#Ngajar : Tersesat di Jalan yang Benar

by - 9:00 PM



Hampir tiga minggu saya dan teman-teman terdampar di satu kota bernama Tanggerang Selatan. Sekedar berbagi pengalaman menarik nih… Saya dan teman-teman di Sekolah Alam Gaharu dikirim kesini bukan tanpa alasan, kami sedang diikutkan pelatihan Kesekolah-Alam-an sama Bu Loula Maretta salah seorang penggagas Sekolah Alam (#intermezzo: Sekolah Alam ini konseptornya Pa Lenda Novo dan Bu Loula Maretta, mereka sepasang kakak-adik).

Jangan salah loh, pelatihan sama Bu Loula harganyaa….. &%^*^*)#!@RR$. Udah deh, kalo orang biasa kaya saya mah engga bisa bayar. Hahaha. Saya bener-bener besyukur bisa berguru sekaligus berbagi pengalaman dengan Bu Loula. Mulai dari kisah idealis-nya dia dalam dunia pendidikan, pengalamannya yang berdarah-darah waktu ngumpulin resources teacher, sampai cerita-cerita unik seputar kehidupan pribadinya. Ini pengalaman luar biasa yang ga akan bisa terganti ! Terimakasih banyak Bu Ummi (Owner of Sekolah Alam Gaharu) :*

Bang Lendo bersama Bu Loula merumuskan konsep sekolah alam bersama-sama, sekolah alam pertama yang mereka dirikan adalah Sekolah Alam Ciganjur (yang sekarang berganti jadi Sekolah Alam Indonesia) karena ada beberapa konflik disana, akhirnya Bang Lendo dan Bu Loula melepas Sekolah Alam Ciganjur. Kemudian, keduannya mendirikan School Of Universe (SoU) yang akhirnya karena beberapa masalah Bu Loula keluar dan mulai membina Sekolah Alam Cikeas. 


Bareng Bu Loula (bawah dari kiri ke dua) dan Pa Baedowy (bawah dari kiri ketiga). Mereka orang-orang hebat looh. :)

Keahlian Bu Loula sebagai konsultan pendidikan memang engga bisa diragukan lagi. Beliau udah yang paling paling terbaik diantara yang paling paling baik! Suer deh, pemikirannya dia cerdas, pengalamannya inspired dan pribadinya yang supel bikin suasana selalu ceria. Meskipun memang konsekuensi belajar sama beliau adalah sampai berdarah-darah! Aselinya loh, saya dan ketiga temen saya sampe pulang jam dua belas malem beberapa hari ini karena ngerjain tugas dari beliau. Belum lagi kunjungan ke beberapa Sekolah Alam yang udah keren dan tempat recycle sampah. Widiiiih, jangan ditanya capenya kaya gimana.. Kalo kata Bu Loula mah, “capenya se-alaihumgambreeeng..” .

Tapi dari sana saya belajar banyak, bahwa orang-orang yang sukses hari ini adalah mereka yang telah berjuang mati-matian dan tetap konsisten dengan apa yang mereka perjuangkan. Aaah, keren sekali.. Saya bener-bener termotivasi dengan beliau. Jadi, engga ada lagi iri-irian sama temen-temen saya yang bisa kerja di media tv, radio, cetak atau perusahaan-perusahaan gede. Engga ada lagi alasan-alasan untuk engga konsisten sama apa yang lagi diperjuangkan saat ini. Saya udah punya atasan sebaik Bu Ummi, saya udah punya tempat mengabdi yang harus dibangunkan dari tidur panjangnya, dan saya udah punya temen-temen yang siap berjuang bersama sampai berdarah-darah meskipun harus jatuh dan terluka berkali-kali. Masih harus saya iri sama temen-temen se-kuliahan saya? NO WAY! Seperti yang selalu Bu Loula bilang, “Kita adalah para pejuang peradaban!”. Semoga hati, pikiran dan jiwa saya selalu di-istiqomah-kan dijalan ini, Rabb… Amiin.



Tanggerang Selatan, 270415
Disela-sela waktu rehat, sebelum aktifitas besok tiba :)

You May Also Like

0 komentar

©