#GameLevel1 : Menyampaikan Saran dengan Komunikasi Produktif (Day 11-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 6:03 AM

Setelah dilema untuk melanjutkan posting atau tidak, akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan tantangan Komunikasi Produktif. Kenapa? Saya masih punya Pe-eR ber-kom-prod dengan Papa saya. Selain itu, ada semacam reward tambahan jika terus melanjutkan tantangan ini. Nah, kan, jadi kayak peribahasa  sekali menyelam dua-tiga pulau terlampaui, hehe.

Baiklah, jadi Papa saya tuh punya kebiasaan buruk mulai dari masukin pakaiannya ke mesin cuci tanpa dicek dulu apakah di dalam saku pakaian ada barang lain atau tidak. Ini pernah kejadian, saat Mama saya nyuci, tetiba banyak kertas yang mengapung ke permukaan.

Setelah diperhatikan lebih detil, ternyata kertas-kertas yang berhampuran di dalam mesin cuci itu adalah buku tabungan Papa! Setelah dikonfirmasi ke Papa ternyata memang benar, itu buku tabungannya. Sambil nyengir, Papa cuma bilang ‘iya lupa’. Saya dan Mama cuma geleng-geleng kepala aja karena kebiasaan buruk Papa ini masih berulang sampai sekarang.

Effective communication. Sumber : easyprojecthub.com
 Nah, baru-baru ini kebiasaan buruk lainnya muncul lagi yaitu membiarkan mobil tanpa sarung penutup. Saya sebenernya agak terganggu dengan ini karena sejujurnya terlalu menarik perhatian, ya, kalau mobil dibiarkan terlihat begini. Masalahnya, pagar rumah saya nggak tinggi dan berduri juga, sih. Pagar rumah saya hanya setinggi dada orang dewasa, kalau orang dewasanya tinggi paling cuma sepinggang agak tinggian dikit.

Seperti yang terjadi kemarin saat Papa dan Mama saya mendapat giliran untuk tidur di rumah orang tua Papa yang memang sudah renta. Otomatis, di rumah hanya ada saya aja, kan, ya? Entah gimana ceritanya, tetiba aja sekitar jam 23.30-an pas banget saya mau tidur, alarm mobil Papa tiba-tiba bunyi! Oalah, saya panik luar biasa karena nggak tahu gimana mesti berhentiin alarmnya. Tapi Alhamdulillah¬-nya selang lima menit alarm mobil langsung berhenti lagi.

Pagi harinya saat sarapan bareng, saya bilang deh ke Papa tentang kejadian semalam...

“Pa, kemarin alarm mobil tiba-tiba aja bunyi,” ujar saya menginformasikan kejadian semalam. “Pas aku liat ke luar, nggak ada siapa-siapa, sih. Mungkin kagedor  (artinya kesenggol) sama kucing kali, ya?”

“Mana bisa kucing nyenggol sampai segitunya,” sahut Mama saya sambil cuci piring. “Paling juga ada yang jahil tuh... Bisa aja kan mau ngotak-ngatik spion atau bagian mobil lainnya.”

“Oh iya? Bisa aja sih kesenggol kucing, atau seperti kata Mama,” jawab Papa enteng banget. “Terus kamu matiin alarm-nya bisa?”

Mobil tadi malam yang alarmnya bunyi dan nggak pake sarung -_-
“Nggak bisa lah, aku nggak tahu gimana caranya. Tapi Alhamdulillah nggak berapa lama alarm-nya mati sendiri,” jawab saya. “Pa, kayaknya kalau udah malem mobil mending di sarungin aja, deh...  Soalnya cukup menarik perhatian. Khawatir aja ada orang yang mau niat nggak bener karena tadi malam tuh mobilnya ternyata nggak ditutup pake sarungnya, ya...,” saran saya tetap menerapkan Kaidah 2C dan Kaidah 7-38-55.

“Papa mah kebiasaan, sih. Gitu...,” timpal Mama saya yang kesel dengan kebiasaan buruk Papa yang satu ini.

“Iya, Papa lupa, Teh...,” jawab Papa merasa bersalah.

“Besok-besok mah kalau udah mau maghrib, mobilnya disarungin, ya, Pa... Biar lebih aman dan terlindung dari kotoran burung juga,” saran saya masih dengan intonasi yang lembut.

“Siap!” seru Papa saya, saya nggak merasakan penolakan apa pun dari Papa. “Sini, Teh... Papa ajarin cara matiin alarm mobilnya,” ujar Papa.

Alhamdulillah, penyampaian saran ke Papa ternyata nggak sesulit apa yang sebelumnya saya bayangkan. Tapi yang jadi Pe-eR lainnya adalah saya mesti ngingetin dengan rutin, nih... Soalnya Papa saya tuh termasuk yang rada susah mengubah habit-nya kalau bukan pure dari dirinya sendiri. 




#hari11 #gamelevel1 #tantangan10 hari
#komunikasiproduktif #kuliahbunsayiip


 Bandung, 101117

Sumber bacaan :
Materi 1 Komunikasi Produktif-Kelas Bunda Sayang Batch #3

You May Also Like

0 komentar

©