#GameLevel3 : Meditation? Let’s Try It! (Day 7-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 8:43 PM


Jadi beberapa hari ini saya memang merasa lagi nggak fokus, apalagi pas shalat. Pikiran suka melayang ke mana-mana dan saya jadi kesulitan untuk mengendalikannya. Sampai akhirnya, setelah shalat saya berdoa supaya Allah bantu untuk bisa fokus dan khusyuk saat shalat. Setelah berdoa seperti itu tiap abis shalat, siang tadi buka WAG Bunsay Pranikah dan Mbak Asri ngomen tentang salah satu peserta yang melakukan meditasi.

Saat itu belum kepikiran untuk ngelakuin meditasi, sih. Abis baca camilan dari kelas Bunsay dan beberapa pesan di WA, saya kembali melakukan aktivitas sampai sore. Akhirnya, jelang maghrib saya tiba-tiba aja kepikiran lagi, "Kenapa nggak cobain meditasi supaya bisa fokus shalat, ya?".  Mungkin ini cara Allah menjawab doa saya sejak kemarin, ya. Dan, tanpa berlama-lama, saya langsung browsing tentang How to Meditate di youtube. Kemudian saya nemu video dari Lavendaire. *langsung aja klik namanya, saya udah menautkan link videonya

How to meditate. Sumber : youtube.com
Katanya, meditasi membantu pikiran, stres, menemukan kedamaian, membantu fokus, tidur, dan keseimbangan. Termasuk membantu kita dalam hal pengendalian emosi dan spiritual. Yang dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kualitas kita dalam mengerjakan berbagai hal. Jadi, lewat video ini saya belajar tentang cara melakukan meditasi, diantaranya :
  1. Temukan tempat yang tenang dimana kecil kemungkinan kita tidak terdistraksi.
  2. Kemudian duduk di atas bantal atau kursi dengan nyaman. Cara duduknya bersila, ya.
  3. Duduk dengan tegak tapi tetap reliks.
  4. Tutup mata, dan simpan kedua tangan di atas kaki kita.
  5. Selanjutnya, tarik napas perlahan dan hembuskan, lakukan seperti itu dalam waktu tertentu misalnya 5 menit, 10 menit, dan seterusnya.
Posisinya begini. Saya duduknya di atas bantal.

Abis shalat maghrib tadi, saya coba praktikkan. Lumayan, ya.... Lumayan susah! Terutama untuk mengontrol pikiran yang makin berseliweran. Tapi saya coba fokus dengan tarikan napas perlahan dan dalam, kemudian mengabaikan pikiran-pikiran yang lewat. Mungkin, bukan diabaikan sih... dikesampingkan dulu. 

Sesuai saran dari Lavendaire, saya pun coba mengunduh Headspace---aplikasi untuk membantu/meng-guide kita untuk melakukan meditasi. Meditasi di mulai selama 3 menit aja, tapi itu cukup challenging. Kayaknya di menit awal saya kurang bisa fokus tapi di menit yang tersisa, saya bisa menyelesaikan sesi meditasi hari ini. Alhamdulillah

Mari kita coba lagi dan rasakan hasilnya. Semangat !

Aplikasi Headspace untuk membantu dalam bermeditasi


#tantangan_hari_ke7 #kelasbunsayiip3
#game_level_3 #kami_bisa


Bandung, 100118

You May Also Like

0 komentar

©