NHW #8 : Misi Hidup dan Produktivitas (Bandung, Batch #4)

by - 11:07 AM


Seamat pagi !

Rabu pagi agaknya jadi rutinitas saya untuk kembali merenung, terutama setelah dapet materi baru di hari selasa-nya. Oke, materi minggu kedelapan ini makin mengerucut dan mengarahkan saya untuk fokus meraih apa yang saya tuju dalam hidup ini, dimulai dari apa yang saya suka dan bisa. So, this is my answer of NHW #8 ....

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
 
Baiklah, saya cukup banyak menulis aktivitas yang saya suka dan bisa, jadi saya tuliskan tiga aktivitas yang paling saya suka dan bisa, yaitu membaca novel, menulis fiksi dan non-fiksi, mengajar.

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :

1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)

Sebenarnya, cukup banyak yang saya inginkan, hehe. Namun jika harus selaras sesuai kuadran aktivitas suka dan bisa, maka saya ingin menjadi seorang penulis yang dapat menyampaikan nilai-nilai edukasi kepada setiap tingkatan usia (anak-anak, remaja, dan dewasa) dengan konteks yang disesuaikan. Singkatnya, saya ingin menjadi penulis sekaligus edukator bagi segala jenjang usia.

2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)

Saya ingin lebih banyak menulis fiksi atau non-fiksi, bergabung dengan berbagai komunitas kepenulisan untuk lebih banyak belajar dan berbagi setiap ilmu yang saya dapatkan, dan aktif menyebarkan semangat untuk membaca dan menulis terutama kepada remaja.

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)
 
Tidak dipungkiri bahwa kegiatan menulis dapat mendatangkan rupiah yang sedikitnya dapat membantu keluarga, sehingga saya ingin mandiri secara finansial dengan menulis dan menjalankan bisnis. Mandiri secara finansial dapat memudahkan saya untuk mendirikan sebuah taman bacaan dengan buku-buku terbaru, memiliki sebuah usaha penerbitan, serta menjadi fasilitator yang dapat menyediakan setiap kebutuhan saat acara kepenulisan berlangsung.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Satu hal yang menjadi keinginan saya adalah melakukan berbagai aktivitas yang sesuai aturan-Nya dan Dia ridha dengan aktivitas yang saya lakukan ini. Bagi saya pribadi, apa pun yang kita lakukan atau mau menjadi siapa pun---yang tentunya sesuai dengan aturan-Nya, jika Allah berkehendak dan meridhai, insya allah akan semakin mudah dalam mencapainya.
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)

Melewati milestone yang telah saya rencanakan dalam NHW #4

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Memiliki dua draft fiksi, bergabung dengan berbagai komunitas menulis, meningkatkan skill bahasa inggris.


Demikianlah NHW#8 ini. Semoga saya dan kita semua bisa tetap konsisten dalam melakukan tahapan menuju Ibu Profesional dan Produktif. :)

Bandung, 190717


You May Also Like

0 komentar

©