#GameLevel3 : Belajar Bikin Sayur Asem dari Mama (Day 15-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 6:57 PM


Udah beberapa hari ini Mama kena flu, suaranya udah ngirung dan ingus nggak berenti keluar. Akhirnya, sambil nggak enak badan gitu Mama masih tetep aja masak. Alhasil, saya nggak tega juga, ya, ngeliatnya.... So, yeah... saya ngintilin Mama ke dapur, mencari-cari pekerjaan yang mungkin bisa saya bantu.

Saat itu Mama lagi ngiris bawang putih dan panci berisi air lagi dididihkan, sedangkan kompor sebelahnya lagi ngegoreng tahu. Kemudian, terjadilah percakapan diantara kami ....

"Masak sayur apa, Ma?" tanya saya basa-basi.

"Sayur asem," jawab Mama.

"Sini, Ma, aku bantuin," kata saya mengambil alih pekerjaan Mama.

Kemudian Mama mulai ngasih saya instruksi untuk memak si Sayur Asem khas Sunda. Soalnya Sayur Asem di tiap daerah beda-beda ternyata, ya... Sejauh ini, sih, lebih seneng Sayur Asem buatan Mama aja, deh, Hahaha. Btw, saya nggak mencantumkan takarannya karena biasanya bahan sayuran untuk bikin Sayur Asem ini udah sepaket gitu kalau beli di tukang sayur atau warung sayur atau pasar tapi ada beberapa sayuran yang Mama saya tambahin supaya rasanya lebih mantap. Yuks, langsung aja niiih :

Sayuran yang baru aja dimasukkin ke dalam panci
Bahan-bahan :
  • Kacang Panjang
  • Jagung Manis
  • Terung Ungu
  • Labu Hijau
  • Daun Melinjo
  • Biji Melinjo
  • Cabe Hijau besar
  • Tomat
  • Lengkuas
  • Daun Bawang
  • Bawang Putih
  • Daun Salam
  • Air Asam
  • Gula merah, Garam, Merica

Cara Membuat :
  1. Didihkan air di panci. Masukkan irisan bawang putih, lengkuas, dan daun salam saat air sudah mendidih. Tunggu sesaat, kemudian masukkan seluruh sayuran yang sudah dipotong-potong ke dalam panci.
  2. Tunggu sampai seluruh sayuran matang, kemudian masukkan gula merah, garam, merica, dan air asam secukupnya saja.  Tes rasa.
  3. Jika sudah pas dan sayuran sudah matang, maka sayur asem khas Sunda siap dinikmati.
Rasanya? Selalu mantap, yaa, karena bagian rasanya diicip dulu sama Mama biar sesuai sama takaran tangannya yang sudah expert, hahaha. Senang sekali akhirnya bisa masak Sayur Asem sendiri (meskipun atas arahan Mama).

Hasil Sayur Asem saya, yeaaii


#tantangan_hari_ke15 #kelasbunsayiip3
#game_level_3 #kami_bisa


Bandung, 180118

You May Also Like

0 komentar

©