Kolaborasi Jelajah Museum KAA dan DIY LapBook dari RB LiterasiXRB DIY Toys Ibu Profesional Bandung

by - 11:06 AM


Aroma weekend memang rasanya selalu menyenangkan. Meskipun pada hakikatnya hari apa pun sama aja penuh dengan berkah, tapi biasanya kalau weekend tuh aroma liburan dan santainya jauh lebih menguat apalagi buat para Ibu-ibu, yaa kaan? Honestly, bukan cuma ibu-ibu aja sih para gadis kayak saya pun seneng banget kalau udah dateng weekend.

Bukaaaan, bukan karena bakalan ada yang ngapelin, tapi aroma liburan dan nyateinya tuh jauh lebih terasa, wkwk. Tapi sebenernya bukan alesan buat mager di rumah, justru di hari Sabtu tanggal 28 April lalu, saya udah ngegas menuju Cikapundung Riverside itu lho yang samping gedung PLN yang ada di sekitaran jalan Asia Afika.

Alasan saya ada di Cikapundung Riverside ini untuk bersenang-senang di acaranya  Ibu Profesional Bandung, tepatnya acara ini diselenggarakan oleh Rumah Belajar Literasi yang berkolaborasi dengan Rumah Belajar DIY Toys. Saya---yang juga salah satu pengurus di Rumah Belajar Literasi, seneng banget bisa bikin acara kolaborasi ini. Acara jadi makin seru! Nggak percaya? Baca sampe akhir, ya...

Event RB Literasi dan RB DIY Toys IP Bandung

Asal-Usul Kolaborasi RB LiterasiXRB DIY Toys

Acara ini berawal dari Asia Afrika Week 2018 yang merupakan acara besar untuk memeriahkan peringatan 63 tahun Konferensi Asia Afrika. Ada sejumlah agenda menarik yang diselenggarakan seperti pameran pariwisata dan budaya negara-negara Asia Afrika sampai karnaval seni dan budaya Indonesia dan negara Asia-Afrika.

Nah, memanfaatkan momen spesial nan langka ini, tim RB Literasi akhirnya punya ide untuk bikin acara Jelajah Museum (lagi) setelah sebelumnya kami sukses bikin acara Jelajah Museum Gedung Sate dan banyaknya permintaan untuk acara Jelajah Museum. Kalau mau intip-intip review acara Jelajah Museum Gedung Sate ada di sini, ya. (langsung klik kata di sini)

Agar acara semakin menarik dan nggak sekadar jalan-jalan aja, maka ditawarkanlah rencara untuk kolaborasi di WAG Pengurus IP Bandung dan RB Literasi rupanya berjodoh dengan RB DIY Toys. Jreeengg! Jreeangg! Lahirlah acara keren kayak begini.

RB LiterasiXRB DIY Toys

Jelajah Museum KAA dan DIY LapBook

Alhamdulillah, sabtu pagi yang cerah dan suasana Cikapundung Riverside pun cukup bersih untuk dipake lesehan *tapi tetep pake alas duduk, soalnya berdebu, wkwk. Walaupun sempat beberapa kali pindah tempat karena tersorot matahari pagi dan beberapa spot yang bau pesing *Aiih, seriusan ini sayang banget laah! akhirnya kami menemukan posisi yang cukup nyaman dan menunggu satu per satu peserta yang sudah hadir.

Acara di awali dengan pembukaan kemudian berlanjut dengan bebikinan LapBook yang dipandung oleh teh Ismi dari RB DIY Toys. Bebikinan LapBook ini sangat menyenangkan rupanya, apalagi buat anak-anak. Idealnya LapBook sangat direkomendasikan untuk anak usia 3-7 tahun, namun anak di bawah usia 3 tahun pun tetap bisa beraktivitas dengan didampingi oleh orangtuanya.

Teh Ismi sedang menjelaskan dan menunjukkan cara membuat LapBook
LapBook berisi tentang profil sebuah negara mulai dari bendera, letak geografis, baju adat, ibukota, tempat menarik, makanan khas, mata uang, bahasa, dan lagu kebangsaannya. Anak-anak diajak untuk menggunting, menempel, mewarnai, dan tentunya mengenal sebuah negara lewat kegiatan ini. Saya kalau jadi anak-anak seneng banget nih diajakin sama orangtua ikutan acara kayak begini, jadi pingin anak-anak lagi, wkwk.

Setiap peserta mendapatkan LapBook yang isinya beberapa negara yang ada di Asia-Afrika. Saya agak lupa, ada berapa negara tepatnya yang dipilih tapi beberapa negara yang saya lihat dan dipresentasikan sama anak-anak adalah negara Indonesia, Arab Saudi, Nigeria, China, India, Kamboja, dan masih banyak lagi.

Mulai sibuk bikin LapBook nih!
Lebih seneng lagi saat menyaksikan pemandangan anak-anak dan para orangtuanya yang lagi sibuk bebikinan LapBook. Iya, Emak-emaknya ikutan asyik bantu nempel-nempel atau gunting-gunting bahan LapBook dan anak-anaknya menikmati sesi mewarnai beberapa template yang nantinya ditempel di LapBook-nya. Seru banget, kan?

Acara berlanjut dengan Jelajah Museum KAA. Anak-anak dan para orangtua excited banget begitu masuk ke MuseuM ini. Meskipun anak-anak belum benar-benar mengerti tentang berbagai benda yang ada di Museum, namun beberapa diantara mereka cukup familiar dengan bendera negara-negara yang ada di dalam museum. Yap, apalagi sebelumnya mereka udah bikin LapBook negara tertentu.

Ada yang lagi sibuk mewarnai
Jelajah Museum adalah salah satu acara yang digagas Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Bandung di tahun 2018. Biasanya, acara Jelajah Museum ini selalu diminati oleh para member RB, member IP, maupun umum. Bisa dibilang ini acara unggulannya dari RB Literasi. Jadi, nggak ada lagi tuh ceritanya main ke Museum ngebosenin atau nggak menarik karena kalau datengnya ramai-ramai gini justru jauh lebih menyenangkan.

Pada serius nih anak-anak
Anak-anak nggak sekadar mengenal tempat atau hal-hal baru, tapi mereka pun belajar berinteraksi dengan teman-teman sebayanya serta orang dewasa selain keluarganya. Saya pun mengamati ada anak-anak yang tampak nyaman saat berinterasi dengan anak lain atau orang dewasa yang baru dikenalnya bahkan nggak malu untuk presentasi di depan banyak orang, dan banyak juga anak-anak yang masih malu dan enggan berinterasi dengan orang-orang baru.

Yeay, jelajah museum!
Saya berbagai kegiatan di Ibu Profesional Bandung---yang melibatkan anak-anak, sangat sayang kalau dilewatkan contohnya kayak acara Jelajah Museum dan DIY LapBook ini. Bukan hanya di RB Literasi atau RB DIY Toys aja yang menghadirkan acara-acara keren kayak gini, RB Playdate maupun beberapa Kelas Berbagi yang tersebar di beberapa daerah juga sering menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas anak.

Penjelajahan Harus Berakhir...

Lagi belajar presentasi nih
Yap, penjelajahan hari itu harus berakhir namun bukan akhir dari segalanya. Sebelum bubar jalan dengan agenda masing-masing, sesi terakhir sebelum penutupan adalah presentasi setiap LapBook yang sudah dikerjakan anak-anak. Ada tiga anak yang akhirnya mau presentasi. Mulai dari yang usia SD sampe yang masih 3 tahunan. Subhanallah, keren banget! Anak-anak siapa sih, nih? :*

Alhamdulillah, hari yang super menyenangkan bisa ikut memeriahkan event Asia Afrika Week 2018 sekaligus hadir di tempat kejadian perkara, wkwk. Btw, tadinya saya mau nonton karnavalnya juga tapi karena harus desek-desekan akhirnya saya memilih untuk melipir ke Bazaar dan jalan-jalan di Kota Kembang kemudian belanja dan jajan es krim, wkwk. Ah, weekend yang indah. Perfect!



Bandung, 090518
Acara Jelajah Museum KAA dan DIY LapBook berlangsung pada Sabtu, 28 April 2018.

P.S: Bagi yang sudah bergabung menjadi member Ibu Profesional wilayah Bandung, bisa banget jadi member Rumah Belajar yang ada di Ibu Profesional Bandung. Sayangnya, ini khusus untuk yang sudah mengikuti kelas Matrikulasi dari Institut Ibu Profesional, ya. Namun, jangan khawatir setiap event yang diselenggarakan Ibu Profesional Bandung selalu terbuka untuk umum selama seat masih tersedia. Tunggu event selanjutnya dari kami, ya!

You May Also Like

0 komentar

©