#Nyekripsi : Proses, Semangat dan Sidang Skripsi

by - 5:17 AM




Wuaalaaaa! Selamaat pagi maaniis !
Hari ini tanggal 22 Desember looh, iya… hari Ibu kan? Nanti saya posting tulisan tentang Hari Ibu juga deng, karena kan saya mah anti-mainstream, jadi posting dulu tulisan ini baru tulisan tentang tema yang lagi ngehitz hari ini. Hihi.

Oke, begini ceritanya… Sejak saya lulus kuliah, saya diminta sama beberapa temen buat jadi dosen pembimbing (singkat: dospem) mereka *Uhuuk, gaya lo*. Eh bukan dospem kali ya, mungkin lebih ke kategori temen sharing/diskusi tentang skripsi mereka. Sampai saat ini saya udah ngebantuin ya, sekitar tiga orang temenlah.

Bantuan saya meliputi tempat diskusi mereka, menawarkan solusi yang berhubungan sama teori dan indikator penelitian, dan data statistik. Berhubung spesialisasi saya emang di kuantitatif *dikata dokter apa, pake spesialilasi segalaa. Haha*. Oke, bukan spesialisasi deh.. Saya lebih paham tentang penelitian kuantitatif. Sementara untuk kualitatif, saya masih bisa dikit-dikit mah. Tapi lebih bisa ngejelasin kalo ditanya tentang kuantitatif. Jelasnya, kuantitatif buat jurusan Ilmu Komunikasi/ Jurnalistik yaa.
 
Tiga Orang Buronan Sidang Skripsi. Hahaha.
Saya punya murid bimbingaan *Biar keliatan kereeen. Haha* tiga orang, mereka adalah Irianti (aka Borin), Peri (Linker/Om Iteum) dan Yuda (aka Om Eungit). Borin dan Peri jenis penelitiannya kuantitatif, sedangkan Om Eungit penelitiannya kualitatif. Borin beberapa kali minta bantuan saya buat ngegodok BAB 1 dan angket penetiliannya, soalnya soalnya kalo di kuantitatif yang paling krusial adalah BAB 1 dan angket penelitian. Om Eungit juga sama, saya cuma bantuin dia di BAB 1 aja, bantuin nyari teori dan metode yang pas buat penelitiannya. Sementara Peri, saya hampir ngebantuin setiap aspek penting dalam penelitiannya *Tuuh kan, kurang baek gimana guee. Haha*.

Dan pada akhir bulan ini, tepat banget tanggal 31 Desember, dua dari mereka Insyaallah sidang skripsi. Yeaaay !!! Saya seneng bukan main deeh, mereka ngabarin mau sidang. Akhiirnyaa… Akhirrnyaaaa…. Huh! Borin yang pertama kali ngabarin kalo dia mau daftar sidang bulan ini. Perjuangan dia buat sidang juga ga gampang, sebenernya skripsi dia udah selesai sejak bulan Agustus, tapi gara-gara dospem-nya engga ngizinin. Alhasil, dia pending buat sidang. Terlebih lagi, bulan September-November dia jatuh sakit yang cukup parah. Tapi Alhamdulillah, pada Desember ini dia bisa sidang jugaa. Yeyeyeyyeyee!!! Saya bener-bener gembira sampe mau jingkraak-jingkraak. Haha. 

Naah, kalo Peri beda lagi… Harusnya sih dia bisa wisuda bulan September lalu, tapi gara-gara kebanyakan maen, skripsinya malah terbengkalai. *Ckckck* Saya juga ikut-ikutan dagdigdug bangeet, soalnya skripsi dia baru selesai di minggu pertama bulan Desember. Itupun kalo engga saya bantuin itungan statistiknya, ga tau kapan beresnya deeh.. At least, saya bener-bener continyu deh bantuin skripsi punya Peri mulai dari bikin indikator dan angket penelitiannya, ngedit skripsinya, sampai ngitung statistiknya *Yaelaah, Om Iteuum demi kamu ituuu! Iyaa, kamuu! Haha*. 
 
Yah, setidaknya nama saya (walaupun tak bergelar), tetep eksis di skripsi. You're welcome, Peri. :D
Minggu kedua bulan Desember, saya terus desek dia buat bimbingan sama dosen aslinya *Saya kan dosen abal-abal, Haha*. Alhamdulillah setelah beberapa kali revisi untuk bab 4 dan abstraksinya, akhirnya dia dapet acc untuk itu sidang bulan ini dari dosepem 2. Dia emang bejo kali yaa, dospem 1-nya juga langsung acc setelah sebelumnya ditanya dikit-dikit tentang skripsinya. Kecee deeeh !!! So, pada hari senin minggu ketiga bulan Desember yang merupakan hari terakhir pendaftaran, akhirnya dia bisa sidang bulan ini. Yeeeyy !!!!

Sayangnya, Om Eungit ga bisa sidang bulan ini *Huft, ikut sedih deeh* karena bab 3-nya baru selesai dan masih dalam koreksi dospemnya. Maklum deh, dospem 2-nya memang perfectsionist jadi rada-rada susah dapet acc. Semangaat teruus yak Om! Masih ada Februaarii, santeiii… Nanti dikirim bunga bangke pas wisuda bulan Maret 2015, Okee.. Okeee :p

Setelah melihat proses yang telah teman-teman saya lalui ini, saya semakin sadar.. bahwa keberhasilan dan kesuksesan itu memang berproses. Segala sesuatunya tidak ada yang instan, pasti selalu ada hambatan. Intinya, jangan mudah menyerah dan patah semangat ! Huhuuu, Selamat menempuh sidang akhiir Borin dan Peri… Insyaallah, lancar dan sukses. Lalalaeyeyyeyyeeye !

 
Any gift from Baduy (kecuali mawar putihnya, itu punya saya). Sering-sering bawain oleh-oleh ya, Thanks Om Iteum. Haha.
-Menuju tengah hari, 221214

You May Also Like

0 komentar

©