5 Alasan Menarik Dibalik Kegiatan Meresensi dan Mereview Buku

by - 8:31 AM


Bulan Oktober dulu saya berkesempatan untuk ngisi Kulwap di acaranya RB Literasi Ibu Profesional Bandung. Nah, saya berbagi tentang hal-hal menarik dibalik kegiatan meresensi dan mereview buku. Jangan salah, nulis review buku punya banyak manfaat yang bisa kita rasakan.

Apa aja coba manfaatnya? Nih, saya share hal-hal yang saya rasakan selama ngereview buku. Semoga bisa menarik minat buat kamu yang ingin merasakan sensasi mereview buku dengan asyik!


  • Menuhin blog dan sosial media dengan hal yang berfaedah. Coba cek, apakah sosial media kita sudah cukup berfaedah? Jangan-jangan selama ini cuma share hal-hal yang sebenarnya kurang bermanfaat. Meskipun dalam hal ini nggak ada larangan, sih.

  • Punya teman baru sesama book reviewer atau bookstagramer dari berbagai penjuru Indonesia. Ketemu sama temen-temen dunia maya yang sehobi itu asyik banget. Serasa punya temen di mana-mana, lho.

  • Bisa banget dapet buku gratisan dari penerbit atau sesama book reviewer/bookstagramer. Ini yang paling asyik dari hobi ngereview buku di instagram, bisa dapet buku gratisan! Meskipun memang nggak selalu dapet buku yang ada dalam wishlist kita tapi bisa meminimalisir bujet belanja buku, kan.

  • Dapet lembaran rupiah dari hasil review atau resensi buku. Pastinya,  kalau resensi buku kita naik cetak di media massa udah pasti dapet honor yang mengalir ke rekening. Nah, ngereview buku di blog atau instagram juga sama, beberapa penerbit ada yang memberikan fee kepada reviewer atau bookstagramer.

  • Waktu me time digunakan dengan hal yang bermanfaat. Setiap orang punya banyak cara untuk menggunakan me time mereka. Namun, akan lebih bermanfaat jika menggunakan me time dengan mengasah kemampuan menulis dan menyampaikan pendapat tentang buku yang sudah kita baca.

Gimana, masih males ngereview buku nih? Coba dulu deh!

Bandung, 111118
Materi ini disampaikan saat Kuliah WhatsApp Asyiknya Jadi Book Reviewer & Bookstagramer 26 Oktober 2018

You May Also Like

0 komentar

©