#GameLevel8: Mari Menabung, Bung! (Day 5-Bunsay Pranikah Batch#3)

by - 4:44 PM


Mengelola keuangan memang agak rumit. Jadi rumit saat terjadi dilema dalam hati antara beli barang ini atau nggak, pengen beli barang itu tapi nggak ada duit, dan alasan lainnya yang ujung-ujungnya bikin keuangan membengkak dan diakhiri dengan penyesalan kenapa kemaren beli ini, ya?.

Berangkat dari sana, akhirnya saya pun memutuskan untuk membuat presentase keuangan yang sudah saya jelaskan juga di postingan sebelumnya. Saya menyisihkan 40-50% dari penghasilan saya untuk tabungan. Ini sebenarnya saya lakukan untuk jaga-jaga juga kalau suatu hari butuh banget atau darurat banget.

Saya nggak menyisihkan bujet untuk liburan, sih. Soalnya agak kurang suka juga, kecuali kalau sama keluarga, ya, Hahhaha. Selain persoalan biaya, saya masih sering mikir-mikir kalau mau liburan bareng temen. Entahlah, jadinya bujet yang saya bikin untuk keuangan saya adalah kebutuhan sehari-hari (plus kalau ada kondangan, dll) 40%, donasi 10%, dana tak terduga 10%, dan tabungan 40%. 

Bikin presentase gini cukup membantu, saya pribadi jadi punya pengontrol gitu. Seperti bulan lalu, saya (sebenernya) lagi butuh untuk beli tas ransel tapi belum bener-bener butuh. Rencananya saya mau beli si tas ransel ini di bulan ini saat saya udah dapet gaji. Bisa aja sih dipaksakan hari ini juga beli, tapi yaa sesudahnya saya melarat banget dong? Hahaha.

Jadi begitulah, diantara semua kebutuhan saya selalu mengutamakan untuk menabung sebisa mungkin. Minimal 40% dari penghasilan, dan ini cukup membantu jika saya mengalami keadaan darurat yang harus segera membutuhkan uang.

Bandung, 020718

You May Also Like

0 komentar

©