#GameLevel6 : Menghitung Pendapatan dan Pengeluaran (Day 3-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 6:13 PM


Sekitar seminggu lalu saya sakit lagi tapi kali ini agak parah dibandingkan sakit-sakit sebelumnya. Saya kena radang tenggorokan, panas naik-turun selama tiga hari berturut-turut, dan sakit saat nelen makanan. Bener-bener menderita ada di kondisi kayak gini. Baru bener-bener bersyukur dengan nikmatnya sehat setelah ngerasain sakit begini. 

Saya bercerita tentang kondisi ini ke temen deket saya dan dia bilang kayaknya saya sering banget kena sakit. Coba cek lagi mungkin sebagian dari pendapatan saya masih kurang untuk berinfak. Ah, saya jadi diingetin lagi sama dia. Bisa jadi memang benar, uang yang saya punya belum mencapai jumlah tertentu untuk diinfakkan.

Maka, hari ini saya mulai mencatat pendapatan saya dari berbagai project yang biasa saya kerjakan tiap bulan dan menghitung pula pengeluaran yang harus saya keluarkan tiap bulannya. Saya berpijak pada salah satu hadits Nabi yang bilang 2,5% dari harta kita itu harus diinfakkan. Nah, saya menjadikan persenan ini sebagai jumlah minimal dari berinfak.

Catatan keuangan
Kalau dihitung-hitung kasaran perbulanya, saya membagi pengeluaran saya dalam persenan. Tentunya saya utamakan dulu untuk berinfak sebesar 12%, peralatan make-up dan skin care 6,5%, saran komunikasi (pulsa, kuota) 10%, hiburan 8%, lain-lain 6,5%, dan sisanya 65% saya alokasikan untuk tabungan plus dana darurat jika pada waktu terduga saya butuh dana ini.

Saya punya harapan dengan mengalokasikan pengeluaran ini, keuangan saya bisa lebih tertata dan saya tetap rutin berinfak tanpa melewatkan yang satu ini. 

#Tantangan10Hari #Level6
#KuliahBunsayIIP #ILoveMath
#MathAroundUs

Bandung, 310318

You May Also Like

1 komentar

  1. Halo,
    Ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan, dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan mudah dimengerti, hanya suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

    ReplyDelete

©