#GameLevel6 : Memaksimalkan Waktu dengan Pomodoro (Day 7-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 11:01 AM


Sejujurnya, saya masih sering keteteran soal ngatur waktu untuk kerjaan, komunitas, dan me time. Seringkali saya bisa kerja terus-terusan tiap waktu tanpa ada me time atau seringkali saya malah terlalu fokus sama urusan komunitas yang akhirnya ketika hal-hal tersebut selesai saya berasa kecolongan waktu dan sellau merasa nggak cukup 24 jam sehari ini.

Contohnya kayak kemarin malam, dari siang sampe sore saya ada kegiatan komunitas dan hanya seuprit ngerjain proyekan. Pulang sorenya, saya tetiba pengen me time dulu lah sambil makan Mie Samyang Korea. Me time saya dengan cara nonton drama korea. Alhasil apa coba? Karena nggak punya batas waktu, saya kebablasan nonton drama korea sampe tengah malam dan ketiduran.

Yang ngenesnya, saya kelupaan setor tulisan untuk Game Level 6, Bhahhaha. Ya udah deh, baru tadi pagi saya setor dan impian buat dateng you're excelent atau outstanding performance di level ini gagal total. Tapi dari sini saya jadi belajar sih untuk punya kandang waktu yang jelas. Nah, barulah saya kepikiran tentang teknik pomodoro yang katanya bisa memaksimalkan waktu yang kita miliki agar lebih efektif.

Pomodoro adalah sebuah teknik belajar berdasarkan time management yang diciptakan oleh Francesco Cirillo. Dulu, ketika dia awal-awal kuliah pada akhir tahun 1980, Francesco susah fokus belajar, sampai akhirnya dia menyadari bahwa dia harus belajar dengan interval waktu tertentu—dan diselingi oleh waktu istirahat—agar kondisi fisik maupun psikisnya bisa di-refresh.

Pagi tadi saya coba teknik pomodoro ini buat nge-research content. Saya menggunakan interval 25 menit untuk bekerja dan 5 menit untuk break (bener-bener nggak ngelakuin apa-apa ini, saya sih cuma tiduran atau rebahan aja). Hasilnya menakjubkan, ya! Ternyata saya hanya membutuhkan waktu empat kali pomodoro yang totalnya 50 menit untuk menyelesaikan satu konten! Wuahhh, keren. Saya bulatkan jadi 1 jam karena 10 menit lagi digunakan untuk istirahat.

Ah, teknik pomodoro ini ngebantu banget untuk bikin kerjaan saya teratur.


#Tantangan10Hari #Level6
#KuliahBunsayIIP #ILoveMath
#MathAroundUs

Bandung, 040418

You May Also Like

0 komentar

©