NHW #6 : Ibu Manajer Andal Keluarga (Bandung, Batch #4)

by - 10:11 AM




Bye-bye holiday, welcome back to the real world !

Yeah, liburan pasca Idul Fitri sudah berakhir rupanya .... meskipun ... jadwal silaturahmi dan acara makan-makan masih aja padat merayap, wkwk. Mungkin, begitu pun yang terjadi di grup MIIP Bandung Batch #4 saat hari penyampaian materi ke-6 dari kelas Matrikulasi. Hanya sebagian kecil yang muncul ke permukaan saat materi dan sesi diskusi berlangsung *temasuk saya sendiri cuma jadi silent reader saat materi ke-6 berlangsung, maklum masih banyak acara ini-itu, Hahaha.


Kabar gembiranya, deadline untuk NHW #6 dimundurkan sampai hai Sabtu jam 16.00. Huhuhu, terima kasih teteh-teteh fasilitator yang sudah sangat mengeti, wkwk. Tapi, buat saya pribadi pantang hukumnya menunda-nunda ngerjain NHW *gayaanyaaa :p karena sejujurnya ada perasaan yang nggak tenang jika belum menuntaskan satu pekerjaan yang udah jadi kewajiban *halaaah.  

So, here I'm ... sejak subuh udah nongkrong depan laptop buat ngerjain Nice Homework #6. *Buibuuk, apa kabar NHW #6, nyaa? Yuk, mulai nyempetin waktu buat ngerjain, hehe.

Belajar Menjadi Manajer Keluarga yang Andal

Sebelum menjadi the real manager of family, saya merasa menjadi manager untuk diri sendiri kadang masih merasa kesulitan. Yap, berhubung saya memang belum berstatus sebagai istri dan ibu, maka saya akan menuliskan ragam aktivitas yang tekait dengan kegiatan saya sebagai individu. Sebenarnya, saya bukan orang yang disiplin-disiplin amet, sih. Terus, kok, bisa ngumpulin NHW tepat waktu?

Nah, itu diaaaa .... saya tuh bisa menjelma jadi disiplin kalau ada orang lain yang menentukan deadline. Sementara kalau menentukan deadline sendiri, saya masih sering melanggar dan .... banyak nyari alasan dengan mengerjakan hal lain yang tidak terkait dengan kegiatan yang seharusnya segera saya selesaikan. Ini jadi kebiasaan buruk yang agak sulit saya kendalikan -____-'.

So, lewat materi dan NHW #6 ini saya sangat berharap kebiasaan buruk saya secara bertahan bisa berkurang dan lebih disiplin lagi mengerjakan berbagai aktivitas yang seharusnya saya lakukan. Yap, harus optimis !



Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

  
  • Aktivitas penting :  
  1. Menulis draft novel dan cerpen, 
  2. Belajar bahasa Inggris,
  3. Membaca berbagai sumber tentang pendidikan dan parenting  
  •  Aktivitas tidak penting :
  1. Membuka berbagai media sosial di waktu yang seharusnya digunakan untuk melakukan aktivitas penting
  2. Browshing berbagai macam info yang tidak sesuai dengan niat awal berselancar di dunia maya
  3. Menunda aktivitas utama dengan mengerjakan aktivitas lain yang tidak ada hubungannya dengan aktivitas utama  


Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?
Biasanya (tanpa sadar) waktu habis untuk aktivitas yang tidak penting, terutama di poin nomor 1 dan 2.


Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras. 

Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time  misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut). 

Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda. Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan.  

Berikut ini jadwal harian rutin yang saya rencanakan, jika dalam seharian itu tidak ada kegiatan lain yang mengharuskan saya untuk keluar rumah. Rencananya mulai besok akan coba saya laksanakan. Semoga bisa konsisten selama seminggu ke depan. Yeay, semangat ! :D

No.
Waktu
Aktivitas
1
04.30-05.00
Bangun pagi, shalat subuh
2
05.01-06.30
Bersih-bersih kamar dan rumah
3
06.31-07.00
Sarapan
4
07.01-07.30
Mandi
5
07.31-08.30
Belajar Bahasa Inggris
6
08.31-09.00
Istirahat, Shalat Dhuha
7
09.01-11.30
Menulis draft novel/cerpen, melakukan riset untuk bahan cerita dalam novel/cerpen, atau Ikut Kelas Menulis Online
8
11.30-13.00
Istirahat, Shalat dzuhur, Makan Siang, Angkat Jemuran (boleh buka HP)
9
13.01-14.00
Membaca hal-hal yang berkaitan dengan Pendidikan dan Parenting
10
14.01-15.30
Mengerjakan pekerjaan Freelance atau Menulis bookreview di blog dan instagram
11
15.31-16.00
Shalat Ashar
12
16.00-18.00
Mengerjakan Pekerjaan Freelance atau menulis draft novel/cerpen
13
18.01-19.00
Mandi, Shalat Maghrib, Tilawah Al-Qur’an
14
19.01-19.30
Shalat Isya
15
19.31-21.30
Free Time (boleh buka HP, nonton tv, dan sebagainya)
16
21.31-22.00
Persiapan untuk tidur
17
22.01-04.30
Tidur

* Tiga aktivitas penting sengaja saya beri warna merah sebagai pengingat bahwa tiga aktivitas penting ini akan saya lakukan secara bertahap untuk menjadi rutinitas yang tidak boleh diabaikan.

 Bandung, 060717

You May Also Like

0 komentar

©