Hijaber, Rambutmu Rontok? Coba Solusi Ini !

by - 6:48 AM

"Siapa bilang kalau menggunakan hijab nggak perlu khawatir dengan rambut rontok? Lagian, kan, orang-orang nggak akan tahu kondisi rambut kita kayak gimana... Jadi, nggak perlu khawatir berlebihan gitu, deh !"
Ada yang pernah berpendapat atau berkomentar demikian? Duh, girls... pendapat seperti itu nggak bisa dibenarkan, ya. Berhijab bukan alasan bagi kita untuk menutupi kekurangan diri, justru berhijab adalah alasan kita untuk melindungi segenap keindahan yang melekat dalam diri kita. Kalau pun ada bagian yang tidak indah, bukan berarti kita mengabaikannya. Justru kita memiliki kewajiban untuk mengembalikan keindahannya.

Seperti yang dilansir laman alodokter.com, rambut rontok atau alopesia adalah penurunan jumlah rambut pada kulit kepala. Eits, jangan salah... permasalahan rambut rontok ini sangat lazim dialami setiap orang dari usia muda hingga tua, dan bukan hanya perempuan berhijab saja. Sekali pun, penyebab kerontokan rambut yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda, ya.
 
Dokter Edwin Djuanda dalam liputan6.com mengungkapkan bahwa semua orang pasti mengalami kerontokan rambut setiap harinya dan hal itu lumrah terjadi. Edwin Djuanda menuturkan, bagi orang Asia, kerontokan rambut masih dianggap normal apabila jumlahnya tidak lebih dari 100 lembar per hari. Sebagian besar rambut yang gugur akan tumbuh kembali karena masih meninggalkan akar rambut.
 
Nah, berarti kita nggak perlu repot-repot merawat rambut, dong? Toh, rambut yang rontok sampai 100 helai aja masih tergolong normal....
 
Oopss, no, girls! Sekali pun masih tergolong normal, bukan berarti kita membiarkan rambut yang rontok, ya. Setidaknya, kita harus mengetahui penyebab kerontokan rambut yang kita alami, dengan begitu, kita dapat melakukan treatment yang sesuai. Menurut beberapa website kesehatan, rambut rontok dapat disebabkan berbagai hal, diantaranya :   
  • Perubahan Hormon
Kerontokan rambut ini disebabkan oleh hormon dihydrotestosterone (DHT) yang dihasilkan oleh hormon progesterone. Adanya hormon DHT ini menyebabkan folikel rambut menyusut dan lambat laun rambut menjadi rontok. Kerontokan akibat perubahan hormon ini biasanya terjadi pada pria yang berusia di atas 50 tahun, atau wanita yang telah melewati masa menopause. 
 
  • Asupan Gizi
Kekurangan gizi, vitamin, dan nutrisi dapat mengakibatkan kerontokan rambut. Asupan gizi yang kurang menyebabkan rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh. Makanan yang dikonsumsi tubuh kita harus senantiasa seimbang sehingga kebutuhan gizinya terpenuhi.
  • Terpapar Zat Kimia
Nah, kerusakan ini terjadi saat rambut terlalu sering menjalani proses kimia di salon. Proses kimia yang dimaksud bisa jadi karena terlalu sering mewarnai rambut, meluruskan rambut, atau perlakuan lainnya yang membuat rambut harus terpapar dengan zat kimia.
  • Obat-obatan Kimia
Beberapa obat untuk mengatasi arthritis, depresi, gangguan jantung, kanker, dan hipertensi memberikan efek samping yang menyebabkan rambut rontok. Ingat, ya, penggunaan obat-obatan yang keras harus diawasi oleh dokter.
  • Stres
Girls, hati-hati, loh... Stres juga bisa membuat rambutmu rontok. Biasanya, rambut kita akan mengalami penipisan dan akhirnya berguguran. So, segera atasi perasaan stresmu, dan... Enjoy your life, girls!
  • Mengikat Rambut
Oke, ini adalah kebiasaan yang selalu dilakukan oleh kaun wanita terutama para hijaber, right? Mengikat rambut yang terlalu kuat dan kencang dapat membuat rambut kita rontok. Selain itu, mengikat rambut idealnya hanya boleh dilakukan selama dua jam saja.

Dua Hal Tak Terpisahkan : Hijab dan Rambut Rontok

Hijab dan rambut rontok ibarat perangko yang pengennya nempel mulu sama amplop *yaelah. Iya, perempuan berhijab memang rentan mengalami rambut rontok, tak terkecuali saya. Yap, saya pun perempuan berhijab dan sering kali mengalami rambut rontok. Saya cukup gregetan juga, sih, kalau seharian berhijab dan beraktivitas di bawah terik matahari, begitu sampai rumah dan sisiran ternyata rambut malah berguguran kayak kelopak bunga yang layu. *hiks, sedih, ya

Belakangan, saya baru tahu kalau ternyata masalah rambut rontok itu ada dua jenis, loh. Mungkin ada yang familiar dengan sebutan hair fall dan hair loss? Nah, dr. Eddy Karta, Sp.KK menjelaskan secara rinci tentang kedua jenis rambut rontok ini, yaitu :

Hair Fall adalah kerontokan rambut yang disebabkan kurangnya kolagen yang menjadi salah satu protein dalam tubuh manusia. Jika kolagen berkurang, maka sel rambut akan mati, berhenti tumbuh, dan rontok. Ada banyak hal yang menyebabkan rambut rontok karena kekurangan kolagen ini.

Hair Loss adalah kerontokan rambut tanpa ada gantinya kembali pada bagian tertentu dan secara perlahan mengalami kebotakan. Biasanya lebih sering dialami oleh pria dan bersifat genetik.

Ternyata kerontokan rambut yang sering kita alami—terutama para hijabers itu namanya hair fall, ya. Kerontokan akibat kurangnya kolagen. Duh, solusinya gimana, dong? Keep calm, girls... Ada ragam cara untuk menjaga rambutmu tetap sehat walaupun selalu tertutup hijab. Yap, cara-cara ini cukup ampuh untuk mengatasi rambutmu yang nakal dan berguguran semaunya, diantaranya :

1. Pilihlah Bahan Hijab yang Tepat
Nah, ini penting, loh, girls! Jangan mudah tergiur dengan berbagai model hijab yang ditawarkan tanpa mengetahui jenis atau bahan kain yang digunakan. Kondisi kepala yang selalu tertutup hijab dapat membuat rambut cepat lepek dan berkeringat. Keringat dapat menyebabkan rambut berketombe dan mudah rontok. Di sinilah pentingnya memilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat.

2. Keringkan Rambut Sebelum Mengenakan Hijab

Ini pantangan yang biasanya saya langgar kalau lagi buru-buru, hehe. Yap, saya yakin beberapa diantara teman-teman hijabers juga pernah berada dalam kondisi seperti ini : buru-buru harus berangkat dan rambut masih basah. Padahal, mengenakan hijab saat kondisi rambut masih basah dapat memicu kerontokan rambut, bau apek, dan ketombe. Jadi, penting banget, ya, ngeringin rambut sebelum pake hijab. Catet, nih.

3. Urailah Rambut Saat Berada di Rumah
Memberikan kesempatan kepada rambut untuk bernapas dengan bebas adalah salah satu cara ampun untuk mengatasi rambut rontok. Jika sedang berada di rumah, usahakan untuk mengurai rambut dan jangan diikat, ya. Inilah cara kita untuk memanjakan rambut setelah seharian tertutupi hijab.

4. Pilihlah Makanan yang Penuh Nutrisi


Makanan yang dibutuhkan untuk menunjang nutrisi rambut adalah makanan-makanan yang mengantung vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin E, dan protein. Nutrisi tersebut ada dalam sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

5. Cucilah Rambut dengan Sampo Berbahan Alami

Mencuci rambut adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan rambut. Apalagi jika mencuci dengan menggunakan sampo yang berbahan alami dan natural. Rambut akan lebih terawat dan terjaga dari kerontokan.

Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall : Perawatan Alami Rambut Rontok

Problematika perempuan berhijab memang tidak terlepas dari kondisi rambut yang rontok. Permasalahan para hijabers ini menjadi perhatian khusus dari Sariayu—salah satu brand kosmetik lokal yang telah bertahun-tahun mendedikasikan dirinya bagi para wanita Indonesia. Baru-baru ini Sariayu mengenalkan rangkaian produk perawatan rambut untuk mengatasi kerontokan yang sering dialami para hijabers.
 
Formula Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall diracik dari bahan-bahan alami yang mengandung kacang polong dan kacang kedelai, serta keunggulan Peavit Complex. Sariayu yang telah meraih berbagai penghargaan ini sepertinya sangat menyadari manfaat melimpah dari bahan-bahan natural terutama yang terkandung dalam kacang-kacangan.


Terlebih lagi, bahan-bahan alami dan natural yang berasal dari tumbuhan dapat dipastikan kehalalannya. Iya, dong, sebagai seorang muslimah setiap produk perawatan yang berinteraksi langsung dengan kulit dan tubuh kita perlu dipastikan kehalalannya, ya. Jika produk tersebut berasal dari Sariayu, kita tidak perlu khawatir, ya. Sariayu Hijab ini telah memperoleh serifikat halal dari MUI dan terjamin keamanannya, girls!

Dalam beberapa penelitian, kacang polong dan kacang kedelai berperan aktif dalam mengatasi rambut rontok bahkan kadar protein kedelai telah menunjukkan pertumbuhan rambut, dan kondisi kulit rambut yang semakin sehat. Tidak salah jika Sariayu memilih kacang plong dan kacang kedelai untuk merawat rambut para hijabers yang rentan terkena kerontokan.

Adanya Peavit Complex dalam formula Sariayu Hijab ini merawat rambut rontok melalui tiga langkah, yaitu merangsang pertumbuhan rambut baru yang kuat sekitar 78%, mengurangi kerontokan rambut sekitar 93%, dan mengembalikan vitalitas rambut berhijab kita. Wih, Sariayu Hijab ini patut untuk dicoba, ya.

Nah, untuk lebih jelasnya seperti ini nih kesan saya setelah mencoba Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall.

Review Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall

  • Aroma Natural
Saya pun tergiur untuk merasakan sensasi alami dari Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall ini. Yap, kesan pertama saya saat merasakan aroma sampo ini adalah... wangi gila! Iya, saya langsung terpikat dengan aroma yang ditawarkan Sariayu Hijab saat masih berdiri di depan rak-rak supermarket yang menjajarkan berbagai merek sampo.

  • Kemasan Anti-Tumpah
Kemasan sampo yang berisi 180 ml ini dikemas dengan cantik dan menarik. Warna ungu pada tutup botolnya sangat mencolok dan khas sehingga kita bisa langsung mengenali si cantik Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall ini. Selain itu, kemasannya didesain agar cairan di dalamnya tidak mudah tumpah.

  • Tekstur dan Warna Sampo
Tekstur Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall ini agak kental dan menghasilkan banyak busa saat digosokkan kepada rambut. Warna hijau dalam sampo Sariayu Hijab ini semakin memberikan kesan natural dan alami, seperti manfaat yang terdapat dalam kandungannya.

  • Sensasi Setelah Pemakaian Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall
Awalnya saya nggak berekspektasi terlalu tinggi dengan sampo ini. Tapi, ternyata... setelah sehari semalam menggunakan Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall, wanginya masih nempel, girls! Walaupun wanginya nggak setajam saat pertama kali mengeluarkan cairan sampo ini dari kemasannya, ya. Saya cukup takjub dengan ketahanan dari aroma Sariayu Hijab ini.

Rambut rontoknya gimana? Oyeah, minggu pertama dari pemakaian produk ini cukup memuaskan bagi saya. Rambut rontok yang biasanya ikut berguguran saat keramas sampai saat menyisir rambut telah berkurang. Saya bilang berkurang karena biasanya cukup banyak rambut saya yang ikut rontok apalagi saat keramas atau sehabis mengenakan hijab. Sekarang saya bisa bilang #SayonaraRambutRontok !

 
Jadi, bagi para hijabers yang memiliki keluhan rambut rontok... Shampoo Sariayu Hijab Intense Hair Fall ini layak untuk kamu coba, girls. Coba aja, nggak usah banyak nanya lagi, deh... dan kamu bisa merasakan sendiri sensasi naturalnya !

Oh, iya, kamu para hijabers dan ingin bergabung dengan Komunitas Hijaber Terbesar di Indonesia? Yuk, kepoin aja komunitas positif ini melalui website www.diaryhijaber.com.Ada banyak informasi menarik, loh!


P.S : Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog yang diselenggarakan oleh Sariayu yang bekerjasama dengan DiaryHijaber.com.


Referensi :
Sumber gambar lainnya dari pinterest.com
http://www.perawatan-rambut.net/tips-perawatan-rambut-rontok-pada-wanita-berjilbab-dengan-benar/
http://www.infobusanamuslim.com/jilbab/9-cara-merawat-rambut-bagi-wanita-berjilbab-agar-lebih-sehat.html
http://www.alodokter.com/rambut-rontok
http://health.detik.com/artikelpilihan/read/2015/01/02/105003/2792300/757/kulit-dan-kelamin-mengatasi-rambut-yang-rontok-parah
http://news.liputan6.com/read/30025/kebotakan-bukanlah-akhir-segalanya

https://ammahsukma.com/penyebab-rambut-rontok/

You May Also Like

0 komentar

©