#KKM : Welcome at Talagasari, Serangpanjang, Subang

by - 6:30 AM


Haii ! Haii ! Halooo !
Kantor Desa
Traaaammmm, saya baru aja nyampe di Dusun 2 Desa Talagasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Yap, yang sangat kebetulannya saya ada di daerah yang cukup terpencil. Iya, pasarnya cuma ada satu dan itupun di Kecamatan tetangga, Kecamatan Sagalaherang. Akses dari satu dusun ke dusun lain lumayan jauh, begitupun dari Dusun 2 –tempat saya mengabdi- menuju Desa harus ditempuh pake jalan kaki. Iya, pake jalan kaki karena kami ga punya transportasi nih. Belum lagi akses jalannya yang masih sangat ‘bagus’, Hahaha. Jalan yang masih belum rata plus ngelewatin kebun kelapa sawit. Yap ! tempat yang terpencil, kami bener-bener ga bisa kabur deeh. Hahaha.

Saya sangat menikmati perjalanan KKM ini, mulanya agak ragu, entah kenapa, tapi setelah melihat perjalanan yang turun-naik, engga rata, belokan tajam dan naik mobil bunting. Ini bener-bener luaar biasaa !!! Semangat saya kembali tersulut, Haha. Meskipun lelah sekali karena dari bandung star jam 01.00 WIB, dan sampai kecamatan Serangpanjang jam 03.30 WIB. Nunggu jemputan dari Desa sampai jam 06.00 WIB. Dan yeaah, kami dijemput pake mobil buntung dengan perjalanan offroad, sangat menantang !

Perjalanan menuju lokasi KKM
Meskipun -pasca sampai- di Dusun, dan keluarga Dini (temen kkm saya) pamit buat pulang, Dini terus aja berurai air mata karena ini pertama kalinya dia jauh dari orangtuanya.  Jadi agak berat juga ngelepasin orangtuanya, begitupun dengan orangtuanya yang berat buat ngelepasin Dini. Dia sempat minta maaf sama kami semua karena sifatnya yang demikian. Saya sih, sangat memaklumi mungkin dia belum terbiasa untuk berada dijarak yang cukup jauh dengan orangtuanya, sementara kedelapan lainnya telah terbiasa dengan jarak seperti ini.

Malam Pertama
Malam pertama di Kiarakoneng I alias Dusun 2, Desa Talagasari diawali dengan penyambutan dari Ketua RK (Ketua Dusun), Ketua RT tempat tinggal kelompok kami, Ketua Karang Taruna beserta jajarannya, Penasehat Keagamaan, beserta warga sekitar yang menyempatkan waktunya untuk datang ke posko kami di rumah Pa Ucok. Sambutan sangat hangat, masyarakat sangat menerima kehadiran kami. Terlebih lagi, Desa ini memang tidak asing lagi menerima mahasiswa KKM sejak tahun 1994.
Pertemuan Pertama dengan Warga Dusun 2
Kampus saya pertamakalinya datang ke tempat ini. Beruntung sekali saya menjadi salah satunya yang merasakan perjalanan luar biasa dan berada di tempat yang cukup terpencil serta jauh kesana-kemari. Ckckck. Dan, malam pertama pula, kami sembilan orang yang tidak saling mengenal sebelumnya tinggal bersama di satu rumah selama sebulan. Bagaimana cerita kami? Sampai jumpa ditulisan selanjutnya …. 

-Talagasari, 270214-

You May Also Like

0 komentar

©