#GameLevel3 : Belajar Hias Black Forest Cake Bareng Mama (Day 11-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 9:03 AM


Hari ini spesial banget karena ada acara keluarga. Iya, acara keluarga setiap sebulan sekali dari keluarganya Mama. Keluarganya Mama kompak banget, sih. Jadi, tiap bulan hampir sebagian besar bisa ikut ngumpul. Asyik, ya. Nah, bulan ini yang jadi tuan rumahnya adalah Mama saya. Jadi, sejak kemarin sore udah mulai sibuk cuci-cuci gelas dan nyiapin beberapa camilan.

Camilan yang spesial banget adalah Black Forest Cake. Black Forest Cake-nya Mama memang jadi favorit keluarga besar! Enaaak, sih! Saya cukup terarik juga untuk bebikinan cake, tapi tetep dalam pengawasan Mama karena.... bahan kue kan cukup mahal, ya, sayang aja kalau gagal kan jadi kebuang. Yeah, nalurinya Emak-emak pengen hemat mulu, hahaha.

Btw, saya kebetulan nggak terlibat dalam proses pembuatan cake-nya, tapi saya menantang diri saya untuk menghias si Black Forest ini. Bikin kue menjadi salah satu aspek AQ yang sedang saya asah untuk kemampuan saya di mana depan. Ohiya, meskipun nggak terlibat dalam pembuatan cake-nya, sekalian aja saya share resep Balck Forest Cake terenak bikinan Mama saya !

Ini hasilnya, ya
Bahan-bahan Black Forest Cake:
  • 12 kuning telur
  • 8 putih telur
  • 150 gram gula pasir
  • 130 gram tepung terigu
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 1 ½ sendok teh baking powder
  • 200 gram mentega cair

Cara Membuat :
  1. Kocok telur bersama gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu yang telah diayak bersama cokelat bubuk dan baking powder. Aduk rata.
  2. Masukkan mentega cair. Aduk sampai tercampur.
  3. Masukkan dalam cetakan bulat (Loyang) ukuran 22 cm yang telah dialasi kertas dan diolesi mentega. Bakar dalam oven sampai matang.
  4. Black Forest Cake sudah jadi.

Nah, setelah cake mateng jangan dulu langsung dihias, ya. Kan masih panas. Jadi, kalau Mama sih ditunggu sampe bener-bener dingin dulu. Nah, makanya Mama bikin cake-nya kemarin malam dan menghiasnya pagi ini. Jadi, cake-nya sudah bisa dipastikan dalam keadaan dingin, ya. Olesan krimnya, dibikin sendiri, begini resepnya. Kalau sekiranya ribet bisa kok beli langsung whipped cream yang udah jadi, biasanya dijual di toko-toko bahan kue.

Ini dia, homemade cream
Bahan untuk Membuat Krim :
  • ½ kg Mentega putih 
  • ¼ kg Gula halus 
  • Susu Kental Manis (setengah kaleng)

Cara Membuat Krim:
  1. Kocok semua bahan menggunakan mixer sampai adonan mengembang sekitar 5-10 menit.

Langkah selanjutnya adalah cake yang bullet ini dibagi jadi tiga kemudian dalam setiap lapisannya diolesin selai Blueberry (atau selai lain juga bisa, tapi selai Blueberry recommended banget). Ngoles-ngolesnya lumayan susyaah, yaa, buat saya yang nggak terbiasa bebikinan kue. Beberapa kali selainya malah belepotan gitu, begitu pun waktu ngoles krimnya.

Kanan atas : black forest cake yang sudah dingin
Kiri atas : cake yang sudah dibagi tiga dan diolesi selai blueberry
Kanan bawah : cake yang baru diolesi krim homemade
Kiri bawah : cake mulai dihias oleh cokelat batangan
Oh, iya, buat ngedekor gini kreasinya suka-suka aja. Kebetulan yang ada di rumah cokelat batangan, choco chips, dan ceri. Jadilah Black Forest-nya cantik begini ! Rasanya? Bikin ketagihaaaaan !

Black Forest yang siap dicicipi


#tantangan_hari_ke11 #kelasbunsayiip3
#game_level_3 #kami_bisa


Bandung, 140118

You May Also Like

0 komentar

©