#GameLevel3 : Meditasi Lagi (Day 8-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 5:18 PM

Tantangan Bunsay kedelapan ini menjadi hari kedua dari kegiatan saya dalam melakukan meditasi dalam upaya meningkatkan fokus/khusyuk saat shalat. Kali ini saya memilih ba'da shalat subuh untuk melakukan meditasi. Alasannya karena waktu setelah subuh ini masih relatif sepi, pikiran belum terkontaminasi dengan ragam informasi, dan saya pun pengen nyobain, sih, seberapa enaknya setelah aktivitas meditasi dalam menjalani hari.

Oke, saya melakukan meditasi dipandu oleh aplikasi Headspace. Sebelum masuk ke sesi meditasi, aplikasi itu menyampaikan hal-hal tentang meditasi. Nih, diantaranya adalah tulisan seperti ini :  "You've probably realized that meditation isn't about stopping your thoughts. It's more like a skill". Katanya, kamu mungkin menyadari bahwa meditasi itu bukan tentang menghentikan pikiranmu. Ini lebih seperti kemampuan atau "skill".

Aplikasi Headspace
Kalau yang namanya skill artinya butuh latihan atau praktik langsung agar semakin meningkat dan jadi mastaah. Caranya gimana? Dengan rutin melakukan meditasi setiap hari, nggak harus langsung 10 menit atau bahkan 30 menit. Aplikasi ini memulai meditasi kita selama 3 menit. Yeah, 3 menit yang nggak mudah, apalagi di awal bermeditasi. Karena terasa sama saya yang udah nyobain di hari pertama kemaren. *curhad, haha

Hari kedua melakukan meditasi, agak mulai nyaman. Kayaknya saya mulai bisa mengatasi pikiran-pikiran yang berlalu dan fokus dengan napas saya. Hirup melalui hidung dengan perlahan dan dalam, kemudian mengeluarkannya melalui hidung dengan cara yang sama. Gitu terus sampai 3 menit berlalu. Efeknya? Terasa lebih nyaman, dan tenang, ya. Rasa-rasanya shalat pun agak lebih fokus dari sebelumnya. *meskipun kadang mulai kejar-kejaran lagi pikirannya, tapi bisa dikendalikan lagi

Kayaknya, saya mau lanjutin kegitan meditasi ini. Rasanya pikiran jadi lebih terkendali, sih. Meskipun nggak terkendali banget. Tapi udah sangat membantu buat saya. Aplikasi Headspace ini pun bagus, karena nggak cuma ngingetin jadwal meditasi aja tapi juga ada guide-nya gitu. Coba aja.

Meditation
#tantangan_hari_ke8 #kelasbunsayiip3
#game_level_3 #kami_bisa


Bandung, 110118



You May Also Like

0 komentar

©