#GameLevel8: Kenapa Nggak Mengaktifkan M-Banking? (Day 2-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 6:16 PM

 
Asal muasal saya akhirnya punya tabungan di bank adalah gegara beasiswa yang saya dapatkan dari kampus. Yap, alhamdulillah saya bisa menikmati dua semester dibayarin sama kampus. Alhasil, saya harus buka rekening Bank karena pencairan lewat bank yang dituju. Jadi, itu kali pertama saya kenalan sama bank dan ngerasain punya kartu ATM yang bisa ngeluarin duit, wkwk.

Bank BRI jadi bank pertama yang memasukkan nama saya sebagai nasabahnya. Selama kuliah, saya tetep pake tabungan dari BRI ini. Sampe nerima honor nulis dari media cetak pun saya masih gunakan nomor rekening dari BRI ini.

Pasca lulus saya ambil semua uang yang ada di ATM-nya dan memutuskan untuk nggak mau punya nomor rekening lagi karena saat itu mikirnya duit saya malahan terus aja dipotong sama biaya admin kan kesel. *tapi memang prosedurnya kan gituu, wkwk

Pas masuk kerja, baru deh punya nomor rekening lagi karena gaji bakalan di transfer langsung ke rekening pegawai. Dari sejak itu pakenya bank Mandiri----bank-nya sejuta pekerja. Kenapa bilang gitu? Soalnya setelah saya amati para pekerja yang khususnya ada di wilayah kecataman Pameungpeuk sampe Banjaran, banyak banget yang ngantri di ATM Mandiri begitu tanggal gajian tiba.
Tabungan yang menyimpan harta saya, wkwk
Kadang kalau lagi butuh banget duit, sampe ngecek berkali-kali berharap duit gaji udah masuk rekening, hahaha. Nah, inilah salah satu alasan yang bikin beberapa temen saya akhirnya punya akses untuk bisa transaksi atau ngecek saldo lewat sms atau mbanking.

Saya sempat tertarik sebenarnya, iyalaah, kan lebih efisien waktu kalau mau transfer atau ngecek saldo... Tapi kenapa saya akhirnya memutuskan untuk nggak mengaktifkan akses sms atau mbanking saya? Di satu sisi memang sih dengan punya sms atau mbanking, waktu kita makin efisien karena nggak usah repot dateng dan antri di ATM. Sayangnya di sisi lain, nggak bisa dipungkiri akan memunculkan keinginan untuk belanja online yang makin menggebu.

Gimana nggak coba, segalanya mudah tinggal klik sana-sini dan tunggu barang datang. Udah gitu baru nyadar deh duit tabungan abis banyak dan nyesel. Nah, saya nggak mau kayak gini. Seenggaknya kalau harus dateng ke ATM dulu, saya kan jadi punya jeda untuk berpikir ulang. Ini barang kebutuhan atau keinginan saya aja? Atau jangan jangan saya cuma kalap aja?

Bagi saya, memilih untuk tidak mengaktifkan sms atau mbanking adalah salah satu strategi untuk mengelola finansial saya agar lebih terjaga dan tetap sehat.

Bandung, 290618

You May Also Like

0 komentar

©