalam kelopak yang terpisah
Namun bertemu di jalan setapak yang searah

*kosan, 240113


You May Also Like

0 komentar

©