#GAMELEVEL11: Fitrah Seksual dalam Islam Review Kelompok 7 (Day 6-Bunsay Pranikah Batch #3)

by - 6:11 PM


Malam ini giliran kelompok 7 yang mempresentasikan hasil temuannya mengenai Fitrah Seksual dalam Islam yang ada game level 11 ini. Yuk, langsung aja review yang sudah saya rangkum dari pembahasan malam ini.

Review Materi Kelompok 7

Kurangnya penanaman nilai agama menjadi urutan pertama dari daftar mengapa kita harus mempelajari fitrah seksualitas. Semakin bertumbuh, hasrat seksual seorang manusia pun hadir. Mulai dari tertarik dengan lawan jenis sampai keinginan untuk melakukan aktivitas seksual yang sangat mungkin terlintas dalam pikiran manusia.

Perkara inilah yang mengharuskan manusia untuk paham tentang fitrah seksual dan tidak mengikuti hawa nafsunya. Sisi religius seseorang perlu dibangkitkan dan ditumbuhkan, perasaan takut kepada Sang Mahakuasa menjadi fondasi utama untuk mendidik anak-anak dan membentengi mereka dari hal-hal yang mengarah kepada seksualitas.

Hal menarik dalam pembahasan ini adalah anak diajarkan untuk meminta izin saat masuk ke kamar orangtua, saudara, dan rumah orang lain. Tentunya adab-adab seperti ini sudah harus dilakukan orangtua dan diajarkan kepada anak.  

Jika merujuk pada pedoman Islam, pendidikan seksual sudah harus disampaikan sejak dini. Anak dikenalkan dengan perintah menjaga aurat, pisahkan tempat tidur antara anak laki-laki dan perempuan, serta jauhkan dari ikhtilath.

Selain itu, kelompok 7 membahas pula sumber yang mereka gunakan dalam presentasi malam ini, yaitu buku Mencetak Generasi Rabbani yang ditulis oleh Ummu Ihsan dan Abu Ihsan Al-Atsari. Menurut mbak Nurul selaku yang bertugas malam ini, buku tersebut memaparkan tentang tahapan pendidikan sejak janin sampai dewasa.

Insight dari Materi Kelompok 7

Eeerrrr, sepertinya saya harus banyak baca buku pendidikan yang mengupas dari sisi agama. Sejujurnya, sampai saat ini kekurangan saya yang masih belum begitu tertarik untuk membaca buku non-fiksi maksudnya harus ada yang nyentil dulu gitu. Atau mungkin relate sama kejadian yang terjadi dalam hidup saya. 

Tapi bukan berarti antipati, sih... Cuma masih agak gimana gitu, ya... Minatnya harus ditingkatkan. Hahaha. Tapi lewat diskusi malam ini keilmuan saya nambah nih, terutama yang berhubungan dengan bagaimana pendidikan seksualitas berdasarkan apa yang disampaikan Rasulullah. Alhamdulillah,  nambah ilmu lagi. 

Bandung,  260918

You May Also Like

0 komentar

©