#BookReview: Whizz-Bang Winnie by Laura Owen & Korky Paul

by - 12:54 PM


Judul : Whizz-Bang Winnie
Penulis : Laura Owen & Korky Paul
Pengalih bahasa : Utti Setiawati
Penyunting : Deesis Edith Mesiani
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
ISBN : 9789790746947
Tebal halaman : 95
Genre : Children Fiction Book
Harga : Rp 12.000 (bukalapak.com)



Blurb

Winnie si Penyihir selalu bisa mengatasi situasi darurat!

Mencari Wilbur yang hilang, menyelamatkan pahlawan super, dan mengendalikan sapu terbangnya yang lepas landas di area balapan.

Review

Winnie si Penyihir selalu punya cara tersendiri untuk mengatasi semua masalah yang menimpanya. Sekalipun solusi itu terkesan konyol namun Winnie mampu menyenangkan dirinya dan orang-orang di sekitarnya.


Winnie selalu ditemani oleh seekor kucing hitam bernama Wilbur. Kemanapun Winnie pergi, Wilbur pasti mengekor dibelakangnya. Saat Winnie memiliki ide untuk memecahkan masalah, Wilbur selalu menjadi yang pertama ia mintai pendapat. Meskipun Wilbur hanya menanggapinya dengan suara "Mrrow!".

Di dalam buku ini terdapat empat kisah yang bercerita tentang keseharian Winnie, diantaranya Winnie Kepanasan dan Marah, Winnie Menyiapkan Pesta Ulang Tahun, Winnie dan Hari Buku, serta Winnie Ikut Balapan.

Keempat cerita tersebut banyak mengisahkan bagaimana Winnie mengatasi kesulitan saat ia memiliki tanggungjawab tertentu. Tentunya, nggak semua hal yang Winnie lakukan berhasil. Tapi, Winnie punya sifat pantang menyerah. Jadi, walaupun ia sudah melakukan hal yang kurang tepat, Winnie tetap berusaha untuk memberikan solusi terbaik.

Kisah Winnie dan kucing hitamnya---Wilbur merupakan kisah yang sederhana dan mengangkat masalah sehari-hari yang biasanya dialami anak-anak. Tentu, untuk orang dewasa kayak saya, cerita si Winnie ini nggak begitu menarik namun bagi anak-anak usia SD yang sudah mahir membaca dan memahami bacaan, cerita Winnie si Penyihir ini pasti sangat menarik.

Ditambah ilustrasi yang mendukung alur cerita, semakin membuat buku ini terasa lengkap. Kalimatnya sederhana sehingga cocok banget jika dibaca untuk anak-anak. Hanya saja tokoh Winnie ini divisualkan sebagai orang dewasa (atau remaja ya? Tapi kayak orang dewasa sih) yang kayaknya terlalu 'konyol' kalo punya sikap kayak Winnie. Jadi, agak kurang ngerti aja alesan penulisnya kira-kira gimana, ya.

Menggunakan POV 3, kisah Winnie ini terdiri dari empat cerita pendek. Laura dan Korky pun menulis beberapa seri tentang kisahnya Winnie. Meskipun antara satu buku dengan buku lainnya nggak bersambung.

Covernya pun lumayan oke menurut saya. Hanya saja karena buku ini terjemahan jadi bahasanya kaku dan baku banget. Tapi setelah saya pikir-pikir. nggak masalah juga sih apalagi buat anak-anak yang lagi belajar berbahasa. Penting banget untuk mereka tahu bahasa baku.

Overall, Whizz-Bang Winnie bisa jadi buku bacaan anak-anak yang menarik. Selamat bertualang bersama Winnie dan Wilbur, ya!

Quotes

"Kurasa cerita dalam buku juga bisa menyihir." (Hal. 40)

"Maafkan aku, Mrs. Parmar. Kupikir kami sudah menyingkirkan semua hewan yang baru menetas sebelum Anda tiba." (Hal. 47)

"Pakai baju antariksa kalian, Anak-anak! Naik ke roket!" (Hal. 66)

"Jangan khawatir, kali ini aku ikut bersamamu! Dan aku tak kan menyihirnya cepat." (Hal. 85)

Rating

Cover : 4/5
Theme : 4/5
Characters : 3.5/5
Plot : 3.5/5
POV : 4/5

Rating Whizz-Bang Winnie: 3.8/5

You May Also Like

0 komentar

©