#Ngajar : Cuap-cuap : Edisi Cari Pelariaan!

by - 2:25 PM

Hoallaaaa.... Assalamualaikum :)

Duuh, duuh ... mendadak merasa bersalah gegara ga pernah buku-buka apalagi ngisi blog ini. Hufet, maap ya blog... Aku menduakanmu dengan kerjaan baru, pas lagi stres-stres-nya baru deh inget sama blog lagi. Bener-bener pelarian ini mah. Tapi saya beneran sibuk loh, sibuk maen sama jalan-jalan. #Ciee. Meskipun masih di Pulau Jawa tepatnya Jawa Barat, lumayanlah bisa kuliner-kulineran atau sekedar nyobain bioskopnya, misal... Hahaha

Oke, dua bulan kebelakang saya dikirim ke dua kota berbeda. Majalengka dan Bogor. Di Majalengka tepatnya Kadipaten, saya ikut pelatihan Metode Qiraati dan selama dua minggu disana akhirnya saya bisa lulus Qiraati dan dapet sertifikatnya. Alhamdulillah.. Jangan salah lohh... belajar Qiraati menguras jiwa-raga pokonya kalo belum nangis sesegukan jangan harap bisa lulus! Hahaha, engga deng boong. Itu mah saya-nya aja lagi mumet jadi yaa begituuh... -_-

Nah, kalo di bogor... Pelatihannya beda lagi, disana saya belajar tentang Basic Training Sekolah Alam. Mulai dari open mind sampai konsep pengajaran di Sekolah Alam. Yapp, ceritanya saya udah jadi guru atau di Sekolah Alam disebutnya Fasilitator Sekolah Alam Gaharu. Ciee, Ibu guru :). 

Kadang masih ragu sih sama jalan profesi yang sedang dijalani, tapi saya jadi inget kata-katanya Bu Loula Maretta (coba-coba cari google, namanya pasti muncul) "Jika Anda memutuskan untuk menjadi guru, jadilah guru yang bener-bener guru. Jangan asal ngajar doang,". Sedikitnya, agak tergugah sih... dan yang bikin lega adalah orangtua juga mendukung, apalagi Mamah saya, beliau mah bahagia banget anaknya milih jadi guru ketimbang wartawan. Hahaha. 

Daaaan... daaan.... bulan ini pun saya kembali dikirim ke Tanggerang Selatan buat pelatihan kurikulum dibimbing langsung sama Bu Loula -yang entah sampai kapaan-, katanya sih sekitar dua bulanan pelatihannya. Jadi, jangan tanya kapan saya pulang yaa.... Hahaha. Tapi pelatihan di Tanggerang bikin saya lebih aware kalo sistem pendidikan di Indonesia terutama kurukulumnya masih tumpang tindih dan engga jelas. Dari hasil pelatihan bareng Bu Loula dan resource dari buku-buku bule (punyanya Bu Loula), terlihatlah kesenjangan yang terjadi. 
Nah, ini kerjaan saya loh! Yang belum kelar-kelar juga -,-
Yang bisa saya simpulkan sih, kalo buku-buku bule lebih sistematis dan detail. Sedangkan buku-buku karya pemerintahan Indonesia kurang sistematis dan mendetail dari segi penyampaian materi kepada anak. Jadilah, saya yang kemampuan bahasa Inggrisnya sangat amat pas-pasan ini berusaha keras buat mencerna buku-buku bule yang tebelnya lumayaan. Dan harus segera saya terjemahkan kedalam lesson plan, dan dikombinasikan dengan kurikulum dinas. Dirasa-rasa, kayanya lebih gampang liputan, nulis berita, kirim ke pimred. Kalo bagus dipuji, kalo jelek langsung dimaki-maki. Sementara kalo salah ngajarin hasilnya akan terlihat pada anak-anak didik kita. Hufreeet, beban moral, broo!

Kiri : Buku Comprehensive Curriculum, Kanan: Buku Indonesia
Sempet sih, ngerasa iri sama temen-temen saya yang kerja di media-media terkenal, perusahaan keren, dan kuliah S2. Rasanya saya juga kepengen kaya mereka, kepengen mimpi-mimpi saya bisa terealisasi tapi kan ya segala sesuatu itu berproses toh? Dan wajib hukumnya untuk mensyukuri segala yang udah kita dapatkan sampai saat ini. Syukuri dan nikmati segala sesuatu yang sedang dijalani, jadi inget kata-katanya Keenan "Kadang kita harus lewat jalan berputar untuk menjadi diri sendiri". Aah, mari belajar bersyukur :)

Tanggerang, 200415
Ketika cuaca sedang hujan dan udara sekitar masih aja panas. Haha.




You May Also Like

0 komentar

©