7 Tips Berburu Buku dari Gudang Penerbit

by - 11:09 AM


Beberapa hari lalu penerbit Mizan baru aja buka gudangnya dan menjual buku-buku mulai dari terbitan agak baru sampai yang udah agak lama dengan diskon dari 50-80% dari harga jual normal. Acara OUT THE BOOX Warehouse Sale alias cuci gudangnya penerbit Mizan berlangsung drai tanggal 31 Agustus sampai 11 September 2018.

Buat booklovers kesempatan ini nggak boleh dilewatkan dong? Apalagi bukan hanya buku-buku novel, ada banyak buku boardbook yang biasanya mencapai ratusan ribu untuk satu buku, ini harganya bikin emak-emak kalap. Haha.

Yang nggak kalah mencengangkan lagi, buku-buku karya Joisten Gaarder dan Dan Brown ikut tersebar di gudang itu dan dapet diskon lebih dari 50%. Walaupun begitu, buku-buku kerennya terbatas banget dan sangat bergantung dengan kehokianmu hari itu.

Trus, ini jadi pengalaman kedua saya belanja buku dari gudang penerbitnya. Pertama kali ikutan merasanya sensasi berburu buku itu waktu warehouse penerbit Gramedia. Ada perbedaan yang cukup signifikan dari sistem cuci gudangnya kedua penerbit ini. Tapi nanti saya bahas di postingan lain, ya.

Baiklah, langsung saja saya share tips berburu buku ala saya. Semoga bisa sedikit memeberikan gambaran atau referensi kalau-kalau cuci gudang dari penerbit lainnya dan kamu pengen dateng untuk berburu buku yang jadi wistlist-mu.

1. Datang pada waktu luang

Waktu luang ini maksudnya, hari dimana kamu nggak ada agenda apa-apa lagi selain dateng ke gudang penerbit. Intinya, khususkan satu hari penuh untuk agenda perburuan sesuai jadwal cuci gudangnya penerbit Mizan. Jadi, pilih-pilih bukunya bisa nyantai dan enjoy.

dari IG @mizanmediautama

2. Sampai di lokasi lebih pagi

Berhubung buku murah dan bagus itu banyak diburu, maka datenglah lebih pagi kalo bisa begitu gudang dibuka kamu udah nyampe di lokasi. Selain kamunya masih fresh, baik weekend atau weekdays kalo pagi-pagi tuh masih melompong gitu. Pengalaman sih, saya dateng ke warehouse sale di waktu weekend... makin siang tuh makin rame dan makin padet. Trus saya dateng lagi di weekdays yang tanggal merah, masih lebih padet pas weekend!

masih pagi, masih melompog

3. Telusuri setiap tumpukan buku

Jika kamu sudah punya wishlist buku yang akan diburu dan mungkin ada di gudang penerbitnya, maka kamu harus fokus untuk menelusuri setiap tumpukan buku yang dipajang dari depan sampe belakang gudang. Tenang aja, buku yang tertata di gudang Mizan ini relatif rapi dan ada beberapa petugas yang siap sedia merapikan tumpukan buku kalau udah carut-marut berantakan. Ini keren!

salah satu tumpukan buku di gudangnya Mizan

 4. Pastikan sudah mengelilingi gudang lebih dari satu kali

Tapi bukan sekadar keliling aja, ya. Keliling dengan mata yang awas nan tajam untuk terus menelusuri tumpukan yang bejibun. Apalagi kalau daftar buku yang kamu cari ada di gudang itu. Kalau di cuci gudang kemarin, sih, penerbitnya menginformasikan ada beberapa buku keren yang tersebar dengan jumlah terbatas di gudang dan diskonnya bisa sampe 80%, deh. Gimana nggak bikin kalap coba, hah?!

bikin kalap!

 5. Sortir semua buku yang ada di keranjang

Sebelum memutuskan untuk berjalan ke meja kasir, pastikan sudah menyortir buku-buku yang akan dibeli. Terutama jika kamu sudah menentukan bujet untuk belanja buku. Sebaiknya, memang sudah menentukan bujet, sih. Seriusan, kalo nggak ditentuin tuh sudah dipastikan bikin dompet meringgis. Jangan sampai kalap dan overbudget!

kasirnya ada empat di kiri-kanan

6. Dateng rame-rame lebih asyik

Iya, karena bisa saling bantu untuk nyari buku yang kamu buru. Selain itu, bisa wefie juga kan, ya. Ahaha. Apalagi kalo dateng sama sodara yang masih pelajar/mahasiswa, di #OutoftheBoox Mizan dapet tambahan diskon 10% lagi untuk setiap buku yang dibeli. Luar biasa. Oh, iya tapi kalo dateng sendiri juga nggak masalah, asyik-asyik aja.

geng cewek-cewek pecinta buku diskonan

7. Sebaiknya tidak membawa anak di bawah 5 tahun

Ini yang mungkin terlupakan oleh para orangtua dan mungkkin kurang dipertimbangkan saat memutuskan untuk dateng ke gudangnya Mizan. Ada baiknya tidak membawa anak di bawah lima tahun, mengingat ruang gerak yang terbatas dan banyaknya orang berseliweran di dalam gudang.  Kalau pun mau bawa anak, mungkin anaknya bisa menunggu di luar gudang bersama keluarga lain yang juga datang ke sana. Kasian juga kan, si anak pasti bosen nunggu mamaknya yang asik  pilih-pilih buku.

tumpukan buku lainnya
Nilai plus lainnya yang saya rasakan saat berkunjung ke gudang penerbit Mizan adalah fasilitas toilet yang bersih, wangi, dan nyaman. Nggak lupa ada mushola yang tersedia dan bikin pengunjung nggak susah lagi kalau kebelet atau sudah datang waktu solat. Tempat parkir yang cukup luas dan gratis. Sayangnya, harus bawa bekal makanan dan minuman dari rumah karena nggak ada yang jualan makanan di sini. Kalau minuman dingin dan kopi ada sih.

bersiih gini, kaan
 So, yeaah.... saya cukup puas dengan warehouse sale Mizan ini. Selain karena fasilitas-fasilitas yang ada di sana, kehokian saya juga cukup besar karena nemu buku Dunia Sophie dan The Puppeteer karyanya Joisten Gaarder yang bikin ngiri adik saya, HAHAHA. Soalnya pas doi ke sana nggak nemu sama sekali buku yang bagus. 

hasil perburuan di gudangnya Mizan, harga buku ini dari 15K-50K

Bandung, 120918

You May Also Like

0 komentar

©