Pengalaman Mengelola Acara Wisuda Matrikulasi IIP Bareng Emak-emak (Bandung, Batch #4)

by - 9:30 AM

Baiklah, hasrat untuk menulis tentang pengalaman jadi panitia Wisuda Matrikulasi Institut Ibu Profesional Bandung Batch #4 ini sudah terpendam cukup lama. Laluuu, baru kali ini bisa berbagi dan menulisnya, hehe. Semoga nggak bosen dan baca sampai akhir, ya :*

Ini pengalaman luar biasa menyenangkan ! *capeknya juga ada, sih, hehe. Tapi dibandingkan capek, ya... saya lebih merasa seneng, sih. Seneng karena punya pengalaman baru nge-organize acara sebesar ini bersama ibu-ibu muda produktif, dan super-seneng lagi karena sudah mengenal mereka *aslinya, ibu-ibu ini keren dan ramah banget!. Alhasil, saya nggak pernah merasa menyesal harus jauh-jauh melewati kemacetan Bandung Selatan demi mengikuti rapat offline di Masjid Salman ITB.


Rapat Offline yang kesekian kalinya, personel nggak lengkap

 Pembentukan Kepanitiaan

Sepertinya akan banyak banget yang dibahas, ya. Mari kita mulai dari pembentukan kepanitiaan wisuda. Kepanitiaan Wisuda Matrikulasi IIP Bandung Batch #4 terdiri dari tiga orang perwakilan dari setiap kelas. Nah, kebetulan di wilayah Bandung ini, peserta Matrikulasi Batch #4 sangat banyak ! Ada 6 kelas dengan rata-rata peserta setiap kelas itu 30-40 orang lebih. *buaanyaak banget, kann?! Keren! 

So, yeah, here I’am. Saya bersama teh Ninis (ketua kelas Bandung 2), dan teh Dece (korming kelas Bandung 2 menjadi perwakilan kelas yang bersedia untuk riweuh jadi panitia, hehe. Sistem pemilihan perwakilan dari tiap kelas beda-beda, sih, kayaknya... Ada yang ditunjuk langsung sama Fasilitatornya atau ditawarkan kepada seluruh peserta. Kalau di kelas saya sistemnya ditawarkan gitu ke peserta setelah program perkuliahan Matrikulasi selesai. Tapi, ya, tetep, ya... Fasilitatornya sambil nge-mention ke ketua kelas dan setiap Korming (Koordinator Mingguan). 

Oke, jadilah terhimpun 18 orang orang untuk menjadi panitia Wisuda Matrikulasi IIP Bandung Batch #4. Setelah melalui perbincangan panjang lewat WAG (Whatsapp Group) terbentuklah susunan kepanitiannya, dimulai dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Sie. Acara, Sie. Publikasi&Dokumentasi, Sie. Humas, Sie. Logistik, Sie. Dana Usaha, Sie. Dekorasi-Dokumentasi, Sie. Kids Corner. 

Dalam perjalanannya, ternyata untuk mengelola acara dengan target peserta 300 orang ini butuh lebih banyak orang. Akhirnya, ditambahkan lagi dua orang dari masing-masing kelas untuk menjadi panitia, So, totalnya ada 30 orang yang menjadi panitia Wisuda Matrikulasi IIP Bandung Batch #4.

Panitia Wisuda MIIP Bandung Batch #4

 Penentuan Waktu dan Tempat Wisuda

Mulanya, wisudaan untuk Bandung Batch #4 ini akan diadakan pada awal bulan Oktober 2017 alasanya karena seluruh panitia ingin mempersiapkan dengan maksimal dan agar dana yang terkumpul cukup banyak. Namun ternyata atas berbagai saran dan terutama anjuran dari Bu Septi, wisuda Matrikulasi baiknya dilaksanakan maksimal pada akhir bulan September supaya euphoria wisudanya masih terasa.

Acara Talkshow dan Prosesi Wisuda di GSG Salman ITB
Nah, disaat yang bersamaan justru bulan September itu sudah padat dengan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh pengurus IIP Bandung. Pada akhirnya, setelah melalui berbagai diskusi, kegiatan Wisuda Matrikulasi akan digabung dengan acara Family Fun Day (FFD) yang diselenggarakan oleh IIP Bandung pada hari Sabtu, 16 September 2017 di Selasar dan GSG Salman ITB. Jadi, pada hari yang sama ada dua kegiatan yang dilakukan secara indoor dan outdoor.

Acara Family Fun Day di Selasar Salman ITB

  Konsep Acara : Talkshow dan Prosesi Wisuda

Pada intinya, wisudaan ala IIP itu terdiri dari dua acara utama. Pertama, acara Talkshow sebelum prosesi wisuda berlangsung dan acara Prosesi Wisuda. Pada Batch #4 ini, Pembicara yang mengisi talkshow adalah Kak Andi Yuda sang creator Mio—si kucing lucu yang selalu muncul dalam seri buku anak dari DAR! Mizan. Berhubung sebelumnya sudah dikontak oleh panitia dari (FFD), jadi panitia Matrikulasi hanya tinggal melakukan follow up sampai hari H-nya. Termasuk tentang harga pembicaranya juga, hehe.

Sebelum mulai Talkshow, Kak Andi mulai corat-coret di atas White Board

Kak Andi mulai Talkshow

Selanjutnya, acara Prosesi Wisuda. Eits, jangan bayangkan kayak wisuda S1, S2 atau S3, yaaa.... Wisudaannya super nyantei dan  have fun banget. Sebenernya, dari Sie. Acara bikin semacam teknis prosesi wisuda yang cukup khidmat, sih. Sayangnya, sikon di lapangan dan waktu juga sangat terbatas, akhirnya rencana awal yang dituliskan dalam teknis lapangan nggak sepenuhnya diaplikasikan (nanti di bagian akhir, saya bagi link yang isinya persiapan sie. Acara dan teknis lapangannya).

Kelas Bandung 1

Kelas Bandung 2

Kelas Bandung 3
 Alhamdulillah, prosesi wisuda tetap memuaskan untuk setiap peserta kelas Matrikulasi. Apalagi sesi foto bareng sama temen-temen sekelas plus Fasilitator-nya adalah acara yang paling heboh dan menyenangkan untuk mereka *termasuk saya, hahaha

Kelas Bandung 4

Kelas Bandung 5

Kelas Bandung 6

Eh, iya, yang spesial lagi pada prosesi wisuda Matrikulasi IIP Bandung Batch #4 adalah kehadiran Mbak Enes—putri dari Bu Septi dan Ummi Siti—istri dari Wakil Walikota Bandung yang dapat menyempatkan diri untuk datang ke acara ini. So, special ! Merasa kegiatan ini didukung dan diperhatian oleh pemerintah, hehe. Kenapa harus Ummi Siti? Track record beliau dalam dunia parenting sangat berpengalaman dan disamping kegiatannya mendampingi Pak Oded, beliau pun sudah terbiasa menjadi pembicara untuk topik Ibu dan Anak.

Ummi Siti
 
Ssstt, Mbak Enes yang pake jilbab dan gamis tosca itu lho :*

Banjir Doorprize !

Iyess, dateng ke acara IIP mah untung banget, haha. Doorprize-nya ngiler banget dong ! Alhamdulillah, semakin mendekati hari H semakin banyak sponshorship yang ikut serta dalam acara ini. H-2 jumlah doorprize aneka barang mencapai 37 pcs. Saat hari H, secara mengejutkan doorprize yang masuk ke panitia semakin banyak mungkin mencapai 50an *saya nggak ngitung sih, keburu hectic ngurusin macem-macem, haha.

Sebagian Doorprize, di bawah meja masih ada lagi :D

Oh, ya, by the way, saya masuk jadi panitia Acara yang ngurusin konsep sampai teknis pembagian doorprize. Nah, untuk teknisnya, agar terbagi secara merata kami alokasikan doorprize ini untuk peserta yang pertama kali transfer HTM (peserta dari wisudawan dan umum), wisudawan Matrikulasi terbaik dari tiap kelas, kupon doorprize yang disimpan dalam goody bag secara random, nomor undian yang diambil secara random oleh MC.

Yang dapet Doorprize Undian
Selain itu, doorprize juga diberikan kepada penanya saat talkshow, bingkisan untuk Mba Enes, bingkisan untuk Moderator dan MC Tamu (kebetulan yang jadi MC-nya dari salah satu Guardian di kelas Matrikulasi yaitu teh Fiena), peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari MC, dan diakhir karena masih ada sisa doorprize diberikan kepada peserta tercepat yang naik panggung. *nah, ini gokil banget deh, ibu-ibu tuh ruaar biasaa kalau denger barang bagus dan gratisan! Hahaha. Mereka langsung lari sekencang mungkin untuk sampai di atas panggung.

Emak-emak Tangguh Pemburu Doorprize
Doorprize-nya bikin ngiler, deh, dan nggak heran pada mupeng, yaa... Mulai dari aneka makanan, aneka jilbab, baju anak, kaos kaki, tumblr, aneka baju, voucher konsultasi, voucher belanja, parfum, aneka dress, dan pemeran utamanya adalah tas selempang dan dompet Sophie Martin. Seluruh barang-barang kesukaan ibu-ibu ada di sini semuanyaa! Hahaha. 

Oh, iya, saya juga cantumkan, nih, beberapa spot atau tempat yang ada di Gedung selain stage utama, hehe
 
Photo Booth

Kids Corner Indoor

Ruang Laktasi

Pasca Wisudaan

Pembubaran panitia diakhiri dengan rapat offline yang membahas LPJ tiap seksi dan sisa dana yang ada. Alhamdulillah, dana sisa acara nggak minus, ya, hehe. Oh, iya, saya lupa ngasih tahu kalau acara Talkshow dan Wisudaan ini berbayar. Untuk Wisudawan/Member IIP Rp 25.000 sudah dapat snack (khusus untuk wisudawan dapet goody bag+sertifikat cetak lulus kelas Matrikulasi+mendali), dan untuk Umum Rp 35.000 mendapatkan goody bag dan snack.

Wajah-wajah bahagia dapet doorprize. Akhirnya!
Selain itu, ada sisa doorprize sebanyak 12 pcs (kemudian Teh Srie—salah satu panitia yang nambahin barang doorprize) untuk dibagikan kepada panitia yang hadir saat rapat offline terakhir. Sebenernya, memang nggak seberapa, sih, barang-barang ini.... Tapi tetep aja, ya... kalau yang namanya hadiah mah selalu menyenangkan (apa pun itu, hahaha). Supaya adil, pembagiannya dengan cara mengambil nomor undian kemudian disamakan dengan nomor doorprize-nya. Surpriese! Saya dapet dress atau gamis blaster hitam-putih, haha. Alhamdulillah,ya... Ini kayaknya pertanda  udah harusnya pake gamis ke mana-mana, haha.

Memorable :*
Rapat offline yang singkat ini berakhir dengan sesi foto studio di Dream Studio dan makan bersama di D’Cost yang berlokasi di Bandung Indah Plaza. Having fun banget jadi panitia Wisudaan ini, meskipun dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya saat acara berlangsung, tapi untuk ukuran Emak-emak yang nge-organize acara sebesar ini (akhirnya total peserta umum dan wisudaan sekitar 200-an lebih) bisa dibilang SUKSES! 

Makan bareng :*
Big thanks to Allah,  Institut Ibu Profesional, Pengurus IIP Bandung, Para Sponshorship, Peserta Wisuda Kelas Matrikulasi IIP Bandung Batch #4, Peserta Umum, dan tentunya para Panitia Keren dengan segala kerempongannya sehingga acara wisudaan berlangsung dengan menyenangkan. Memorable banget buat saya pribadi.

P.S : 
Untuk menunjang informasi yang lebih lengkap, di bawah ada beberapa link  persiapan acara dan dokumentasi acara. Langsung klik aja, ya :


Pagi yang cerah, 27 September 2017
Di postingan selanjutnya, saya akan berbagi tentang sesi wisudaan dan kesan-kesan selama 3 bulan bersama teman-teman sekelas di Kelas Matrikulasi IIP Bandung 2-Batch #4. Bergaul sama Ibu-ibu itu menyenangkan, lho! :*

You May Also Like

0 komentar

©