#KKM : Sampai Jumpa, Bandung

by - 12:24 PM

Aiih, minggu ini mendadak jadi serba melow-dramatic. Padahal cuma mau berangkat KKM (Kuliah-Kerjanyata-Mahasiswa) di daerah pelosok Subang. Beneran bikin bingung sendiri deh. Kawan-kawan, saya sekalian pamit ya ... mau menjalankan tugas sebagai mahasiswa yang berbakti dengan mengabdi ke masyarakat. Kebetulan saya ditempatkan di Desa Talagasari, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang. Saya belum tau persis tempatnya kaya gimana, dari cerita temen-temen yang udah survey, tempat ini cukup pelosok. Jauh dari keramaian, akses jalan turun-naik, masih belum diaspal, dan ngelewatin kebun kelapa sawit.

Saya bener-bener ga masalah sih sama tempat KKM-nya, yang jelas saya udah legowo mau ditempatin dimanapun asalkan bisa ikut berkontribusi untuk masyarakat daerah sana. Dan saya juga kepengennya ditempatin di daerah yang ndeso sih, biar lebih berasa KKM-nya. Dan ternyata terkabul ! Haha. Oke, oke, saya siap berjuang bersama kedelapan teman baru saya :).

Beruntung sekali, saya punya temen-temen baru di kelompok 181 ini. Dan yang lebih asik lagi, mereka dari jurusan yang berbeda-beda. Boleh saya perkenalkan? Yap ! Ketua kelompok kami namanya Leman dari jurusan PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah), ada Epon dan Ida dari Muamalah, Dini dari KPI (Komunikasi Penyiaran Islam), Jayanti dari PBI (Pendidikan Bahasa Inggris), Riswan (Ahwal Asy-syahsiyah), Mardi dari Kimia Sains, dan Tirta dari Manajemen.

Berkenalan dengan mereka semua adalah pengalaman baru, apalagi menjalani kehidupan sebulan kedepan di tempat asing, bersama orang asing pula. Tentunya harus tumbuh juga rasa kekeluargaan yaa. Haha. Saya sebisa mungkin menempatkan diri saya biar bisa sejalan dengan mereka semua. Saya lebih banyak berinteraksi dengan mereka, supaya lebih akrab. Tapi tetep membatasi diri juga sih, karena mereka juga punya privasi yang engga sembarangan orang bisa ganggu. Iyalah, saya sangat mengerti.

Oiya, selama sebulan kedepan juga saya mau ganti provider. Maklum, kartu miskin saya, miskin sinyal disana. Jadi saya harus beralih dulu nih. Mudah-mudahan tetep bisa akses internet juga. Udah jadi manusia modern rasanya sulit gitu jauh-jauh dari teknologi. Hahaha.

Lalu kenapa saya masih merasa melow-dramatic aja ya? Sebulan kedepan harus dibenerin nih hatinya, banyak banget penyakit yang bikin linglung. Jadi, sampai jumpa Bandung .... ! Saya mau hijrah dulu ke Subang. Mudah-mudahan pas balik lagi ke Bandung, segalanya jadi lebih baik. Amin.


You May Also Like

0 komentar

©