#GameLevel6 : Investasi Lewat Penerbit Indie (Day 10-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 5:17 PM


Jadi, begini... saya sempat bertanya-tanya juga tentang kelanjutan naskah dari Parade Flash Fiction yang diselenggarakan oleh Komunitas #ODOPfor99days sekitar awal tahun 2017-an kalau nggak salah, ya... Terus ternyata saya dan penulis lainnya baru tahu kalau naskah kami diajukan ke penerbit mayor tapi sampai saat ini masih belum ada kepastian.

Akhirnya, berdasarkan kesepakatan bersama, para penulis akan menerbitkan buku Antologi Flash Fiction ini secara Indie... Yang artinya, kami sebagai penulis patungan untuk menertbitkan buku ini. Kami patungan sebesar Rp 50.000 ada sekitar 32 penulis berarti jumlah modal yang terkumpul sebesar Rp 1.600.000.

Jumlah segini akan digunakan untuk paket penerbitan sebesar Rp 450.000, Desain cover dan layout Rp 250.000, biaya ISBN Rp 100.000, dan sisanya akan dugunakan untuk membeli buku serta berbagai promosi plus giveaway. Ini pengalaman pertama saya gabung di buku antologi dan ngeluarin modal.

Sebelumnya saya pernah bergabung dengan proyek antologi tapi sama sekali nggak mengeluarkan uang karena sudah ada yang ngemodalin. Agak deg-degan sebenernya karena bisa balik modal kah? Hahaha. Trus agak ragu-ragu sebenernya karena di buku antologi itu hanya memuat dua cerpen FF saya. Tapi pada akhirnya, saya tetep mendukung proyek ini dan ingin buku ini bisa terbit.

Doakan semoga prosesnya lancar, ya!

#Tantangan10Hari #Level6
#KuliahBunsayIIP #ILoveMath
#MathAroundUs

Bandung, 070418

You May Also Like

0 komentar

©