Traveling To Jakarta #1 : Bis Primajasa Bandung-Jakarta

by - 8:59 AM

Selamaat Pagii !!!

Yeii, hari ini luaar biasa... Perasaan saya sangat exited! Yap, karena karenaaa... Hari ini... Untuk pertama kalinya saya berangkat ke luar kota dengan angkutan umum dan sendiri. *maklum laah yaa, kalau anak rumahan kek saya susah sekali bisa keluar rumah sendirian, Haha*

Oke, tujuan saya adalah Kota Jakarta. Setelah browsing kesana sini. Akhirnya saya menemukan bis yang cocok untuk tujuan saya. Yap, berhubung saya menuju Cililitan, saya langsung aja naik bis Primajasa jurusan Bandung-Jakarta (Cililitan) *di depan bis nya tertulis gitu* kemudian dibawah tulisan tersebut ada tempat tempat yang dilaluinya yaitu Cawang-UKI.

Nah, ada pengumuman nih tentang jam pemberangkatan. Mulai tanggal 23 Februari 2016, pemberangkatan pertama dari Pool Cililitan (karena pemberhentian terakhir bis ini adalah di Pool-nya yg berada di Cililitan) pukul 04.30 dan pemberangkatan terakhir pukul 21.45. Kemudian interval pemberangkatan setiap 45 menit.

Tiket Bis Primajasa

Tarif yang dipatok bis primajasa bandung-jakarta (kelas executive) IDR 75K. Memang lebih mahal dari bis bis lainnya siih.. Tapi sebanding dengan kenyamanan yang dirasakan. Yaah, sebagai penumpang yg baru pertama kali naik bis primajasa, saya merasa puas.

Saya berangkat dari terminal Leuwi Panjang, Bandung pukul 08.00 WIB *perasaan sih, sebelum jam 8, bis ini udah jalan*. Bisnya puter-puter dulu di sekitaran jalan peta *dan ga tau muter ke jalan mana lagi*, setelah puter-puter sekitar setengah jam akhirnya bis masuk ke tol *saya juga lupa bis ini masuk gerbang tol mana, saya engga begitu perhatiin*.

Bis Primajasa Bandung-Jakarta (Cililitan) ini lewatnya tol Cipularang, ketika sampai di Jakarta, bis ini lewat Cawang-UKI dan berhenti di Pool Cililitan. Kebetulan Pool-nya ini dekat halte busway BKN. Begitu turun dari tangga penyebrangan, langsung nemu Pool Primajasa deh. Di Pool-nya ini rame banget. menyaingi terminal bis pada umumnya.

Daleman Bis Primajasa
Sebenarnya ada empat jurusan bis yang berhenti di Pool ini, yaitu Bandung-Jakarta (Cililitan), Garut-Jakarta, Tasikmalaya-Jakarta dan Bandung-Lebak Bulus-Pool Cililitan. Tapi yang paling banyak armadanya tiga jurusan pertama yang saya sebutkan tadi. Bis-bis ini berangkat secara bergantian tiap 45 menit sekali. Selain itu, di Pool-nya juga berjejer jasa taksi Primajasa yang siap mengantarkan penumpang kemana pun tujuan mereka.

Uniknya dari Pool Cililitan ini, ada seorang pemandu bis yang tiap menitnya selalu koar-koar untuk menyambut bis yang datang maupun melepas bis yang pergi. Selain itu, pemandu yang suaranya menggelegar se-Pool Cililitan ini *karena dia pake microphone, haha* selalu menginfokan jadwal keberangkatan bis, nama supir dan kondektur yang membawa bis, sampai memberikan instruksi untuk menjaga keselamatan diri dan penumpangnya dengan tidak ugal-ugalan di jalan.

Fasilitas lain yang ada di Pool Cililitan ini adalah mushola, kamar mandi dan kantin. Alamat Pool Cililitan Primajasa terletak di Jalan Mayjen Sutoyo, Kramatjati, DKI Jakarta. Patokannya halte busway BKN. Dan kesan pertama naik bis Primajasa adalah nyaman. Bisnya bersih, supirnya juga engga ugal-ugalan, AC-nya juga berfungsi dengan baik. Naik bis primajasa recommended bangetlah. Engga kalah sama transportasi setingkat travel.

Baiklah, part 1 dari Traveling To Jakarta sampai disini dulu ya. Tulisan berikutnya, saya akan bahas tentang tempat-tempat yang saya kunjungi selama berada di Jakarta. Bye ^^

Jumat menuju siang, 260216


You May Also Like

0 komentar

©