#GameLevel3 : Belajar Bumbu Krupuk Mie Dari Mama (Day 13-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 8:05 PM


Woah, tantangan masih berlanjut tapi yang paling menantang ternyata nulis laporannya. Jujur, deh, hari ketigabelas ini kok rasanya ogah-ogahan nulis laporan. Kalau praktik masaknya, sih, asik-asik aja, ya... Tapi giliran nulis di blog gini malah bawaannya maleeesssiiinnn, hahaha. Yoaah, walau semalas apa pun tetep mesti saya kerjain, sih. Saya bertekad banget untuk menyelesaikan setiap tantangan di selama 15 hari di kelas Bunsay ini. *semangaaat qaqa!

Pagi ini Mama saya lagi sibuk di dapur, saya deketin lah, ya, kepo banget, hahaha. Pas Mamah lagi sibuk-sibuk masak buat sarapan. Saya lihat masih ada sisa seplastik besar yang isinya krupuk mie. Saya ngedeketin  Mama dan....

Krupuk Mie-nya Orang Sunda
"Mah, kayaknya enak deh kalau bikin bumbu krupruk mie," saya lempar kode ke Mama. Maksudnya pengen dibikinin bumbunya. Ga sopaan banget yaa jadi anak, hahaha.

"Bikin atuh sendiri. Cara gampang......," dan Mama langsung ngomongin bahan-bahan dan langsung nyodorin saya ulekan. Akhirnya, saya pun praktik bikin bumbu krupuk mie sambil diguide sama Mama.

Btw, kalau belum tahu... Krupuk Mie itu bukan terbuat dari mie instan, yaa... Ini sejenis krupuk yang warnanya kuning terus disangrai atau digoreng gitu. Tapi lebih enak sih kalau disangrai, ya. Nah, krupuk mie ini lebih enak kalau dimakan sama bumbu cair yang pedes. Jadi, di sinilah saya yang akhirnya praktik bikin bumbu krupuk mie, hahaha. Langsung aja saya share bahan-bahannya, yess~

Bumbu Krupuk Mie
Bahan-bahan :
  • 1 ruas kencur seukuran jempol tangan (kalau nggak terlalu suka sama aromanya bisa pake setengah ruas aja)
  • 3 butir bawang putih
  • 3 buah cabe rawit 
  • Gula merah, garam, merica secukupnya
  • 1 batang sereh (digeprek dulu)
  • 1 lembar daun salam
  • daun bawang secukupnya

Bumbu yang sudah mendidih
Cara membuat :
  1. Kencur, bawang putih, dan cabe rawit diulek sampai halus.
  2. Panaskan minyak dan tumis bahan-bahan yang sudah diulek sampai matang.
  3. Setelah matang dan aromanya tercium, masukkan air secukupnya (kira-kira seukuran 3/4 botol sirup marjan).
  4. Masukkan sereh dan daun salam, kemudian tambahkan gula merah, garam, merica secukupnya. Tunggu sampai mendidih.
  5. Beberapa menit sebelum mendidih masukkan daun bawang yang sudah diiris, kemudian cek rasa. Jika sudah pas tunggu sampai benar-benar mendidih.
  6. Setelah mendidih, matikan api dan bumbu krupuk mie sudah siap dihidangkan.

Ohiyaa, bumbu krupuk mie punya versi lainnya lho.... Dengan tambahan oncom. Tapi saya belum pernah bikin, sih, yang versi pake oncom ini pernah nyobain aja. Rasanya? Lebih gurih dan agak kental aja kalau pake oncom dibandingkan dengan bumbu yang saya buat tadi.

Kalau suka pedes, bisa banget ditambahin jumlah cabe rawitnya. Yaa, suka-suka aja, sih. Kalau buat saya siih pake 3 buah aja udah pedes, yaaa. Hahaha.

Camilan tradisional yang enak 

#tantangan_hari_ke13 #kelasbunsayiip3
#game_level_3 #kami_bisa


Bandung, 160118


You May Also Like

0 komentar

©