#GameLevel3 : Belajar Bikin Bumbu Ayam Geprek dari Teh Rifa (Day 14-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 9:14 PM


Nyaris aja saya kelupaan nggak ngerjain laporan hari ini, hahaha. Ini beneran lho baru keingetan belum ngerjain tugas saat buat WA dan ngirim pesan ke Ipit---sepupu saya yang sama-sama ikutan kelas Bunsay di Pranikah, wkwk. 

Oke baiklah, siang ini saya bereksperimen lagi dengan masak-masak di dapur. Kebetulan hari sebelumnya Mama bikin ungkep ayam dan saat makan siang ini agaknya bosen kalau jadi ayam gorenng aja. Nah, akhirnya saya cobain resep Ayam Geprek dari Teh Rifa---Buibu muda temen saya di kelas matrikulasi dulu.

Sebenernya, ini udah kesekian kalinya nyobain resep ayam gepreknya Teh Rifa jadi udah cukup hafal sama bahan-bahannya. Tapi kali ini ada yang beda dooong, saya pake keju Mozarella! Yap, si Mozarella ini emng juara banget deh, penambah cita rasa. Sama pasta nikmat, sama ayam ungkep juga mantap !

Kalau kata teh Rifa, rahasia bumbu ayam gepreknya sedaap adalah lengkuas. Btw, ini resep dari mertuanya juga, sih. Kata mertuanya teh Rifa, biar sambal jadi semakin kaya rasa harus pake lengkuas. Oke, langsung saya share  aja resep bumbu ayam geprek-nya Teh Rifa yang menurut saya juara banget nih. *big thanks buat teh Rifaaa

Penampakan Ayam Geprek with Melted Cheese

Bahan-bahan :

  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabe rawit merah
  • setengah daun salam
  • setengah ibu jadi lengkuas (dikira-kira aja, haha)
  • beberapa lembar daun jeruk (sayangnya daun jeruknya lagi nggak punya)
  • terasi secukupnya
  • keju mozarella (ini versi saya, hahaha)
  • garam, gula, merica secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
Cara Membuat :
  1. Semua bahan diulek halus (kecuali keju mozarella) kemudian panaskan minyak.
  2. Tumis bumbu hasil ulekan kemudian tambah garam, gula dan merica. Cek rasa dan tumis sampai matang.
  3. Setelah bumbu matang, simpan ayam dalam cobek dan taburkan bumbu sambil diulek kasar.
  4. Panaskan minyak lagi tapi sedikit aja, namun jika masih ada minyak sisa menumis tidak usah ditambah lagi minyaknya. Gunakan api kecil. Masukkan daging ayam yang sudah diulek bersama bumbu matang.
  5. Sebarkan keju mozarella yang sudah dipotong dadu di atas ayam geprek. Tutup ketelnya agar uap panas segera melelehkan keju.
  6. Tunggu sesaat dan matikan api ketika keju sudah meleleh.
Gimana? Gampang bangeet, kan? Btw, saat nunggu keju meleleh harus terus dicek, ya, supaya ayamnya nggak gosong. Kan nggak enak kalau ayamnya gosong hanya demi lelehan keju, wkwk. Soalnya punya saya nih ada yang agak gosong, lho, hahaha. Baiklah, tantangan memasak saya cukupkan sekian, ya. Semoga besok lebih menantang lagi.



#tantangan_hari_ke14 #kelasbunsayiip3
#game_level_3 #kami_bisa


Bandung, 170118

You May Also Like

0 komentar

©