#GAMELEVEL11: Fitrah Seksualitas Anak Pada Orangtua Tunggal Review Kelompok 3 (Day 2-Bunsay Pranikah Batch#3)

by - 5:07 PM


Baiklah diskusi hari ini berlangsung lebih sore dan ini sebenernya kabar baik buat saya karena bisa mengerjakan tantangan lebih awal dan malam nanti tinggal lenyeh-lenyeh. Hahaha. Baiklah, mari saya tulis review dari kelompok 3 yang membahas tentang Fitrah Seksualitas Anak pada Orangtua Tunggal.

Review Materi Kelompok 3 

Fitrah seksualitas adalah bagian dari pendidikan yang harus disampaikan orangtua kepada anak-anaknya. Anak-anak muda yang menampakkan wrong identity-nya di ruang publik adalah bentuk dari kegagalan dalam menemukan fitrah seksualitasnya. Contohnya laki-laki bersikap seperti wanita dan sebaliknya. 

Terkait dengan seorang single parent yang membuat sosok ayah atau ibu tidak ada di satu rumah, adalah permasalahan yang harus segera diatasi. Terkait dengan fitrah seksualitas, anak tentu akan melihat sosok yang ada di sekitarnya. 

Beberapa hal yang saya catat dari materi dan diskusi hari ini adalah:
  1. Orangtua wajib membekali diri dengan ilmu-ilmu parenting terutama yang berkaitan dengan fitrah seksualitas.
  2. Ketiadaan satu sosok (ayah atau ibu) di dalam rumah dapat digantikan dengan figur laki-laki atau perempuan yang berada dalam lingkungan sang anak. Misalnya, jika tidak ada figur ayah di rumah maka sosoknya bisa digantikan dengan kakek, paman, dsb. Begitupun sebaliknya.
  3. Bagaimanapun juga, ayah dan ibu adalah role model bagi sang anak dalam mengenali sisi maskulinitas dan feminitas yang nantinya ditiru oleh anak.
  4. Penyimpangan seksual seperti LGBT yang dialami seseorang sangat berhubungan erat dengan tidak tersampaikannya fitrah sesksualitas dengan semestinya. 

Insight dari Materi Kelompok 3

Saya pribadi menikmati penyampaian materi dan diskusi secara berkelompok ini, rasanya lebih banyak ilmu dan wawasan yang didapet. Meskipun kekurangannya, nggak semua bisa online di jam presentasi yang dipilih. So, yeah.... dari materi dan diskusi yang saya dapatkan hari ini adalah....

Orangtua punya tanggungjawab besar untuk mendidik anaknya, dalam hal ini berkaitan dengan fitrah seksualitas yang harus tuntas disampaikan kepada si anak. Semakin terbayang, ya, jadi orangtua itu nggak mudah. Butuh terus belajar dan memperbaiki diri, apalagi di zaman sekarang yang tantangannya makin berat.

Jadi, menuntut ilmu parenting dari sebelum menikah adalah pilihan paling bijak.

Bandung,  220918


You May Also Like

0 komentar

©