#GameLevel2 : Tidak Tega Membuang, Lalai Mengembalikan, atau Kombinasi. Kamu Tipe Yang Mana? (Day 15-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 11:30 AM

Mengapa ada banyak orang yang tidak bisa mempertahankan kerapian mereka? Marie Kondo menjawab pertanyaan ini dalam buku saktinya. Yap ! Ada banyak panduan tentang beberes dan penyebab seseorang sulit untuk mempertahankan kerapiannya. Dan, katanya, kita harus memilih metode beberes sesuai karakter kita.

Hasilnya, kebanyakan orang akhirnya menyimpulkan bahwa ia tidak bisa rapi karena metode yang digunakannya tidak sesuai dengan karakternya. Nah, Marie Kondo menjawab hal ini dengan apa yang menyebabkan seseorang nggak bisa mempertahankan kerapiannya. Kenapa coba?

Oke, saya bisikin nih, ya... Marie Kondo sang mastah beberes ini hampir sepanjang hidupnya demen beberes bahkan katanya dia udah seneng beres-beres sejak usia 5 tahun dan mula-mula merapikan kamarnya, rumahnya, sampai sekolahannya tapi akhirnya dia balik lagi ke kamarnya karena merasa kamarnya nggak rapi-rapi.

KonMari illustration. Sumber : pinterest.com
Saat beranjak remaja, Marie akhirnya menemukan metode yang paling pas untuk menjaga kerapiannya, yaitu dengan cara membuang benda-benda yang sebenarnya sudah tidak kita butuhkan lagi. Itu prinsip utama dalam metode KonMari ini dan ini berlaku untuk semua tipe kepribadian. Tanpa perlu mengkategorikan tipe seseorang, jika semuanya berpatokan pada prinsip utama itu. Maka, kerapian akan selalu terjaga.

Bahkan Marie telah melakukan analisis selama lima tahun lebih terhadap kliennya yang tentu memiliki karakter yang berbeda-beda, mulai dari tipe tidak tega membuang, tipe lalai mengembalikan, maupun tipe kombinasi. Hampir 90% dari kliennya itu termasuk dalam kategori tipe kombinasi. Jadi, itulah mengapa prinsip utama dari beberesnya Marie Kondo adalah membuang

Dan itu saya rasakan sendiri ! Canggih bener nih sang Mastah! Mau buktinya? Tuh, hasil beberes lima laci di kamar saya. Kebayangkan, ada berapa banyak sampah yang udah kita tumpuk bertahun-tahun dan sebenarnya itulah penyebab kita selalu nggak rapi. That’s so simple, right?

Satu kantong yang siap didonasikan


#Harike-15#Tantangan10Hari #Level2
#KuliahBunSayIIP #MelatihKemandirian



Bandung, 131217


You May Also Like

0 komentar

©