Berminat Jadi Freelancer? Inilah 10 Hal Menyenangkan Menjadi Freelance Writer !

by - 7:31 AM


Sering mendengar kata Freelance? Yap, Freelancer atau pekerja lepas adalah salah satu status seseorang dalam dunia kerja. Seiring perkembangan zaman, status freelance ini semakin beragam untuk berbagai keahlian atau bidang ilmu.

Rupanya, profesi sebagai freelance ini cukup banyak dipilih oleh warga Amerika. Seperti yang disebutkan dalam The Huffington Post, sepertiga dari warga Amerika lebih memilih menjadi freelancer dibanding pekerja kantoran. Ini terjadi karena gaji yang ditawarkan ke freelancer terkadang sama besar dengan gaji yang didapat pekerja kantoran.

Tapi, tentu saja selalu ada plus-minus saat memutuskan untuk menjadi pekerja lepas atau pekerja tetap. Nah, ada banyak pilihan pekerjaan freelance yang bisa dicari sesuai dengan minat, passion, ataupun keahlian kita.

Punya Salah Satu Skill Ini? Kamu Bisa Banget Jadi Freelancer !


  • Website Development
Bidang ini berkaitan erat dengan pemrograman website, seorang web developer bertugas untuk membuat aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, PHP, .NET, atau Python. Jangan salah loh, di era digital gini skill di bidang web development banyak dibutuhkan bahkan setiap project-nya dibanderol dengan gaji yang cukup tinggi. Selain web developer, ada juga web designer yang bertugas untuk membuat tampilan website menjadi lebih cantik.

sumber : pinterest
  •  Mobile App Development
Nah, mobile app eveloper fokus untuk membuat aplikasi untuk smartphone. Semakin pesatnya perkembangan smartphone saat ini, menyajikan lahan pekerjaan bagi seorang programer untuk menciptakan berbagai aplikasi. Pekerja lepas untuk bidang programming ini selalu bernilai jutaan, tergantung jenis project-nya.

sumber : pinterest
  • Graphic Design
Skill yang satu ini pasti nggak asing lagi, kan? Mulai dari bikin desain poster, pamflet, buku, baju, infografis, logo, layout, dan masih banyak lagi. Dengan mengandalkan software Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator, dan lainnya karya grafismu bisa bernilai jual. Tentunya, cukup banyak project freelance untuk bidang ini.

sumber : pinterest
  •  Data Entry & Data Mining
Ini berkaitan dengan pekerjaan administratif yang pasti cukup banyak dibutuhkan oleh para pengusahan online shop. Yap, salah satu jasa di bidang data entry banyak dicari terutama bagi para penjual online shop yang memiliki beberapa lapak di berbagai platform

sumber : pinterest
  • Writing & Translation
Yuk, siapa yang demen nulis atau jago berbahasa asing? Di sinilah kamu bisa mengasah kemampuan sekaligus mendapatkan tambahan uang. Pekerja lepas untuk bidang menulis cukup banyak macamnya mulai menjadi penulis artikel, penulis konten website, copywriting, editor, content research, menerjemahkan tulisan, dan masih banyak lagi. Freelance dalam bidang ini pun cukup banyak.

sumber : pinterest
Sebenarnya, masih banyak lagi bidang yang dapat dikerjakan oleh seorang freelancer denngan modal koneksi internet yang stabil bahkan tanpa perlu keluar rumah. Asyik banget, kan? Apalagi jika statusmu adalah seorang fulltime mom and wife tapi ingin memiliki tambahan uang tanpa perlu menunggu suami gajian dulu. Rasanya, menjadi seorang freelancer adalah pilihan solutif untuk tetap produktif tanpa mengabaikan kewajiban rumah tangga.

10 Hal Menyenangkan Menjadi Seorang Freelance Writer

Penulis lepas? Yay or Nay? Itu tergantung dirimu. Yap, jika kamu memiliki passion di bidang menulis dan berniat untuk serius sampai mendatangkan rupiah... Maka kamu perlu mengasah skill-mu ini agar hasilnya lebih baik lagi. Lagian, mana ada sih orang yang mau bayar tulisanmu kalau nulis pesan aja masih disingkat-singkat dan meniadakan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)? Practice is very important !

 1. You're The Boss!

Yap, kamu adalah bos untuk dirimu sendiri. Mulai dari memilih jenis pekerjaan yang kamu inginkan, mengerjakan pekerjaan dengan waktu yang bebas, melakukan negosiasi dengan pemilik project, bahkan jika ingin bekerja sambil mendengarkan musik tentu nggak masalah. Semua kendali ada di tanganmu, because you are the boss !

2. Bangun Kesiangan? Tenang, Freelance Nggak Akan Kena Macet Jalanan

Banyak dari para penulis lepas yang nggak perlu keluar rumah untuk mengerjakan pekerjaannya. Meskipun bangun kesiangan nggak dibenarkan, namun saat keadaan rumah mengharuskanmu untuk fokus dan jam kerjamu sedikit terlambat dari jadwal biasanya, kamu bisa tetap tenang tanpa perlu khawatir akan ketinggalan atau berebut transportasi umum. Ini hanya terjadi pada seorang freelancer, ya.

3. Piyama : Pakaian Ngantor-nya Freelance Writer

Kerja pake piyama? Bisa bangetlah ! Bosmu nggak bakalan ngomen apa pun tentang pakaianmu, yang terpenting pekerjaan terselesaikan sebelum waktu deadline. Tapi tetep, lho, mandi mah wajib tiap hari, ya ! Jangan mentang-mentang nggak keluar rumah terus nggak mandi. Sayangilah tubuhmu.
  
4. Ragam Pilihan Tempat Kerja

Semua wilayah rumah dapat dijadikan tempat bekerja oleh seorang freelancer selama keadaannya memang kondusif. Mau kerja di ruang tamu, ruang keluarga, kamar, atau halaman belakang? Bisa-bisa aja bahkan mau kerja sambil salto juga bisa aja, sih. Atau sesekali cari suasana baru dengan mengunjungi cafe atau tempat makan terdekat? Bisa juga, selama kamu terhubung dengan internet maka persoalan tempat bukan hal yang menghambat.

5. Mulai dari Interview Sampai Meeting Lewat Internet Aja

Kecanggihan teknologi membuat segalanya semakin mudah. Interview secara online dapat dilakukan sebelum mendapatkan pekerjaan. Sssttt, pake celana piyama juga bisa lho ! Kamu nggak perlu pake celana atau rok panjang saat inverview ini berlangsung, hihihi.

6. Hobi yang Dibayar. Asyik !

Pekerjaan yang paling asyik adalah hobi yang dibayar. Yap, hobi menulis kemudian orang membayar tulisanmu, bukankah itu menyenangkan? Berkali-kali lipat lebih membahagiakan saat kamu melakukan hobimu dan orang lain membayarnya. Ini namanya ultra-rezeki, terlepas dari berapa pun nominal yang kamu terima.

7. Nggak Terikat, Kamu Bisa Bekerja di Beberapa Perusahaan Sekaligus

Nah, kalau ini sih balik lagi kepada kemampuan diri, ya. Jika memang mampu mengerjakan lebih dari lima proyek menulis dalam waktu satu bulan, tentu tidak masalah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah reputasi yang kita miliki harus dijaga sebaik mungkin. Salah satunya dengan cara menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline. Semakin banyak mendapatkan proyek, semakin banyak pula income yang masuk ke tabungan.

8. Waktu Fleksibel, Kesempatan Melakukan Kegiatan Sosial sampai Berkomunitas Semakin Terbuka Lebar

Nggak dipungiri kalau pekerjaan freelance memang lebih memudahkanmu untuk bersosialisasi atau berkomunitas sesuai dengan minat. Apalagi untuk seorang ekstrovert yang perlu banget bertatap muka dengan orang lain. Keikutsertaan dalam komunitas atau aksi sosial akan mengantarkanmu untuk mendapatkan pengalaman luar biasa yang bahkan nggak pernah kamu duga sebelumnya. 

9. Happy Fulltime with Family

Bagi perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak, status pekerja sebagai freelancer merupakan jalan keluar terbaik jika ingin tetap bekerja namun tidak ingin meninggalkan anak-anak. Mungkin, ada saatnya para istri merasa jenuh dengan rutinitas mengurus rumah tangga dan membutuhkan kegiatan lain untuk mengalihkan kejenuhannya. Nah, daripada rumpi atau melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat, sesekali boleh lho mencoba pekerjaan sebagai freelance writer.

10. Alhamdulillah, Nominal di Rekening Nambah !

Alhamdulillah, ya, bisa beli make-up, kerudung, atau baju anak tanpa perlu ngasih proposal dulu sama suami ! Hehehe. Atau bisa juga disimpan dan di tabung jika ada keperluan mendesak. Eh, jangan lupa untuk sedekahnya, ya... Agar pekerjaan freelance kita semakin berkah.
Gimana, mulai tergiur dengan pekerjaan sebagai freelance writer? Kamu berburu langsung pekerjaan ini dengan mengecek langsung situs-situs pencari freelancer seperti Projects, Sribulancer, Sribu, dan banyak lagi. Selamat berburu pekerjaan !



Bandung, 131017

 Artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dan tambahan dari berbagai sumber.

You May Also Like

0 komentar

©