#GameLevel8: Ngomongin Investasi dan Bisnis (Day 7-Bunsay Pranikah Batch#3)

by - 3:20 PM


Ini judulnya wow banget deh. Hahaha. Sebenernya ini udah kepikiran sejak lama, sih. Saya pengen punya bisnis tapi sama sekali nggak ada pengalaman dalan hal jual-menjual nih. Jualan juga belum pernah sih, jadi saya agak ragu untuk memulai bisnis gitu. Tapi pengen banget.

Tujuannya satu sih, saya pengen punya pemasukan tambahan yang nantinya bisa meningkatkan jumlah tabungan dan hal-hal lain yang dibutuhankan rupiah untuk melakukannya. Sempet tertarik dengan investasi dalam bentuk saham. Tapi seriusnya saya nggak ngerti sih.

Saya sempet baca-baca sittus gitu yang buka investasi saham pokoknya kita cuma diminta untuk setor duitnya aja, nggak usah ngapa-ngapain dalam beberapa waktu duit hasil inverstasinya bakalan balik lagi ke kita. 

Trus ada lagi dengan model yang sama seperti situs yang sempat saya temukan, temennya temen saya nawarin investasi yang dimulai dari angka 100.000, saya agak lupa sih keuntungan dari hasil investasi ini berapa tapi pokoknya dalam waktu seminggu si duit balik lagi dan bahkan bertambah.

pinterest.com
Sejujurnya saat itu sangat menggiurkan buat saya pribadi, tapi pada akhirnya saya nggak merelakan duit ini lepas ke hal-hal yang nggak saya ngerti. Waktu saya tanya duitnya ke mana, temen saya tuh cuma bilang duitnya dikumpulin lagi dan diinvestasikan untuk bisnis. Tapi dia juga nggak tahu tepatnya bisnis apa.

Makanya saya memilih untuk nggak ikutan aja daripada 100rebu saya lenyap nggak jelas. Selain kondisi yang saat itu pasa-pasan, saya pun mikir kayaknya agak kurang masuk akal sih. Meskipun saat itu nggak sampe mikir soal penipuan, dll. Setelah dipikir-pikir lagi, ada kemungkinan ke arah penipuan sangat-sangat bisa.

Pada akirnya, cerdas finansial bukan masalah pintar memperoleh lembaran rupiah, namun bisa mempertimbangkan pemakaian uang secara bijak jauh lebih penting, ya dong? Jangan sampai salah memberikan investasi, deh. Tentunya, harus dipahami dulu sama kita sebelum memutuskan akan berbisnis apa atau berinvestasi untuk apa.

Bandung, 040718

You May Also Like

0 komentar

©