Tips Menulis Review Buku Agar Tetap Menyenangkan dan Menarik

by - 9:37 AM


Siapa yang suka nulis review buku? Aha! Kayaknya kegiatan review buku di instagram atau blog makin marak, ya. Seneng deh, kini Indonesia punya generasi yang demen baca buku dan berbagi bacaannya dengan orang banyak.

Hal ini bener-bener menyenangkan. Apalagi kalau bisa gosipin buku yang sama. Wuah, kayaknya nggak akan ada habisnya. Nah, kalau kamu masih merasa kesulitan dalam menulis review buku... Sini, saya bisikin tips ampuhnya. Yok, langsung cus!

  • Tentukan tujuan menulis resensi atau review buku ini untuk apa. Karena resensi/review untuk di posting di blog/instagram agak berbeda dengan resensi yang akan dikirim ke media massa punya rules tersendiri yang harus diikuti.

  • Mulailah menulis resensi/review dari buku yang kita sukai. Bacaan setiap orang tentu saja berbeda. Jadi, akan lebih menyenangkan jika menulis resensi/review dari genre buku-buku yang sudah biasa kita baca.


  • Amati, Tiru, dan Modifikasi gaya mereview dari para book blogger/bookstagramer. Sejauh ini, rasanya tidak ada aturan baku yang mengharuskan menulis review buku di blog harus blablabla. Saya pribadi lebih senang mengikuti info grafis di samping kiri ini dalam mereview buku.


  • Banyak membaca book review dari para book blogger/ bookstagramer yang sudah beken sebagai bahan referensi.


  • Yang nggak kalah penting, alokasikan waktu yang cukup  (khusus) untuk menulis book review-mu.


Bandung, 121118
Materi ini disampaikan saat Kuliah WhatsApp Asyiknya Jadi Book Reviewer & Bookstagramer 26 Oktober 2018

You May Also Like

0 komentar

©